Keterlambatan shipping

Cara memperbaiki keterlambatan pengiriman

Cara mengatasi keterlambatan shipping

Paket yang datang terlambat atau hilang merupakan hal terburuk yang terjadi pada suatu eBay bisnis. Buyer akan mengajukan komplain dan mungkin saja akan membuka kasus Item Not Received (INR) yang berdampak negatif kepada seller performance standards. Buyer bahkan seringkali memberikan negative feedback yang akan menurunkan kepercayaan buyer lain.
Namun, paket hilang dan delay bukan akhir dari bisnis eBaymu. Terdapat cara untuk memperbaiki dan menyelamatkan reputasi sebagai seller. Temukan disini.

Seller Make It Right (SMIR)

Apapun situasinya yang mengarah kepada hilangnya paket, seller bertanggung jawab untuk memperbaiki situasi tersebut.

Tetapi ada kabar baik,

Buyer hanya dapat mengadukan/escalate kasus Item Not Received (INR) kepada eBay setelah 3 hari kerja. Dihitung dari waktu pertama kali buyer menghubungi seller untuk mendapatkan status paket. Jadi jika kasus INR dibuka pada tanggal 12, maka mereka hanya dapat mengadukan kepada eBay di tanggal 16. Buyer tidak dapat mempercepat waktu pengaduannya sebelum tanggal 16.

Sehingga seller memiliki waktu 3 hari untuk memperbaiki masalah tersebut.
Catatan: SMIR 3 hari kerja dihitung berdasarkan kalender dari domain listing US, UK, AU, atau DE-bukan kalender negaramu. Oleh karena itu perlu diingat akan adanya perbedaan waktu dan hari libur nasional di domain listing setempat

Seller Make It Right (SMIR)

Hal terpenting dilakukan ketika ada paket yang terlambat

Lakukan semua yang kamu bisa untuk menghindari kasus Item Not Received (INR)

Jika kamu tahu bahwa ada kecenderungan paket datang terlambat lebih dari Estimated Delivery Date (EDD), Jangan tunggu hingga buyer membuka kasus INR, karena seller akan ada di posisi salah. Segera hubungi buyer via eBay messages, minta maaf dan tawarkan solusi yang dapat direalisasikan.

a. End-to-End Tracking

Metode shipping terbaik untuk bisnis eBay adalah End-to-End Tracking service. Karena seller dan buyer dapat memonitor perjalanan paket secara online dan dapat mengetahui jika ada kemungkinan keterlambatan. Sehingga memberikan cukup waktu bagi seller untuk memberikan solusi atas permasalahan shipping yang terjadi.

a. End-to-End Tracking

1. Before EDD
Jika seller mengetahui sebelum EDD bahwa paket akan datang terlambat, maka:

  1. Hubungi buyer melalui eBay Messages dan informasikan kemungkinan keterlambatan paket.
  2. Informasikan alasan utama keterlambatan.
  3. Berikan tracking number agar buyer dapat melakukan pengecekan lokasi paket.

2. After EDD
Jika seller mengetahui setelah EDD bahwa terjadi hal yang menyebabkan paket datang terlambat, maka:

  1. Hubungi buyer dan minta mereka menunggu lebih lama. Yakinkan mereka jika paket tidak tiba dalam kurun waktu 1-2 minggu, maka seller akan memberikan full refund. Berikan tracking number dan link agar buyer dapat mengecek paket secara online dan ikut memonitor pengiriman.
  2. Tawarkan partial refund sebagai kompensasi jika buyer marah. Atau accept returns dengan menanggung biaya jika mereka sudah tidak menginginkan barangnya.

b. Tanpa tracking

Jika seller menggunakan kurir shipping yang tidak memiliki End-to-End Tracking, maka tidak ada perlindungan baginya. Karena seller tidak memiliki bukti bahwa paket telah dikirim, lokasi paket tidak dapat dilacak dan tidak ada konfirmasi dari kurir shipping ketika terjadi keterlambatan atau paket hilang.
Buyer hanya dapat mengandalkan informasi dari buyer dan cenderung skeptikal.
Ini yang dapat seller Lakukan:

  • Minta buyer menunggu lebih lama dan Berikan perkiraan waktu tunggu yang jelas
  • Jika buyer marah atau paket masih belum tiba pada hari yang telah dijanjikan, maka tawarkan full refund atau kirim ulang barang dengan gratis
  • Ketika mengirim ulang paket, ganti kurir shipping yang memiliki End-to-End Tracking service, atau kirim paket dengan menggunakan Expedited Shipping. Lakukan apapun untuk menjamin pengiriman lancar.
    Jangan membuat situasi lebih buruk yang pada akhirnya akan merugikan seller performance.

b. Tanpa tracking

Gunakan SEAPaSS sebagai asisten utama

Jika seller mengalami kesulitan dan membutuhkan waktu lama untuk mengelola order, sudah waktunya menggunakan SEAPaSS South East Asia Parcel Shipping Solution. SEAPaSS adalah platform eBay yang resmi, gratis dan aman. Dibuat khusus untuk membantu seller di Asia Tenggara mengelola ordernya secara efisien. Karena SEAPaSS dapat menggabungkan order dari beberapa account eBay sekaligus, melakukan update tracking number sekaligus banyak dan memproses pengiriman barang tanpa perlu keluar rumah.

Pelajari lebih lanjut