Dispute Management: Item Not Received Cases

Segala sesuatu yang perlu kamu ketahui tentang penyelesaian masalah Item Not Received (INR) dan bagaimana cara menghindarinya.

Menjadi seller yang baik terkadang sulit dilakukan, apalagi jika sudah berhubungan dengan shipping dan delivery. Seringkali kedua hal tersebut menjadi permasalahan utama yang muncul pada transaksi. Simak pembahasan berikut mengenai cara menghindari INR yang disebabkan oleh masalah delivery.

Apa yang harus dilakukan jika buyer membuka kasus Item Not Received (INR)

Berikut adalah 5 alasan utama yang menyebabkan buyer membuka kasus INR dan bagaimana cara mengatasinya.

Jika memiliki end-to-end tracking:

Seller dapat memberikan tracking number kepada buyer disertai dengan tambahan informasi status pengiriman. Jika status tersebut menunjukkan sukses/delivered, maka informasi dapat diteruskan kepada buyer.
Atau jika status pengiriman menunjukkan paket belum tiba maka mintalah baik-baik kepada buyer untuk menunggu lebih lama, dan berikan partial refund jika dirasa buyer tidak happy. Ingatlah kondisi bahwa buyer telah menunggu cukup lama untuk periode shipping yang dijanjikan oleh seller!

Jika tidak memiliki tracking

Seller dapat meminta buyer untuk menunggu lebih lama. Namun apabila batas tunggu habis dan buyer tidak senang Sedangkan paket masih dalam kondisi MIA (missing in action), maka sebaiknya tawarkan full refund sebagai permintaan maaf.
Jika buyer mengangkat permasalahannya ke eBay dengan cara opening case, maka akan memakan waktu lama untuk menyelesaikannya.
Terlebih lagi dalam kondisi ini seller tidak memiliki tracking number, Sehingga seller tidak akan dilindungi eBay jika buyer membuka INR case.
Oleh karena itu sebaiknya seller melakukan cara apapun agar INR open case tidak terjadi.