Keterlambatan shipping

Cara memperbaiki keterlambatan pengiriman

Cara mengatasi keterlambatan shipping

Paket yang datang terlambat atau hilang merupakan hal terburuk yang terjadi pada suatu eBay bisnis. Buyer akan mengajukan komplain dan mungkin saja akan membuka kasus Item Not Received (INR) yang berdampak negatif kepada seller performance standards. Buyer bahkan seringkali memberikan negative feedback yang akan menurunkan kepercayaan buyer lain.
Namun, paket hilang dan delay bukan akhir dari bisnis eBaymu. Terdapat cara untuk memperbaiki dan menyelamatkan reputasi sebagai seller. Temukan disini.

Hal terpenting dilakukan ketika ada paket yang terlambat

Lakukan semua yang kamu bisa untuk menghindari kasus Item Not Received (INR)

Jika kamu tahu bahwa ada kecenderungan paket datang terlambat lebih dari Estimated Delivery Date (EDD), Jangan tunggu hingga buyer membuka kasus INR, karena seller akan ada di posisi salah. Segera hubungi buyer via eBay messages, minta maaf dan tawarkan solusi yang dapat direalisasikan.

1. Before EDD
Jika seller mengetahui sebelum EDD bahwa paket akan datang terlambat, maka:

  1. Hubungi buyer melalui eBay Messages dan informasikan kemungkinan keterlambatan paket.
  2. Informasikan alasan utama keterlambatan.
  3. Berikan tracking number agar buyer dapat melakukan pengecekan lokasi paket.

2. After EDD
Jika seller mengetahui setelah EDD bahwa terjadi hal yang menyebabkan paket datang terlambat, maka:

  1. Hubungi buyer dan minta mereka menunggu lebih lama. Yakinkan mereka jika paket tidak tiba dalam kurun waktu 1-2 minggu, maka seller akan memberikan full refund. Berikan tracking number dan link agar buyer dapat mengecek paket secara online dan ikut memonitor pengiriman.
  2. Tawarkan partial refund sebagai kompensasi jika buyer marah. Atau accept returns dengan menanggung biaya jika mereka sudah tidak menginginkan barangnya.

Gunakan SEAPaSS sebagai asisten utama

Jika seller mengalami kesulitan dan membutuhkan waktu lama untuk mengelola order, sudah waktunya menggunakan SEAPaSS South East Asia Parcel Shipping Solution. SEAPaSS adalah platform eBay yang resmi, gratis dan aman. Dibuat khusus untuk membantu seller di Asia Tenggara mengelola ordernya secara efisien. Karena SEAPaSS dapat menggabungkan order dari beberapa account eBay sekaligus, melakukan update tracking number sekaligus banyak dan memproses pengiriman barang tanpa perlu keluar rumah.

Pelajari lebih lanjut