Pengenalan terhadap Cross Border Shipping

Langkah pertama masuk kedalam shipping lintas negara dimulai dari pengenalan terhadap peraturan shipping (shipping policy).

Shipping dapat mengacaukan bisnis, terutama jika berbisnis ke pasar internasional.


Transaksi tanpa kendala merupakan harapan semua buyer, dan kami mengerti bahwa menjaga shipping di eBay agar tetap berjalan mulus sangat melelahkan, apalagi terdapat banyak Istilah di dalamnya yang tidak dimengerti. Jangan khawatir, kami akan menjelaskan semuanya disini.

Istilah Shipping di eBay

Handling time merupakan rentang waktu yang diperlukan seller untuk memproses dan memberikan paket kepada kurir shipping setelah menerima pembayaran dari buyer.

Handling time dimulai ketika payment diterima dan berakhir ketika kurir shipping melakukan scan penerimaan (disebut juga Acceptance Scan atau A-scan) untuk kemudian diproses kirim ke negara tujuan.

Pembayaran dikategorikan diterima/cleared ketika dana telah didistribusikan kedalam akun PayPal seller.

Handling time ditentukan berdasarkan hari kerja. Semakin pendek handling time yang ditentukan oleh seller, semakin pendek pula waktu seller untuk memproses paket. Oleh karena itu, pilihlah handling time sesuai kemampuan

Istilah Shipping di eBay

Acceptance Scan atau A-Scan merupakan bukti rekaman elektronik yang menyatakan bahwa paketmu telah diterima oleh kurir shipping.

Tidak semua kurir shipping memiliki sistem yang dapat memindai Acceptance Scan, jadi bijaksanalah dalam memilih kurir shipping. Karena sejak 1 Oktober 2018, eBay mewajibkan semua seller untuk memberikan tracking number yang telah dipindai A-scan sebelum masa handling time berakhir.
Lebih lanjut lagi, tidak semua kurir shipping memiliki kemampuan untuk langsung memindai A-scan pada saat paketmu diterima. Seringkali paket akan ditumpuk dan dikirim ke pusat konsolidasi lalu dipindai. Bisa saja paket diberikan ke kurir shipping pada hari Rabu tetapi A-scan baru aktif di hari Jumat. Oleh karena itu tambahkan handling time beberapa hari jika kamu cenderung menggunakan kurir shipping yang tidak memiliki sistem A-scan langsung.
Perlu diketahui bahwa eBay akan menandai waktu “mark as shipped” ketika A-scan aktif, bukan ketika kamu memasukkan tracking number.

End-to-end tracking service adalah suatu report online yang disediakan oleh kurir shipping untuk menginformasikan perjalanan suatu paket. Dimulai ketika paket diterima dan dipindai A-scan, hingga paket sukses dikirimkan dan diterima oleh buyer.
eBay sangat merekomendasikan seller untuk memilih kurir shipping yang memiliki fasilitas end-to-end tracking ini, karena akan memudahkan kedua belah pihak untuk melacak keberadaan paket.
End-to-end tracking sercice juga merupakan alat utama untuk mendapatkan perlindungan atas kasus Item-Not-Received (INR) dan pemberian feedback rating yg buruk.

Estimeted Delivery Date (EDD) merupakan suatu perkiraan berapa lama jangka waktu yang diperlukan suatu paket untuk diterima oleh buyer.

EDD akan tergantung oleh kurir shipping, tetapi merupakan tanggung jawab seller untuk mencantumkan dalam listing berapa lama waktu pengiriman dan memastikan bahwa paket akan tiba sesuai dengan waktu yang telah dicantumkan.

Mematikan bahwa paket tiba ke tangan buyer dalam rentang waktu EDD juga merupakan salah satu langkah untuk mencegah kasus Item-Not-Received (INR) dan defect pada seller performance standard.

Delivery Scan (D-scan) merupakan bukti elektronik yang mengindikasikan bahwa paket telah tiba dan diterima oleh buyer. eBay merekomendasikan seller untuk memilih kurir shipping yang memiliki sistem pelacakan hingga D-scan. D-scan dapat digunakan sebagai bukti jika terjadi kasus Item not Received(INR).

Selanjutnya: Shipping Best Practices


Setelah mempelajari Istilah eBay shipping, kini saatnya lanjut kedalam metode dan taktik shipping.

Pelajari lebih lanjut