SEA Service Metric: Unsatisfactory Delivery Rate
Baca policy lengkap untuk melihat selling performance pada CBT Seller Dashboard
View your dashboardWhat you need to know
Mulai tanggal 25 Agustus 2019, seller akan dievaluasi berdasarkan jumlah transaksi yang mengalami masalah pengiriman. Seller yang tidak memenuhi standar penilaian akan mengalami penurunan selling limit atau bahkan account restricted.
Best practices
Mengirimkan paket tepat waktu dengan menggunakan shipping courier yang dapat diandalkan merupakan tanggung jawab seller. Terkadang suatu paket akan tiba terlambat dikarenakan delay, salah kirim atau mungkin hilang. Oleh karena itu seller diharapkan untuk mengikuti best practices dibawah ini:
Mengirimkan paket sebelum handling time berakhir.
Menggunakan shipping provider yang memiliki fasilitas tracking.
Mengatur inventory dan menjaga agar stock selalu tersedia.
Mencantumkan biaya wajar untuk biaya shipping dan handling.
Mencantumkan biaya detail shiping dan handling pada listing.
Mengikuti aturan return policy yang telah ditetapkan.
Merespon pertanyaan buyer dalam kurun waktu 3 hari kerja
Selalu ramah, membantu dan profesional dalam setiap transaksi yang terjadi.
Evaluation criteria
eBay akan melakukan evaluasi terhadap transaksi yang bermasalah untuk produk yang dikirimkan dari wilayah Asia Tenggara dan Cina. Yang dimaksud dengan transaksi bermasalah adalah persentase keterlambatan pengiriman paket dimana buyer melakukan tindakan sebagai berikut:
Membuka kasus Item Not Received (INR), atau
Meminta bantuan eBay (escalated) untuk kasus Item Not Received (INR), atau
Memberikan (1) star Detailed Seller Rating (DSR) untuk shipping time.
How are you being evaluated?
Frekuensi Evaluasi: Setiap Rabu
Rentang Waktu Evaluasi
12 Minggu sebelum tanggal evaluasi. Sebagai contoh, lihat tabel berikut:
Minggu-1 | Minggu-2 | Minggu-3 | Minggu-4 – Minggu-12 |
Minggu-13 | Minggu-14 | Minggu-15 |
Periode evaluasi 1
|
Laporan 1 | |||||
Periode evaluasi 2
|
Laporan 2 | |||||
Periode evaluasi 3
|
Laporan 3 |
Proteksi Seller
Transaksi yang memenuhi kriteria dibawah ini akan dilindungi dan tidak akan dimasukkan dalam proses evaluasi:
Fully-Tracked Service
- Jika Acceptance (A-scan) di upload dan tervalidasi sebelum handling time berakhir, dan
- Delivery Scan (D-Scan) tercatat masih dalam estimated delivery date.
SpeedPAK Service (untuk paket yang dikirimkan dari Cina)
Bagi seller yang mengirimkan paketnya dari negara Cina, maka penilaian transaksi akan mengadopsi peraturan SpeedPAK. Perlindungan akan diberikan kepada tranasksi yang memenuhi kriteria sebagai berikut:
- Mengadopsi SpeedPAK service (disertai dengan Tracking ID), dan
- Buyer menggunakan SpeedPAK yang ditawarkan oleh seller, dan
- Acceptance (A-scan) di upload dan tervalidasi sebelum handling time berakhir, dan
- Tidak ada penurunan service.
eBay merekomendasikan seller untuk menggunakan integrated service pada SEAPaSS shipping platform, juga shipping service yang tertera di tabel bawah.
Konsekuensi untuk Account yang tidak memenuhi persyaratan
Performa Account seller akan dibandingkan dengan seller lain dalam setiap periode evaluasi. Seller yang memiliki Unsatisfactory Delivery Rate relatif lebih tinggi dibanding seller lainnya akan menerima konsekuensi berupa penurunan limit atau account restriction.
Jika suatu klaim kasus yang berhubungan dengan pengiriman paket dinyatakan invalid maka klaim tersebut tidak akan diikutsertakan dalam penilaian dan feedback yang berhubungan akan disembunyikan (jika ada).
Account performance
Silahkan kunjungi Seller Dashboard untuk informasi lebih detail.
eBay akan mulai mengimplementasikan evaluasi diatas pada tanggal 20 November 2019 yang mana akan diambil dari periode transaksi 25 Agustus 2019 -16 November 2019. Seller yang tidak memenuhi kriteria setelah warning akan menerima konsekuensi berupa penurunan limit atau account restriction
Recommended shipping services
Provider | Nama Layanan | Nama Kurir (Carrier) di eBay |
Singapore Post
|
Registered Mail/Article |
Singapore Post
|
Speed post | ||
ePac | ||
DHL eCommerce
|
DHL Parcel International Direct |
DHL eCommerce
|
DHL Parcel International Standard | ||
DHL Packet Plus International Standad | ||
DHL Packet Plus International Direct Expedited | ||
Thailand Post
|
International Registered Article/ Mail |
Thailand Post
|
EMS | ||
ePacket | ||
Malaysia Post
|
Registered Article/Mail |
Malaysia Post
|
EMS | ||
International Small Packet (Tracked) | ||
International Air Parcel | ||
FedEx
|
FedEx International First |
FedEx
|
FedEx International Priority | ||
FedEx International Economy | ||
UPS
|
UPS Worldwide Express |
UPS
|
UPS Worldwide Express Saver | ||
UPS Worldwide Expedited | ||
DHL Express | DHL Express Services | DHL |
USPS
|
Priority Maiml Express International |
USPS
|
Priority Mail International |
FAQ
1. Bagaimana cara mengecek performance saya?
Kunjungi Seller Dashboard untuk detail lebih lanjut. Performance akan diupdate setiap hari Rabu.
2. Acceptan Scan (A-Scan) saya telah di upload dan tervalidasi sebelum handling time berakhir, tetapi paket terlambat karena kesalahan shipping courier. Apakah saya tetap dikategorikan pihak yang bersalah?
eBay mengapresiasi usaha seller untuk memvalidasi Acceptance scan sebelum handling time berakhir, dan akan memperhitungkan hal tersebut dalam proses evaluasi.
3. Apa yang terjadi jika A-scan saya telah diupload sebelum handling time berakhir namun baru tervalidasi setelahnya?
Pastikan A-scan di upload dan tervalidasi sebelum handling time berakhir. Jika tidak maka akan dikategorikan sebagai transaksi yang tidak tepat waktu (tracking was not uploaded on time).
4. Apakah saya dapat mengajukan banding untuk performa yang diberikan kepada account saya?
Ya tentu saja. Jika seller memiliki bukti pendukung yang menyatakan bahwa evaluasi eBay tidak tepat, maka seller dapat menghubungi Customer Support untuk naik banding. Lihat pertanyaan selanjutnya untuk kelengkapan dokumen naik banding.
5. Apa saja yang diperlukan untuk proses naik banding?
Untuk proses naik banding, seller harus memberikan dokumen bukti pendukung kepada Customer Support, Misalnya: Ketika keterlambatan paket diakibatkan oleh custom, maka berikan dokumen pendukung yang menyatakan hal tersebut.
Kunjungi CBT seller dashboard untuk melihat selling performance lebih detail.
Pelajari SEAPaSS
SEAPaSS adalah South East Asia Parcel Shipping Solution yang dibuat eBay untuk membantu seller Asia Tenggara memproses dan mengirimkan order dengan otomatis, efisien dan cocok digunakan untuk bisnis yang semakin berkembang.
Lebih lanjut lagi, platform SEAPaSS ini gratis, aman dan nyaman digunakan.