Cara Meminimalisir Returns

Returns merupakan suatu permasalahan pelik bagi seller dan buyer. Buyer akan kecewa dan marah jika menerima paket dan mendapati produk salah kirim. Walaupun seller memberikan fasilitas gratis biaya kirim pengembalian barang, namun buyer harus melewati proses ketidaknyamanan untuk mengembalikan paket.
Kondisi returns merupakan hal yang sebisa mungkin dihindari oleh seller, karena akan mempengaruhi performa bisnis dan penjualan di kemudian hari.

Memahami alasan returns


1

Paket diterima buyer dalam keadaan rusak

Bahkan broken seal/pembungkus produk rusak dapat dikategorikan sebagai damaged item.


2

Barang yang dikirim tidak sesuai order

Termasuk salah warrna, salah ukuran, salah model dan bahkan spesifikasi.



3

Pengiriman terlambat

Ketika paket tiba melewati batas Estimated Delivery Date


4

Buyer berubah pikiran

Terkadang terdapat buyer yang berubah pikiran untuk alasan tertentu dan tidak lagi menginginkan produk yang telah dibelinya.

Bagaimana cara meminimalisir returns?

Cara mengurangi keraguan buyer

Terkadang buyer memiliki keraguan untuk berbelanja online dan dan akan mengajukan pertanyaan kepada seller. Karena perbedaan waktu dan lokasi, seller tidak bisa melakukan respon cepat 24/7. eBay memberikan beberapa fitur untuk memudahkan buyer mendapatkan jawaban yang mereka butuhkan.

Returns yang berulang

Apa yang menyebabkan seller menerima request return terus menerus? Bisa jadi bukan karena buyernya, tetapi produk atau seller itu sendiri.