Keuntungan memberikan Fasilitas Returns

Pengaktifan menu returns dapat meningkatkan penjualan CBT!

67% of buyers cenderung berbelanja online lebih banyak jika seller memiliki fasilitas returns.

Sedangkan 15% buyer yang ragu-ragu akan menekan tombol pembelian jika seller memiliki fasilitas returns.
Alasannya sederhana, jika seller menerima returns maka seller terlihat percaya diri dengan service atau produk yg dijual, dan akan menyebabkan buyer juga percaya diri untuk membeli.

Aktifkan Returns dan dapatkan lebih banyak traffic dan penjualan!

Peningkatan penjualan
Buyer global merupakan pembeli online yang sudah berpengalaman. 30-day return policy merupakan kebijakan standar yang mereka harapkan dari seller yang terpercaya.

Improve Traffic
Alogaritma menu search eBay akan secara aktif menaikkan listing yang memiliki 30 atau 60 hari return policy. Hal ini akan menguntungkan seller yang mengaktifkan menu return tersebut.

Apakah akan banyak buyer meminta returns jika menu tersebut diaktifkan?

Jawabannya adalah tidak terlalu.

Hanya sekitar 2% dari transaksi.

Tergantung pula dengan kategori produk yang dijual. Sebagai contoh, Pakaian memiliki return lebih tinggi dibandingkan buku karena pengaruh sizing yang subjektif.

Jika seller bertanggung jawab untuk memberikan service dan kualitas produk yang terjamin, maka resiko return akan menjadi minimal.

Apakah akan banyak buyer meminta returns jika menu tersebut diaktifkan?

Apa saja Best Practices untuk returns?

  • Accept Returns
  • 30 or 60 Days Returns
  • Free Returns (Seller pays for returns)

Apa saja Best Practices untuk returns?

Siapa yang harus membayar biaya returns?

Hal tersebut tergantung dari alasan returns.

Kesalahan pada seller

Jika seller mengirimkan produk yang salah atau produk tiba terlambat, maka seller bertanggung jawab untuk mengganti biaya returns, seperti yang tercantum pada eBay Money Back Guarantee.

Kesalahan pada Kurir Pengiriman

Seller memastikan bahwa produk telah dikirim dengan kondisi baik, sesuai pesanan, dan telah dibungkus dengan aman. Tetapi buyer menerima produk dengan kondisi rusak. Untuk kasus ini seller harus menanggung biaya return terlebih dahulu, Kemudian dapat mengajukan klain kepada perusahaan shipping.

Buyer berubah pikiran (Buyer Remorse)

Terkadang buyer ingin mengembalikan barang yang dibelinya karena alasan tertentu. Apapun alasannya, jika buyer mengembalikan return karena menyesal dan tidak ada kesalahan pada produk. Maka buyer harus menanggung biaya returns, kecuali jika seller menawarkan free returns.

Free Returns

Jika buyer remorse, Kemudian paket tiba ke tangan seller dalam kondisi rusak, maka seller dapat menentukan untuk memberikan partial retund kepada buyer.

Bagaimana cara setup infrastuktur returns?

Seller dapat memberikan 4 pilihan returns kepada buyer. Konsultasikan terlebih dahulu dengan shipping carrier yang dipilih.

Bagaimana cara setup infrastuktur returns?

Siapa yang harus membayar biaya returns?

Hal tersebut tergantung dari alasan returns.

1. Menyertakan return shipping label pada paket.

Ketika melakukan proses packing, seller menyelipkan return slip dan instruksi di dalamnya. Kebanyakan eBay seller memilih opsi ini untuk memudahkan buyer mengirimkan return secara cepat dan dalam kondisi baik.

2. Memberikan return shipping sesuai permintaan

Jika seller menerima permintaan return, maka seller akan download digital return shipping label pada website shipping courier, Kemudian di upload ke eBay dan digunakan oleh buyer. Opsi ini lebih lama daripada no 2 tetapi produk tetap akan kembali dalam kondisi baik karena dihandle oleh shipping courier yang sama.

3. Konsolidasi return local.

Jika lebih dari 80% actual buyer berada di pasar utama seperti US, UK, Australia dan Jerman, maka opsi ini dapat dijadikan alternative. Seller melakukan konsolidasi return paket disatu tempat yang berada di negara buyer, Kemudian dikirimkan sekaligus ke warehouse seller. Opsi ini lebih cost-effective jika seller menjual produk yang cenderung memiliki banyak return. Untuk mengaktifkan sistem ini, seller dapat menghubungi shipping courier.

4. Buyer mengatur sendiri pengiriman returns.

Seller dapat memberikan uang kepada buyer untuk mengatur proses return sendiri. Tetapi cara ini terkadang membuat buyer bingung. Mereka cenderung asal-asalan mengemas paket dan cenderung mengirimkan dari kantor pos terdekat. Sehingga seller menerima paket returns dalam kondisi yang lama, kemungkinan dalam kondisi rusak dan pada akhirnya seller mengalami kerusakan lebih banyak dibanding jika seller melakukan opsi no 1-3.

Bagaimana cara mengaktifkan returns?

Ketika membuat listing baru, terdapat return policy di dalam “Selling Details”. Seller memiliki fleksibilitas untuk menentukan return policies untuk domestic dan international, dengan pilihan 30 atau 60 Days. Kemudian dilanjutkan dengan “return shipping will be paid by seller”.

Bagaimana cara mengaktifkan returns?

Pengertian Domestic vs International untuk Cross Border Trade (CBT)

Untuk CBT, domestic atau international merujuk kepada negara domain tempat seller melakukan listing, bukan kepada lokasi seller.

Domestic returns

Merujuk kepada returns dari buyer yang berlokasi di negara yang sama dengan negara domain listing (US/AU/UK/DE).
Sebagai contoh, jika seller melakukan listing di domain ebay.com maka yang dimaksud dengan “domestic” adalah buyer yang berada di negara USA.
Sedangkan untuk return address dapat berupa alamat di Indonesia atau alamat lain dimanapun seller berada. Dengan kata lain, domestic merupakan buyer location, bukan seller location.

International returns

Merujuk kepada returns dari buyer yang berlokasi di negara yang berbeda dengan negara domain listing (US/AU/UK/DE).
Sebagai contoh, jika seller melakukan listing di domain ebay.com maka yang dimaksud dengan “international” adalah buyer yang berada di luar negara USA.
Sedangkan untuk return address dapat berupa alamat di Indonesia atau alamat lain dimanapun seller berada