SEA Service Metric: Unsatisfactory Delivery Rate

Baca policy lengkap untuk melihat selling performance pada CBT Seller Dashboard

View your dashboard

What you need to know

Mulai tanggal 25 Agustus 2019, seller akan dievaluasi berdasarkan jumlah transaksi yang mengalami masalah pengiriman. Seller yang tidak memenuhi standar penilaian akan mengalami penurunan selling limit atau bahkan account restricted.

Best practices

Mengirimkan paket tepat waktu dengan menggunakan shipping courier yang dapat diandalkan merupakan tanggung jawab seller. Terkadang suatu paket akan tiba terlambat dikarenakan delay, salah kirim atau mungkin hilang. Oleh karena itu seller diharapkan untuk mengikuti best practices dibawah ini:


1

Mengirimkan paket sebelum handling time berakhir.


2

Menggunakan shipping provider yang memiliki fasilitas tracking.


3

Mengatur inventory dan menjaga agar stock selalu tersedia.


4

Mencantumkan biaya wajar untuk biaya shipping dan handling.



5

Mencantumkan biaya detail shiping dan handling pada listing.


6

Mengikuti aturan return policy yang telah ditetapkan.


7

Merespon pertanyaan buyer dalam kurun waktu 3 hari kerja


8

Selalu ramah, membantu dan profesional dalam setiap transaksi yang terjadi.


Evaluation criteria

eBay akan melakukan evaluasi terhadap transaksi yang bermasalah untuk produk yang dikirimkan dari wilayah Asia Tenggara dan Cina. Yang dimaksud dengan transaksi bermasalah adalah persentase keterlambatan pengiriman paket dimana buyer melakukan tindakan sebagai berikut:


1

Membuka kasus Item Not Received (INR), atau


2

Meminta bantuan eBay (escalated) untuk kasus Item Not Received (INR), atau



3

Memberikan (1) star Detailed Seller Rating (DSR) untuk shipping time.


How are you being evaluated?

Frekuensi Evaluasi: Setiap Rabu

Rentang Waktu Evaluasi
12 Minggu sebelum tanggal evaluasi. Sebagai contoh, lihat tabel berikut:

Minggu-1 Minggu-2 Minggu-3 Minggu-4 –
Minggu-12
Minggu-13 Minggu-14 Minggu-15
Periode evaluasi 1
Laporan 1
Periode evaluasi 2
Laporan 2
Periode evaluasi 3
Laporan 3

Proteksi Seller

Transaksi yang memenuhi kriteria dibawah ini akan dilindungi dan tidak akan dimasukkan dalam proses evaluasi:

Fully-Tracked Service

  • Jika Acceptance (A-scan) di upload dan tervalidasi sebelum handling time berakhir, dan
  • Delivery Scan (D-Scan) tercatat masih dalam estimated delivery date.

SpeedPAK Service (untuk paket yang dikirimkan dari Cina)

Bagi seller yang mengirimkan paketnya dari negara Cina, maka penilaian transaksi akan mengadopsi peraturan SpeedPAK. Perlindungan akan diberikan kepada tranasksi yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Mengadopsi SpeedPAK service (disertai dengan Tracking ID), dan
  • Buyer menggunakan SpeedPAK yang ditawarkan oleh seller, dan
  • Acceptance (A-scan) di upload dan tervalidasi sebelum handling time berakhir, dan
  • Tidak ada penurunan service.

eBay merekomendasikan seller untuk menggunakan integrated service pada SEAPaSS shipping platform, juga shipping service yang tertera di tabel bawah.


Konsekuensi untuk Account yang tidak memenuhi persyaratan

Performa Account seller akan dibandingkan dengan seller lain dalam setiap periode evaluasi. Seller yang memiliki Unsatisfactory Delivery Rate relatif lebih tinggi dibanding seller lainnya akan menerima konsekuensi berupa penurunan limit atau account restriction.
Jika suatu klaim kasus yang berhubungan dengan pengiriman paket dinyatakan invalid maka klaim tersebut tidak akan diikutsertakan dalam penilaian dan feedback yang berhubungan akan disembunyikan (jika ada).


Account performance

Silahkan kunjungi Seller Dashboard untuk informasi lebih detail.

eBay akan mulai mengimplementasikan evaluasi diatas pada tanggal 20 November 2019 yang mana akan diambil dari periode transaksi 25 Agustus 2019 -16 November 2019. Seller yang tidak memenuhi kriteria setelah warning akan menerima konsekuensi berupa penurunan limit atau account restriction

Recommended shipping services

Provider Nama Layanan Nama Kurir (Carrier) di eBay
Singapore Post
Registered Mail/Article
Singapore Post
Speed post
ePac
DHL eCommerce
DHL Parcel International Direct
DHL eCommerce
DHL Parcel International Standard
DHL Packet Plus International Standad
DHL Packet Plus International Direct Expedited
Thailand Post
International Registered Article/ Mail
Thailand Post
EMS
ePacket
Malaysia Post
Registered Article/Mail
Malaysia Post
EMS
International Small Packet (Tracked)
International Air Parcel
FedEx
FedEx International First
FedEx
FedEx International Priority
FedEx International Economy
UPS
UPS Worldwide Express
UPS
UPS Worldwide Express Saver
UPS Worldwide Expedited
DHL Express DHL Express Services DHL
USPS
Priority Maiml Express International
USPS
Priority Mail International

FAQ

1. Bagaimana cara mengecek performance saya?

Kunjungi Seller Dashboard untuk detail lebih lanjut. Performance akan diupdate setiap hari Rabu.

2. Acceptan Scan (A-Scan) saya telah di upload dan tervalidasi sebelum handling time berakhir, tetapi paket terlambat karena kesalahan shipping courier. Apakah saya tetap dikategorikan pihak yang bersalah?

eBay mengapresiasi usaha seller untuk memvalidasi Acceptance scan sebelum handling time berakhir, dan akan memperhitungkan hal tersebut dalam proses evaluasi.

3. Apa yang terjadi jika A-scan saya telah diupload sebelum handling time berakhir namun baru tervalidasi setelahnya?

Pastikan A-scan di upload dan tervalidasi sebelum handling time berakhir. Jika tidak maka akan dikategorikan sebagai transaksi yang tidak tepat waktu (tracking was not uploaded on time).

4. Apakah saya dapat mengajukan banding untuk performa yang diberikan kepada account saya?

Ya tentu saja. Jika seller memiliki bukti pendukung yang menyatakan bahwa evaluasi eBay tidak tepat, maka seller dapat menghubungi Customer Support untuk naik banding. Lihat pertanyaan selanjutnya untuk kelengkapan dokumen naik banding.

5. Apa saja yang diperlukan untuk proses naik banding?

Untuk proses naik banding, seller harus memberikan dokumen bukti pendukung kepada Customer Support, Misalnya: Ketika keterlambatan paket diakibatkan oleh custom, maka berikan dokumen pendukung yang menyatakan hal tersebut.

Kunjungi CBT seller dashboard untuk melihat selling performance lebih detail.

Pelajari SEAPaSS

SEAPaSS adalah South East Asia Parcel Shipping Solution yang dibuat eBay untuk membantu seller Asia Tenggara memproses dan mengirimkan order dengan otomatis, efisien dan cocok digunakan untuk bisnis yang semakin berkembang.
Lebih lanjut lagi, platform SEAPaSS ini gratis, aman dan nyaman digunakan.

Pelajari lebih lanjut