Regional Seller Performance Standards
Seller dari seluruh situs eBay diharapkan untuk memenuhi standar minimum yang sama guna memastikan seller dapat mengatur dan memenuhi ekspektasi buyer di seluruh dunia.
Ada empat regional performance standard program, dengan batas minimum performance yang sedikit bervariasi. Performa seller diukur sesuai dengan performance standards di wilayah seller menjual produknya. Ini semua bisa dipantau melalui Seller Dashboard.
Untuk memperoleh SPS yang bagus, seller diharapkan untuk:
-
Cepat-tanggap mengatasi customer issues
-
Mengirim barang tepat waktu sebelum handling time berakhir
-
Mengelola inventory dan menjaga stok tetap tersedia
-
Menentukan ongkos kirim dan handling time yang wajar
-
Secara spesifik mencantumkan ongkos kirim dan handling time pada listing
-
Mengikuti return policy yang telah ditetapkan
-
Segera merespon pertanyaan buyer
-
Selalu membantu, ramah, dan profesional selama transaksi berlangsung
-
Memastikan barang yang diterima buyer sesuai dengan deskripsi yang tercantum pada listing.
International eBay seller performance standards
Transaksi yang dilakukan pada situs terdaftar serta wilayah pengiriman yang dipilih seller akan dikenakan pemberlakuan salah satu dari empat program international eBay seller performance.
Harap diingat bahwa transaksi diukur dengan standard global atau lokal, tapi tidak sekaligus.
-
US seller standards program menentukan status seller di ebay.com. Evaluasi dilakukan berdasarkan transaksi dengan pengiriman ke US.
-
UK and Ireland seller standards program menentukan status seller di ebay.co.uk dan ebay.ie. Evaluasi dilakukan berdasarkan transaksi dengan pengiriman ke UK dan Irlandia.
-
German seller standards program menentukan status seller di ebay.de, ebay.at, dan ebay.ch. Evaluasi dilakukan berdasarkan transaksi dengan pengiriman ke Jerman, Austraia, dan Swiss.
-
Global seller standards program menentukan status seller yang berjualan di salah satu market di luar US, UK, Irlandia, Jerman, Austria, dan Swiss. Evaluasi dilakukan berdasarkan transaksi dengan pengiriman ke luar negeri kecuali negara tersebut di atas.
1. US seller standards program
Ketika seller mendaftar dan berjualan di ebay.com, evaluasi akan dilakukan berdasarkan penjualan yang dikirim ke USA.
Jika seller memiliki 400 atau lebih transaksi selama tiga bulan terakhir, evaluasi akan dilakukan dari periode tersebut. Jika seller memiliki kurang dari 400 transaksi selama tiga bulan terakhir, evaluasi akan dilakukan pada periode 12 bulan terakhir.
Untuk info tentang US seller standards, sila baca kebijakan lengkap kami.

Cases closed without seller resolution
Seller bisa memiliki maksimal 0.3% dari eBay Money Back Guarantee closed cases without seller resolution selama periode evaluasi terbaru. Syarat tersebut berlaku setelah akun melampaui angka maksimal untuk kasus tersebut, yaitu 2 kasus.
Apa yang terjadi jika seller gagal memenuhi standards tersebut?
Jika seller gagal memenuhi minimum US performance standards:
- posisi pada hasil pencarian akan diturunkan;
- akan ada pembatasan aktivitas penjualan atau bahkan larangan melakukan transaksi di eBay hingga performa seller meningkat;
- jika seller memiliki Premium, Anchor, atau Enterprise eBay Store dan mengalami penurunan standard selama 60 hari, level store akan diturunkan paksa ke level Basic.
Jika akun seller tidak memenuhi standard, maka seller:
- perlu menyelesaikan semua masalah pada akun sebelum melakukan aktivitas jual-beli di akun lain
- tidak bisa mendaftar untuk akun baru
- tidak bisa menggunakan akun eBay yang sudah ada untuk menghindari limit buying and selling atau konsekuensi kebijakan lainnya
- membayar lebih untuk persentase rate pada final value fees
Transaction defect rate requirements
Agar bisa memenuhi standard minimum yang ada, seller hanya boleh memiliki maksimal 2% dari transaksi dengan satu atau lebih defect selama periode evaluasi yang sedang berlangsung. Untuk memenuhi syarat sebagai Top-Rated Seller, maksimal 0.5% persentase transaksi dengan satu atau lebih defects selama periode evaluasi paling terbaru. Hanya transaksi dengan US buyer yang dihitung ke dalam seller performance rating pada ebay.com.
Defect rate tidak akan mempengaruhi status seller performance hingga seller mengalami transaction defect paling sedikit dengan 5 buyer berbeda, atau setidaknya 4 buyer berbeda yang dapat mempengaruhi status Top-Rated, selama masa periode evaluasi.
2. UK and Ireland seller standards program
Ketika seller mendaftar dan berjualan di ebay.co.uk dan ebay.ie, evaluasi akan dilakukan berdasarkan penjualan yang dikirim ke UK dan Irlandia.
Jika seller memiliki 400 atau lebih transaksi yang dikirim ke UK dan Irlandia selama tiga bulan terakhir, evaluasi akan dilakukan dari periode tersebut. Jika seller memiliki kurang dari 400 transaksi yang dikirim ke UK dan Irlandia selama tiga bulan terakhir, evaluasi akan dilakukan pada periode 12 bulan terakhir.

Cases closed without seller resolution
Seller bisa memiliki maksimal 0.3% dari eBay Money Back Guarantee closed cases without seller resolution selama periode evaluasi terbaru. Syarat tersebut berlaku setelah akun melampaui angka maksimal untuk kasus tersebut, yaitu 2 kasus.
Apa yang terjadi jika seller gagal memenuhi standards tersebut?
Jika seller gagal memenuhi minimum performance standards UK dan Irlandia:
- posisi pada hasil pencarian akan diturunkan;
- pembatasan aktivitas jual-beli di eBay;
- jika seller memiliki eBay Premium Service, hal ini dapat mempengaruhi keikutsertaan dalam program tersebut;
- jika seller berlangganan Anchor Shop dan telah memilih penjualan internasional, nilai keuntungan untuk penjualan tersebut akan dihapus;
- jika seller memiliki eBay Premium Service, hal ini dapat mempengaruhi keikutsertaan dalam program tersebut;
- jika seller level berada di Below Standard, seller tidak bisa berlangganan Featured atau Anchor Shop;
- pembayaran untuk penjualan ke US, Kanada, dan UK kemungkinan akan ditunda untuk memperlancar penyelesaian.
Untuk kasus yang lebih serius, penangguhan akun mungkin terjadi. Jika demikian, maka seller:
- perlu menyelesaikan semua masalah pada akun sebelum melakukan aktivitas jual-beli di akun lain;
- tidak bisa mendaftar untuk akun baru;
- tidak bisa menggunakan akun eBay yang sudah ada untuk menghindari limit buying and selling atau konsekuensi kebijakan lainnya
Transaction defect rate requirements
Agar bisa memenuhi standard minimum yang ada, seller hanya boleh memiliki maksimal 2% dari transaksi dengan satu atau lebih defect selama periode evaluasi yang sedang berlangsung. Untuk memenuhi syarat sebagai Top-Rated Seller, maksimal 0.5% persentase transaksi dengan satu atau lebih defects selama periode evaluasi paling terbaru. Hanya transaksi dengan buyer UK dan Irlandia yang dihitung ke dalam seller performance rating pada ebay.co.uk dan ebay.ie.
3. Germany, Austria and Switzerland seller standards program
Ketika seller mendaftar dan berjualan di ebay.de, ebay.at, dan ebay.ch, evaluasi akan dilakukan berdasarkan penjualan yang dikirim ke Jerman, Austria, dan Swiss.
Jika seller memiliki 400 atau lebih transaksi yang dikirim ke UK dan Irlandia selama tiga bulan terakhir, evaluasi akan dilakukan dari periode tersebut. Jika seller memiliki kurang dari 400 transaksi yang dikirim ke Jerman, Austria, dan Swiss selama tiga bulan terakhir, evaluasi akan dilakukan pada periode 12 bulan terakhir.

Cases closed without seller resolution
Seller bisa memiliki maksimal 0.3% dari eBay Money Back Guarantee closed cases without seller resolution selama periode evaluasi terbaru.
Apa yang terjadi jika seller gagal memenuhi standards tersebut?
Jika seller gagal memenuhi minimum performance standards Jerman, Austria, dan Swiss:
- posisi pada hasil pencarian akan diturunkan;
- pembatasan aktivitas jual-beli di eBay atau bahkan larangan bertransaksi di eBay hingga performa meningkat;
- seller dapat kehilangan status Top-Rated Seller;
- jika seller level turun ke Below Standard dan tidak berubah selama 60 hari, langganan Top atau Premium Store akan diganti ke Standard. Artinya, seller akan kehilangan nilai keuntungan untuk penjualan internasional;
- pembayaran untuk penjualan ke US, Kanada, dan UK kemungkinan akan ditunda untuk memperlancar penyelesaian.
Untuk kasus yang lebih serius, penangguhan akun mungkin terjadi. Jika demikian, maka seller:
- perlu menyelesaikan semua masalah pada akun sebelum melakukan aktivitas jual-beli di akun lain;
- tidak bisa mendaftar untuk akun baru;
- tidak bisa menggunakan akun eBay yang sudah ada untuk menghindari limit buying and selling atau konsekuensi kebijakan lainnya
Transaction defect rate requirements
Agar bisa memenuhi standard minimum yang ada, seller hanya boleh memiliki maksimal 2% dari transaksi dengan satu atau lebih defect selama periode evaluasi yang sedang berlangsung. Untuk memenuhi syarat sebagai Top-Rated Seller, maksimal 0.5% persentase transaksi dengan satu atau lebih defects selama periode evaluasi paling terbaru. Hanya transaksi dengan buyer Jerman, Austria, dan Swiss yang dihitung ke dalam seller performance rating pada ebay.de, ebay.at, dan ebay.ch.
Defect rate tidak akan mempengaruhi status seller performance hingga seller mengalami transaction defect paling sedikit dengan 4 buyer berbeda, atau setidaknya 3 buyer berbeda yang dapat mempengaruhi status Top-Rated, selama masa periode evaluasi.
Persentase maksimal untuk transaksi dengan keterlambatan pengiriman adalah 9%. Untuk menjadi Top-Rated Seller, persentase transaksi dengan keterlambatan pengiriman maksimal hanya 3%. Nilai keterlambatan pengiriman berlaku setelah akun melampaui angka maksimum transaksi dengan keterlambatan pengiriman, yaitu 7 dan 5 transaksi secara berturut-turut.
Keterlambatan pengiriman tidak lagi diperhitungkan ke dalam rate metric keterlambatan dengan syarat seller memberitahu eBay kalau barang sudah dikirim tepat waktu dan memperbaiki masalah dengan buyer. eBay akan menghapus feedback negative atau neutral dari buyer di negara berkembang yang disebabkan keterlambatan pengiriman.
4. Global seller performance standards (markets outside of the US, UK, Ireland, Germany, Austria and Switzerland)
Global seller standards program menentukan status seller jika berjualan di luar US, UK, Irlandia, Jerman, Austria, dan Swiss. Evaluasi akan dilakukan berdasarkan seluruh transaksi dengan alamat pengiriman ke seluruh dunia selain US, UK, Irlandia, Jerman, Austria, dan Swis.

Cases closed without seller resolution
Seller bisa memiliki maksimal 0.3% dari eBay Money Back Guarantee closed cases without seller resolution selama periode evaluasi terbaru. Syarat tersebut berlaku setelah akun melampaui angka maksimal untuk kasus tersebut, yaitu 2 kasus.
Apa yang terjadi jika seller gagal memenuhi standards tersebut?
Jika seller gagal memenuhi minimum global performance standards:
- urutan pencarian akan diturunkan;
- akan ada pembatasan aktivitas penjualan internasional hingga rating meningkat;
- seller dilarang melakukan jual-beli di eBay di luar market lokal jika performa turun secara signifikan di bawah syarat minimum;
- jika seller memiliki Premium, Anchor, atau Enterprise eBay Store dan berada di bawah standard selama 60 hari, Store akan diturunkan paksa ke Basic Level.
Jika akun seller gagal memenuhi standard, maka seller:
- perlu menyelesaikan semua masalah pada akun sebelum melakukan aktivitas jual-beli di akun lain;
- tidak bisa mendaftar untuk akun baru;
- tidak bisa menggunakan akun eBay yang sudah ada untuk menghindari limit buying and selling atau konsekuensi kebijakan lainnya;
- membayar lebih untuk persentase rate pada final value fees
Transaction defect rate requirements
Agar bisa memenuhi standard minimum yang ada, seller hanya boleh memiliki maksimal 2% dari transaksi dengan satu atau lebih defect selama periode evaluasi yang sedang berlangsung. Untuk memenuhi syarat sebagai Top-Rated Seller, maksimal 0.5% persentase transaksi dengan satu atau lebih defects selama periode evaluasi paling terbaru.
Defect rate tidak akan mempengaruhi status seller performance hingga seller mengalami transaction defect paling sedikit dengan 5 buyer berbeda, atau setidaknya 4 buyer berbeda yang dapat mempengaruhi status Top-Rated, selama masa periode evaluasi.
Persentase maksimal untuk transaksi dengan keterlambatan pengiriman adalah 10%. Untuk menjadi Top-Rated Seller, persentase transaksi dengan keterlambatan pengiriman maksimal hanya 5%.
Jadi, pastikan kamu memiliki performa bagus di seluruh wilayah untuk bisa mempertahankan seller level dan performance sebaik mungkin. Jika kamu seller baru di eBay, ada baiknya untuk fokus pada satu wilayah terlebih dahulu. Ketika sudah mahir mencetak seller level dan performance yang tinggi, mulailah untuk mengembangkan ke wilayah lain.