Standar Pelayanan Gudang untuk Inventaris Forward-deployed *

Kebijakan ini efektif berlaku bagi seluruh seller terhitung sejak 29 Juli 2020. Kebijakan versi sebelumnya berlaku hanya pada tanggal 3 Juli 2019 hingga 29 July 2020.
*Forward-deployed merupakan pemenuhan pesanan yang dilakukan dengan cara mengirimkan barang melalui sebuah gudang, yang berada di negara yang sama dengan pembeli.

View your dashboard

Apa yang perlu Anda ketahui?

Sebagai upaya untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi COVID-19 dan tetap menjaga pengalaman yang menyenangkan bagi buyer, beberapa perubahan terhadap persyaratan mengenai listing dan transaksi forward-deployed* telah diubah. eBay mewajibkan agar setiap seller untuk mematuhi persyaratan-persyaratan yang telah berlaku.

Apa yang perlu Anda ketahui?

Jika eBay menemukan aktivitas-aktivitas yang tidak sesuai dengan kebijakan ini, ataupun kebijakan-kebijakan lain yang telah berlaku (seperti Price Gouging Policy, Item Location Policy, dan Prohibited and Restricted Items Policy), maka beberapa tindakan-tindakan keras akan diberlakukan. Sanksi yang dapat berlaku seperti mengakhiri atau menghapus listing, menerapkan restriksi baik terhadap pembelian maupun penjualan, ataupun melakukan suspensi terhadap seluruh akun yang bersangkutan.

Apa saja persyaratan yang perlu untuk dipenuhi?

Seluruh listing forward-deployed harus memiliki waktu pengiriman end-to-end (E2E) yang telah dijanjikan (Promised E2E Delivery Time) yang sesuai dengan yang dicantumkan pada Tabel 1.

  1. Promised E2E Delivery Time merupakan kombinasi dari waktu penanganan (handling) dan estimasi waktu pengiriman.
  2. Awal hingga akhir

End-to-End (E2E) Shipping Performance pada Akun Anda akan diukur berdasarkan performa angka On-Time Shipping Rate, On-Time Delivery Rate, dan the Unsatisfactory Delivery Rate. Angka-angka tersebut harus memenuhi ketentuan yang ada pada Tabel 1.

  1. On-Time Shipping Rate didefinisikan sebagai persentase transaksi forward-deployed yang memiliki A-scan yang ter-upload dalam kurun handling time
  2. On-Time Delivery Rate didefinisikan sebagai persentase transaksi forward-deployed yang memiliki status D-scan delivered sebelum Promised E2E Delivery Time atau sebelum ketentuan hari di Table 1 berakhir; dan
  3. Unsatisfactory Delivery Rate didefinisikan sebagai jumlah open case “Item Not Received” (INR) cases yang dihitung dari persentase keseluruhan transaksi yang dikirimkan dari lokasi berbeda dengan lokasi seller berada (pada umumnya lokasi seller ada di Indonesia, maka lokasi berbeda pada point ini merujuk pada lokasi di luar Indonesia)

Table 1

Lokasi Barang Promised End-To-End
(E2E) Delivery Time
Actual End-To-End
(E2E) Shipping Performance
On-time
Shipping
Rate
On-time Delivery Rate Unsatisfactory
Delivery Rate
Amerika Serikat 100% untuk listing forward-deployed yang aktif
≤ 8 hari kerja
100% Minimal 90% transaksi forward-deployed diantar dalam 7 hari kerja atau batas atas Promised E2E Delivery Time, tergantung dengan yang tersingkat. ≤ 2.0% dari seluruh transaksi deployed transaction
Inggris 1 100% untuk listing forward-deployed yang aktif
≤ 8 hari kerja
Minimal 90% transaksi forward-deployed diantar dalam 6 hari kerja atau batas atas Promised E2E Delivery Time, tergantung dengan yang tersingkat.
Jerman 100% untuk listing forward-deployed yang aktif
≤ 8 hari kerja
Minimal 90% transaksi forward-deployed diantar dalam 7 hari kerja atau batas atas Promised E2E Delivery Time, tergantung dengan yang tersingkat.
Australia
Metropolitan Area 2
100% untuk listing forward-deployed yang aktif
≤ 12 hari kerja
Minimal 90% transaksi forward-deployed diantar dalam 8 hari kerja atau batas atas Promised E2E Delivery Time, tergantung dengan yang tersingkat.
Australia
Non-Metropolitan Area 2
Minimal 90% transaksi forward-deployed diantar dalam 10 hari kerja atau batas atas Promised E2E Delivery Time, tergantung dengan yang tersingkat.
Prancis 100% untuk listing forward-deployed yang aktif
≤ 12 hari kerja
Minimal 90% transaksi forward-deployed diantar dalam 12 hari kerja atau batas atas Promised E2E Delivery Time, tergantung dengan yang tersingkat. ≤ 2.5% dari seluruh transaksi deployed transaction
Italia 100% untuk listing forward-deployed yang aktif
≤ 8 hari kerja
Minimal 90% transaksi forward-deployed diantar dalam 7 hari kerja atau batas atas Promised E2E Delivery Time, tergantung dengan yang tersingkat.
Spanyol 100% untuk listing forward-deployed yang aktif
≤ 10 hari kerja
Minimal 90% transaksi forward-deployed diantar dalam 9 hari kerja atau batas atas Promised E2E Delivery Time, tergantung dengan yang tersingkat.
Negara lainnya ≤ 2.5% dari seluruh transaksi deployed transaction

1 Transaksi yang dikirimkan melalui format Large Letter yang dimiliki UK Royal Mail akan dilewatkan dari pemeriksaan untuk On-Time Shipping Rate metric.

2 Area Metropolitan Australia didefinisikan sebagai Sydney, Melbourne, Brisbane, Canberra, dan Adelaide. Kode pos terlampir di halaman ini.

Bagaimana Anda akan dievaluasi?

  1. eBay akan melakukan evaluasi pada forward-deployed listings dengan ketentuan Promised E2E Delivery Time metric mulai tanggal 29 July 2020.
  2. eBay akan melakukan evaluasi Actual End-to-End (E2E) Shipping Performance dengan periode sebagai berikut:
    • On-Time Shipping Rate – Penilaian mingguan akan dimulai pada 19 August 2020, dengan kurun waktu evaluasi dimulai dari minus 21 hari dan berakhir pada minus 7 hari, dan
    • On-Time Delivery Rate and Unsatisfactory Delivery Rate – Penilaian mingguan akan dimuilai tanggal 26 August 2020, dengan kurun waktu evaluasi dimulai dari minus 28 hari dan berakhir pada minus 14 hari.

What you need to do

Yang Seller harus Lakukan adalah:

  1. Review semua listing dan pastikan bahwa handling time dan estimated delivery date untuk semua listing forward-deployed telah sesuai dengan Promised End-to-End (E2E) Delivery Time timeframe di Table 1;
  2. Pastikan semua tempat pengiriman atau warehouse diluar negeri hanya melakukan pengiriman paketmu dengan menggunakan shipping courier yang telah terintegrasi dengan eBay dan dapat memenuhi A-scan dan D-scan timeframe di Table 1. Kamu dapat melihat shiping carrier yang telah terintegrasi dengan eBay disini. Penggunaan shipping carrier tersebut akan membantu melindungimu dari kasus  “Item Not Received” (INR) yang dibuka oleh buyer melalui eBay Money Back Guarantee

Terima kasih telah berbisnis di eBay.

FAQs

1. Apakah saya akan mendapatkan kelonggaran jika bekerjasama dengan warehouse provider Winit, Goodcang or 4PX?

Ya, jika kamu bisa memenuhi persyaratan yang terdapat pada On-Time Shipping Rate metric dan dapat mendemonstrasikan bahwa kamu telah menggunakan shpping carrier service sesuai dengan apa yang tercantum pada listing.

2. Bagaimana jika saya menjual barang digital atau barang yang overweight sehingga harus menggunakan metode alternative pengiriman lainnya? Bagaimana transaksi saya akan dievaluasi?

Menjual barang digital dan barang overweight hanya akan dievaluasi berdasarkan Unsatisfactory Delivery Rate metric.

3. Bagaimana transaksi saya akan dievaluasi jika saya menggunakan jasa pengiriman yang tidak memiliki tracking number?

Kamu dinyatakan tidak memenuhi persyaratan On-Time Shipping Rate dan On-Time Delivery Rate metrics.

4. Apa yang harus saya lakukan jika saya menggunakan eBay integrated shipping services yang dilengkapi dengan dengan end to end tracking, tapi sistem eBay tidak dapat membaca atau memproses tracking details?

Hubungi account manager atau eBay Customer Support, dan berikan nomor transaksi dan detail pengiriman

5. Sehubungan dengan On-Time Delivery Rate metric: Bagaimana cara saya melihat jangka waktu penilaian?

Penilaianmu akan diukur berdasarkan jangka waktu terdekat dari dua periode. Contoh: Suatu listing memikliki item location di United Kingdom, dimana Promised E2E Delivery Time di tempat tersebut adalah 3 to 4 business days (terdiri dari 1 hari handling time dan 2-3 estimated delivery days). Oleh karena itu Jangka waktu On-Time Delivery Rate timeframe yang akan diterapkan adalah yang terdapat pada Table 1 yaitu 1-6 business days. Agar memenuhi persyaratan the On-Time Delivery Rate metric, Paketmu harus tiba ketangan buyer dalam kurun waktu 4 hari kerja. Status pengiriman akan dilihat dari D-Scan ( Delivey Scan) tracking yang tercantum pada order transaksi eBay.

6. Dapatkan saya upload tracking number yang diberikan oleh warehouse namun tidak terdaftar sebagai Shipping Carrier yang telah terintegrasi dengan eBay?

Tidak boleh. Kamu hanya boleh upload tracking number dari shipping carrier yang telah terintegrasi dengan eBay.

7. Jika saya melakukan pengiriman dari 4 lokasi di negara yang sama, bagaimana saya mencantumkan item location pada listing?

Kamu bisa memilih salah satu dari 4 lokasi tersebut.

8. Jika saya menjual produk dari warehouse di negara yang berbeda, bagaimana saya melakukan setting item location di listing?

Buat listing yang berbeda untuk setiap lokasi warehouse. Contoh: Jika produk berada di Perancis aatau Jerman, maka kamu dapat membuat listing khusus untuk negara perancis di site www.ebay.fr dan melakukan blocking pada negara selain Perancis. Hal yang sama dilakukan untuk warehouse di Jerman dengan www.ebay.de.

9. Dapatkah saya melakukan cancel order apabila terdapat out-of-stock situation akibat kesalahan ERP system?

Ya. Pastikan semua ERP system memiliki inventory yang selalu up-to-date. Komunikasikan Segera dengan buyer untuk proses cancel order.

10. Bagaimana saya dapat melakukan identifikasi metropolitan area di Australia?

Silahkan liat daftar kode pos dibawah Sehubungan dengan Australian metropolitan areas (i.e. Sydney, Melbourne, Brisbane, Canberra and Adelaide).

Appendix - List of Australian metropolitan postal codes

Postal codes Postal codes Postal codes
0200-0221 3910-3920 5138-5169
1001-1891 3926-3944 5810-5950
2000-2234 3975-3978 8000-8873
2484-2490 3980-3981 9005-9005
2600-2620 4000-4275 9020-9582
2900-2914 4280-4347 9702-9741
3000-3207 4500-4517
3211-3220 4521-4521
3335-3341 5000-5118
3750-3810 5121-5134