FAQ Pre-Registrasi eBay Managed Payment

Sistem eBay Manage Payment (eBay MP) dirancang untuk memberikan peningkatan pengalaman berjualan dan berbelanja di eBay. Silahkan pelajari informasi lebih lanjut mengenai eBay MP pada Frequently Asked Question dibawah ini.

General

Mengapa eBay sekarang mengelola pembayaran?

Mengelola pembayaran sangat penting untuk meningkatkan pengalaman membeli dan menjual di eBay. Kami yakin managed payments dapat memberikan pengalaman berjualan yang lebih lancar bagi seller dengan lebih banyak opsi menerima pembayaran, serta pengalaman berbelanja yang lebih baik dari buyer karena mereka kini memiliki lebih banyak opsi pembayaran di eBay.

Apa yang dimaksud dengan eBay manage payment?

Saat eBay mengelola pembayaran (manages payments), seller dapat menjual di satu tempat di eBay, dan buyer akan memiliki lebih banyak cara untuk membayar. Seller dapat menjadwalkan pencairan dana pada frekuensi yang dapat dipilih (harian, langsung ketika dana tersedia, atau mingguan). Terlepas dari bagaimana cara buyer membayar, pencairan dana biasanya dapat dilakukan dari hari Senin sampai Jumat, dalam kurun waktu 2 hari kerja setelah pembayaran buyer terkonfirmasi.

Apakah manfaat dari eBay managing payments?

Managed payments telah menjadi satu-satunya opsi bisnis yang dilakukan di eBay, dan semua seller akan diwajibkan untuk mendaftar ke sistem managed payments pada tahun 2021. Dengan pengelolaan pembayaran yang dilakukan oleh eBay, buyer akan memiliki lebih banyak opsi pembayaran untuk produk yang dibeli, antara lain dengan kartu kredit, kartu debit, Apple Pay, Google Pay, dan PayPal.

Fitur yang berguna meliputi:

  • Kemudahan rekonsiliasi dengan satu nomor pesanan unik dari pesanan ke pembayaran
  • Dukungan untuk memberikan full atau partial refunds kepada buyer, langsung di eBay atau melalui pihak ketiga. Seller dapat memberikan lebih dari satu refund per order.
  • Laporan tersedia untuk diunduh dan diekspor (dalam format PDF dan CSV) dari Seller Hub, dan data untuk merekonsiliasi catatan transaksi dengan bank seller.
  • Transisi API yang mulus: Jika Seller sudah menggunakan API eBay, seller dapat memperbarui integrasi untuk melihat informasi pencairan dana.
  • Kompatibilitas third-party: Managed Payment tidak akan berpengaruh terhadap penggunaan third-party selling tools.

Apakah yang seller perlu lakukan sekarang?

Jika seller menerima pemberitahuan managed payments, segera lakukan pendaftaran sebelum tenggat waktu. Tindakan tersebut akan memastikan bisnis seller tidak mengalami gangguan apapun setelah batas waktu pendaftaran berlalu.

Seller diharapkan untuk mempersiapkan dokumen bisnis sebagai kelengkapan managed payments. Termasuk didalamnya:

  • Pendaftaran bisnis/Surat Keterangan Usaha
  • Nama bisnis, alamat dan nomor registrasi usaha.
  • Informasi akun Payoneer untuk bisnis:
    • Jika seller sudah memiliki akun Payoneer, pastikan nama, alamat, dan nomor registrasi bisnis yang tercantum di akun Payoneer sama dengan data di akun eBay. Jika detail akun Payoneer tidak cocok dengan akun eBay, harap ubah informasi akun eBay sebagaimana mestinya atau buat akun Payoneer baru di eBay ketika proses pendaftaran managed payment dibuka.
    • Jika seller belum memiliki akun Payoneer, maka dapat dibuat langsung ketika proses pendaftaran managed payment dibuka.
  • Informasi rekening bank untuk bisnis – Payoneer memerlukan rekening bank perusahaan atau rekening bank lain yang dapat diterima sebagaimana ditentukan oleh hukum dan peraturan setempat.
  • Informasi kartu kredit – Seller diwajibkan untuk menautkan kartu kredit berlogo visa dan master ketika melakukan pembayaran. Kartu akan digunakan untuk membayar biaya dan pengeluaran terutang yang timbul dari refund, claim atau dispute lainnya.

Apakah seller harus mendaftar metode managed payments yang baru ini?

Ya. Ketika eBay mengelola pembayaran seller, pembayaran akan dikirim langsung ke akun Payoneer Anda dalam mata uang dolar AS. Jika seller sudah memiliki akun Payoneer, maka akun tersebut dapat di tautkan ketika proses pendaftaran managed payment. Informasi akun bisnis Payoneer seller harus cocok dengan informasi akun bisnis eBay. Jika Seller tidak memiliki akun Payoneer, maka dapat dibuat langsung ketika proses pendaftaran.

Apakah seller harus membuka akun Payoneer?

Jika seller sudah memiliki akun Payoneer, maka dapat langsung ditautkan ke akun eBay selama proses pendaftaran managed payments. Jika Seller tidak memiliki akun Payoneer, maka dapat langsung dibuat ketika proses pendaftaran. Semua hasil penjualan di eBay, terlepas dari berbagai opsi yang digunakan oleh buyer, akan disetorkan langsung kedalam akun Payoneer seller dalam mata uang dolar AS.

Harap dicatat bahwa nama bisnis di akun seller harus sama dengan nama di lisensi bisnis dan akun Payoneer. Dalam beberapa bulan mendatang, eBay akan mengirimkan pemberitahuan kepada seller untuk memperbarui informasi akun di eBay sebagaimana mestinya. eBay juga akan segera membagikan detail lebih lanjut tentang pengalaman berjualan yang baru ini dan bagaimana hal tersebut akan berdampak positif terhadap bisnis seller.

Dampak apa yang terjadi dari sistem managed payment yang baru ini?

Managed payment akan mempengaruhi semua aktifitas seller dan buyer di eBay. eBay mewajibkan semua seller di seluruh dubia untuk mendaftar managed payment pada tahun 2021.
Para buyer akan mendapatkan pengalaman pembayaran yang efisien dan penambahan pilihan metode pembayaran. Sedangkan seller akan mendapatkan keuntungan dari pencairan dana hasil penjualan langsung ke akun Payoneer, terlepas dari berbagai metode pembayaran yang dilakukan buyer ( PayPal, Google Pay, Apple Pay, dll). Seller juga dapat mengelola semua aktifitas penjualan dari satu tempat saja, yaitu eBay.

Mengapa seller tidak menerima email mengenai eBay managed payment?

Jika seller belum menerima pemberitahuan, maka tidak perlu mengambil tindakan apa pun untuk saat ini dan dapat menggunakan PayPal seperti biasa sebagai tool penerima pembayaran. eBay mengambil pendekatan bertahap dan menginformasikan seller yang menggunakan fitur serta tool yang kompatibel dengan managed paymant terlebih dahulu. Pada akhirnya nanti di tahun 2021 semua seller akan diminta untuk mendaftar managed payment yang baru.

Jika selller memilih untuk tidak mendaftar ketika menerima pemberitahuan dari eBay tentang managed payment, apa yang akan terjadi?

Managed payment akan meningkatkan pengalaman buyer dan seller di eBay. eBay mewajibkan semua seller untuk mendaftar dan menggunakan sistem managed payment yang baru pada tahun 2021. Silahkan lakukan pendaftaran ketika menerima email pemberitahuan dari eBay untuk meghindari gangguan dan interupsi pada bisnis.

Pendaftaran sedini mungkin memungkinkan seller untuk mempersiapkan bisnis lebih awal untuk sistem managed payment. Seller dapat mendaftar dalam beberapa langkah sederhana, termasuk didalamnya proses verifikasi informasi binis eBay dan Payoneer. Jika tidak punya akun Payoneer, seller dapat membuat langsung dengan cara mengikuti petunjuk yang diberikan di email. Status pendaftaran dapat dilihat di Seller Hub.

Saya pikir eBay and PayPal adalah 1 perusahaan.

eBay and PayPal telah berpisah di tahun 2015.

Kapankah perjanjian kerjasama eBay dan PayPal berakhir?

Perjanjian kerjasama antara eBay dan PayPal telah berakhir di July 2020.

Bagaimana eBay diuntungkan dari perubahan ini?

Managed Payment adalah komponen kunci dalam memodernisasi eBay marketplace, yang akan memberikan fleksibilitas yang tepat untuk membentuk pengalaman bisnis terbaik antara seller dan buyer.

Bagaimana pengalaman checkout berubah untuk buyer di eBay? / Apa yang dialami pembeli dengan pembayaran terkelola?

Saat eBay mengelola managed payment, buyer dapat menggunakan berbagai metode pembayaran seperti kartu kredit dan debit, Apple Pay, Google Pay, dan PayPal. Mereka juga dapat menyimpan dan menyimpan informasi kartu mereka untuk digunakan di masa mendatang. Pengalaman mereka akan serupa dengan online marketplace lainnya.

Apakah guest dapat melakukan transaksi di eBay setelah managed payment?

Ya. Buyer dapat berbelanja dan bertransaksi di eBay sebagai guests. Lebih baik lagi jika mendaftar akun eBay karena terdapat berbagai fasilitas menarik didalamnya seperti insentif dan kupon.

Apakah seller harus memperbaharui selling policies yang menyatakan bahwa PayPal is required?

Ketika suatu akun ebay telah mengaktifkan managed payment, maka listing yang sudah ada akan otomatis diperbaharui dengan tambahan berbagai pembayaran yang ditawarkan kepada buyer.
Seller harus menghapus keterangan yang menyatakan “PayPal is required” pada kolom product description. 


Apakah buyer tetap dapat menggunakan PayPal?

Tentu saja, dengan manage payment yang dikelola oleh eBay, buyer tetap dapat melakukan pembayaran dengan PayPal, credit card, debit card, Apple Pay dan Google Pay.

Apakah karyawan tetap dapat mengakses akun eBay untuk membantu mengelola beberapa tugas saja?

Multi-User Account Access pada saat ini tidak tersedia untuk managed payment. eBay akan memberikan update apabila fitur tersebut kembali tersedia di masa depan.

Saya memiliki banyak akun eBay, apakah saya bisa mendaftarkan semua akun untuk managed payments?

Semua akun akan diberikan informasi untuk mendaftar secara terpisah. Informasi managed payment yang seller terima hanya terbatas untuk satu akun saja. Silahkan buka akun masing-masing untuk mendapatkan pemberitahuan managed payment dan lakukan pendaftaran secara terpisah.

Payouts, refunds, etc.

Kapan dan bagaimana seller akan menerima Pencairan dana penjualan?

Ketika eBay mengelola managed payments, pencairan dana penjualan akan dikirimkan langsung ke akun Payoneer dalam bentuk mata uang US dollar. Pembayaran dikirimkan berdasarkan jadwal yang telah seller pilih antara lain harian, mingguan atau langsung ketika dana tersedia. Terlepas dari bagaimana buyer membayar, pencairan dana biasanya akan tersedia dalam waktu 2 hari setelah pembayaran dari buyer terkonfirmasi. Pencairan dana diakukan hanya di hari kerja, yakni Senin – Jumat.

Apakah eBay akan menerima pembayaran dalam bentuk cryptocurrencies (seperti Bitcoin, Litecoin, Ripple, Ethereum)?

Tidak pada saat ini. eBay fokus memberikan customer pilihan terbaik dan relevan pada saat checkout.

Bagaimana claims, refunds, dan returns akan bekerja setelah managed payment?

Sebagai seller yang sudah mengaktifkan managed payment, seller hanya hanya perlu bekerja sama dengan eBay untuk mendapatkan dukungan dan layanan pada claims, returns, dan refund. Seller akan memiliki kemampuan untuk melakukan seller-initiated refunds secara penuh atau sebagian, berdasarkan produk atau order, dan melalui eBay atau platform pihak ketiga secara komprehensif untuk jumlah penuh atau sebagian, berdasarkan item atau pesanan penuh, di eBay, atau melalui platform pihak ketiga.

eBay akan menawarkan buyer opsi untuk mengajukan klaim melalui Pusat Resolusi eBay untuk sebagian besar situasi. Buyer dapat meminta refund dengan cara cancelation oder, membuat return mengajukan klaim di bawah Jaminan Money Back Guarantee eBay. Mereka juga dapat memilih untuk mengajukan sengketa secara langsung dengan lembaga keuangan.

Seller akan memiliki akses ke semua return dan cancellation request melalui halaman eBay Resolution Center. Dengan memusatkan halaman resolusi di satu tempat, seller akan memiliki visibilitas yang lebih besar terhadap claim dan disputes, serta dapat mengelolanya dengan lebih efektif. Untuk sebagian besar claim, return, dan refund, eBay akan terus mengikuti kebijakan yang ada, dan return akan dikembalikan ke metode pembayaran asal yang digunakan buyer pada saat pembelian.

eBay akan memotong biaya dan pengeluaran seperti yang timbul dari refund, claim atau dispute, langsung dari dana yang sedang terproses atau tersedia. Jika dana yang tersedia tidak cukup untuk menutupi jumlah kasus, eBay akan menarik kekurangan dan dari metode pembayaran seller yang tertaur ( kartu kredit atau debit) dalam kurun waktu 14 hari. Seller dapat menemukan informasi mengenai Claim, redunfs, dan return setelah login pada Help Hub.
Nantinya, akun Payoneer seller akan ditambahkan sebagai sumber pendanaan untuk biaya biaya dan pengeluaran ini. Seller akan diberi tahu sebelumnya tentang ketersediaan fungsi ini.

Apakah eBay fee yang telah tertagih akan dikembalikan ketika terjadi refund, refund atau cancelation order?

Jika terjadi full refund atau cancelation oder, porsi Final Value Fee dan International Fee akan dikembalikan kepada seller. Sedangkan eBay hanya akan mengambil porsi eBay Fee dengan jumlah yang disesuaikan dengan site tempat berjualan.

Dapatkah pencairan dana managed payments seller dialihkan ke akun PayPal?

Tidak bisa, eBay managed payment hanya dapat dibayarkan ke akun Payoneer.

Registration

Apakah seller harus memperbarui listing setelah mendaftar payments?

Harap dicatat bahwa sebagai Seller managed payment, listingan Anda otomatis diperbarui untuk mencerminkan semua cara pembayaran yang dapat dilakukan buyer. Harap untuk tidak menambah atau mengurangi metode pembayaran sesuai keinginan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat kebijakan listing eBay.

Setiap listingyang melanggar kebijakan listing eBay atau berada dalam kategori restricted yang tidak didukung oleh managed payment akan otomatis berakhir setelah aktivasi.

Mengapa seller diminta untuk mendaftar? Apa yang dimaksud dengan mendaftarkan bisnis?

Dengan melakukan registrasi, maka bisnis seller akan siap untuk dihubungkan dengan managed payment. Seller dapat melakukan registrasi dalam beberapa langkah mudah, termasuk didalamnya proses verifikasi bisnis, dan menautkan akun Payoneer. Informasi yang diberikan akan memudahkan eBay untuk proses transfer dana serta menjaga agar bisnis tidak melanggar ketentuan anti-money laundreing serta menjadikan eBay marketplace yang terpercaya. 



Seller dapat melakukan pengecekan status registrasi di Seller Hub.

Apa yang terjadi setelah seller melakukan proses registrasi?

eBay akan menginformasikan seller yang telah melakukan registrasi mengenai tanggal pengaktifan Managed Payment. Seller akan menerima konfirmasi ulang 2 hari sebelum tanggal aktivasi. Setelah itu seller dapat menjalankan bisnis seperti biasa.

eBay akan memastikan seller agar memiliki akses ke semua informasi yang perlu disiapkan sebelum sistem Managed Payment diaktifkan.

Reports

Laporan seperti apa yang disediakan oleh eBay?

Setelah akun seller diaktifkan untuk managed payment, seller akan melihat data penjualan dan pembayaran gabungan di halaman dashboard and report dalam Seller Hub. Seller juga akan mendapatkan interface report sebagai pusat sentralisasi untuk mengakses data transaksi dan managed payment.

Laporan tersedia untuk diunduh dan diekspor dari Seller Hub. Termasuk didalamnya:

  • Laporan bulanan – Gambaran umum mengenai aktivitas bulanan seller di eBay, termasuk detail pesanan, biaya, dan tagihan.
  • Laporan pembayaran – Gambaran umum pembayaran yang diproses dalam periode waktu tertentu.
  • Laporan order – Gambaran umum order secara mendetail dalam periode waktu tertentu.
  • Performance Insight – Bagian di Seller Hub yang berfungsi sebagai hub pusat untuk data yang terkait dengan cantuman dan akun seller.
  • Laporan pasca transaksi – mencakup didalamnya Return, Item not Received ( INR) dan Significantly Not As Described (SNAD).

Buyer and Seller Protections

Apakah pembelian buyer akan tetap di proteksi oleh eBay Money Back Guarantee?

Pembellian buyer akan tetap terproteksi oleh eBay Money Back Guarantee (eMBG) sesuai dengan terms and conditions dari eBay site tempat pembelian dilakukan.

Apakah seller akan tetap mendapatkan fasilitas seller protections?

Ya, selama akun memiliki performa yang baik di eBay, maka mereka berhak mendapatkan seller protections. Seller protections dibuat untuk membantu kelancaran proses berjualan seller dan memberikan perlindungan dari chargebacks and klaim eBay Money Back Guarantee claims. Seller protections ditentukan berdasarkan site tempat berjualan.

Integrations

Apakah saya perlu mengubah integrasi API eBay saya untuk menerima pembayaran ini?

Jika Anda terintegrasi langsung dengan eBay API atau MIP, Anda mungkin perlu melakukan pembaruan untuk mendapatkan data dan fungsionalitas pembayaran baru. Anda perlu mengintegrasikan API Keuangan untuk mendapatkan detail pembayaran. Pelajari lebih lanjut tentang API pembayaran terkelola di portal program pengembang eBay.

Jika seller menggunakan I use third-party untuk mengelola bisnis eBay, apakah hal tersebut tetap dapat dilakukan setelah menggunakan managed payment?

Jika seller menggunakan third-party tools yang terintegrasi dengan eBay APIs untuk mengelola listing, inventory dan aktifitas manajemen order, serta untuk proses rekonsiliasi keuangan atau refund, maka seluruh aktifitas tersebut tetap dapat dilakukan setelah penggunaan managed payment.

Fees

Apa yang terjadi pada seller fees ketika eBay mengelola managed payment?

Seller fees akan tetap diterapkan berdasarkan publish rate yang tertera di setiap site eBay. Final value fee dikenakan berdasarkan persentase per kategori dari total penjualan (termasuk didalamnya shipping, pajak dan fee lainnya) di tambah dengan fixed fee per order. Perlu dicatat bahwa international fee dan konversi mata uang akan dikenakan, namun seller tidak perlu lagi membayar fee PayPal.

Semua fee yang terkait dengan penjualan produk akan ditarik dari hasil penjualan seller, dan sisanya akan disetorkan ke akun Payoneer dalam mata uang US dollar, terlepas dari situs eBay manapun tempat item tersebut dibeli.

Privacy, Data Security, and Safety

Bagaimana cara eBay melindungi data personal dan data bisnis para seller? Bagaimana seller dapat mengetahui bahwa informasinya akan dilindungi eBay?

Setelah akun didaftarkan kepada managed payment, seller dapat melihat dan merubah informasi di bagian tab Account di My eBay. Setelah perubahan dilakukan, maka detail tersebut akan otomatis diterapkan di akun Payoneer. Pelajari bagaimana eBay melindungi informasi personal di eBay Privacy Policy.



eBay melindungi data pribadi seller melalui langkah-langkah keamanan teknis dan organisasi untuk meminimalkan risiko yang terkait dengan kehilangan data, penyalahgunaan, akses tidak sah serta pengungkapan dan perubahan yang tidak sah. Untuk tujuan ini, eBay menggunakan firewall dan enkripsi data, misalnya, serta pembatasan akses fisik untuk pusat data eBay dan kontrol otorisasi untuk akses data.