Memahami eBay Best Match – Part 3

How to maintain Best Seller Performance

Track record merupakan hal yang membedakanmu dengan seller lain. Semakin baik track recordmu, semakin tinggi pula rankingmu di Best Match.

How to maintain Best Seller Performance

Seller level akan ditentukan berdasarkan sales history dan kualitas service yang diberikan kepada buyer.

Seller level yang baik, feedback score dan detailed seller ratings akan menghasilkan kepercayaan dan menentukan keputusan pembelian buyer.

There are 3 seller levels that affect your Seller Performance Standards


1

Top Rated

Merupakan barisan seller terbaik di eBay yang memberikan customer service luar biasa juga mencapai kriteria penjualan yang telah ditentukan untuk level Top Rated Seller.


2

Above Standard

Seller di kelompok ini telah mencapai minimum standard dan telah memberikan customer service yang memadai.



3

Below Standard

Merupakan seller yang tidak memenuhi kriteria minimum untuk standar customer service. Jika kamu berada di level ini, hati-hati karena aktivitasmu akan dibatasi oleh eBay.


Learn more about Seller Performance Standards and how to maintain it

Lihat disini

Feedback score and detailed seller rating

Merupakan rating kepuasan yang diberikan buyer kepada seller.

Seller feedback score terdisplay dalam bentuk persentase yang terletak dibawah username. Jika seller memiliki score 99.5%, hal tersebut menandakan bahwa 99.5% buyer yang memberikan feedback terhadap seller tersebut mendapatkan pengalaman belanja yang positif dari seller tersebut.

Sebagai tambahan dari persentase feedback score, terdapat pula seller’s star rating berisi jumlah buyer yang meninggalkan feedback.

Feedback score and detailed seller rating

Bagaimana score ini dihitung

+1 point

untuk setiap rating positif yang diberikan buyer

0 point

untuk setiap rating netral yang diberikan buyer

-1 point

untuk setiap rating negatif yang diberikan buyer.

How to improve your detailed seller rating?

Seller rating merupakan hal yang sangat penting bagi buyer baru yang belum pernah membeli dari tokomu. Mereka cenderung hanya akan membeli di seller yang memiliki rating yang baik.

Berikut adalah sebagian cara untuk meningkatkan rating:

  • Pastikan produk yang dikirim sesuai dengan deskripsi pada listing. Gambarkan produk sejelas mungkin seolah-olah tidak ada foto yang menyertai. Buyer baru akan dengan sangat mudah meninggalkan negative feedback ketika mereka mendapati ketidakcocokan pada deskripsi dan barang yang diterima.
  • Jaga komunikasi dengan buyer agar selalu tanggap dan jelas. Jawab pertanyaan mereka dengan jujur dan sopan.
  • Kirim barang yang terjual sesegera mungkin, jangan biarkan buyer menunggu dan bertanya “where is my item?”.
  • Cantumkan biaya shipping yang masuk akal agar memenangkan kepercayaan buyer.

Feedback score merupakan salah satu aspek penting dalam Feedback profile suatu seller. Semakin tinggi feedback score maka semakin tinggi buyer akan mempercayai produk dan store suatu seller.

Pelajari feedback score & seller ratings lebih mendalam
How to improve your detailed seller rating?

Managing Defects: Items Not Received (INR), Item Not As Described (INAD) & Out Of Stock (OOS) issues

INR, INAD dan OOS. Ketiga jenis defect ini harus dihindari karena akan sangat mempengaruhi Seller Perfomance Standard.

Apa yang harus seller lakukan jika ada dispute?
Jika buyer memiliki masalah dengan pembeliannya, seller memiliki waktu 3 hari untuk menyelesaikan sebelum eBay turun tangan untuk membantu menengahi kedua belah pihak dan menyelesaikan masalah. Jika eBay memutuskan bahwa seller adalah pihak yang bersalah, maka seller akan mendapatkan defect.
Oleh karena itu respon secepat mungkin apabila buyer membuka suatu kasus dan berikan solusi positif, agar kamu dapat menjaga good selling history dan meminimalisir defect.

Bagaimana cara mengatasi dan menghindari INR cases?
Jika suatu paket tidak kunjung tiba ke alamat buyer, maka segeralah berikan informasi tracking atau informasi lainnya yang telah diberikan oleh shiping provider.

Untuk menghindari kasus INR, selalu gunakan jasa pengiriman paket yang dilengkapi dengan tracking number dan simak best pracites berikut ini

Lebih lanjut mengenai INR Defects
Managing Defects:  Items Not Received (INR), Item Not As Described (INAD) & Out Of Stock (OOS) issues

How to handle and avoid INAD cases

Bagaimana cara mengatasi dan menghindari INAD cases?
Jika buyer menghubungi seller dan menginformasikan bahwa paket yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi yang tercantum pada listing, maka segera Berikan solusi dan selesaikan permasalahan tersebut.

Untuk menghindari INAD cases, selalu pastikan produk tercantum secara akurat, termasuk didalamnya spesifikasi dan foto. Sehingga buyer tahu dengan pasti barang seperti apa yang akan diterimanya nanti.

Bagaimana cara menghindari OOS cases?
Cek inventory secara berkala, update jumlah produk dan segera hapus listing yang sudah tidak lagi memiliki stock..

Bagaimana defects dihitung:

  • Seller melakukan cancel transaksi ( karena out of stock, tidak ada barang atau tidak mau mengirimkan barang)
  • Cases closed without seller resolution ( Ketika eBay turun tangan dan memutuskan bahwa seller adalah pihak yang bersalah)

How to handle and avoid INAD cases

The maximum number of defects allowed varies by seller level:


1

Top Rated

Kurang dari atau sama dengan 0.5% dari total transaksi, dan maksimal 3 defects dari unique buyers.


2

Above Standard

Kurang dari atau sama dengan 2%% dari total transaksi, dan maksimal 4 defects dari unique buyers.



3

Below Standard

Melebihi 2%% dari total transaksi, dan lebih dari 5 defects diberikan unique buyers.


Demikian rangkaian metode khusus untuk meningkatkan ranking produkmu di eBay Best Match.
Sekarang waktunya untuk praktek dan mendapatkan lebih banyak penjualan! Good luck!