Perlindungan Seller terhadap Payment Dispute
Jika buyer mengajukan payment dispute, maka seller dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan seller
Ketika buyer mengajukan dispute melalui lembaga pembiayaan (seperti layanan kartu kredit atau PayPal), lembaga tersebut akan menginformasikan eBay terkait dispute dan mengajukan proses penyelesaian dengan buyer. eBay kemudian akan mengumpulkan informasi terkait transaksi dan membantu seller menyiapkan bukti sebagai bahan pembelaan dispute.
Hasil akhir dari dispute diputuskan oleh lembaga pembiayaan. Namun, seller bisa saja memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan seller dari eBay. Simak penjelasan lengkap kebijakan berikut tentang bagaimana mekanisme perlindungan seller, transaksi apa saja yang dapat memenuhi syarat dan yang tidak, dan apa saja yang perlu dilakukan seller.
Perlindungan, syarat kelayakan dan pengecualian
Perlindungan seller terhadap payment dispute bisa berlaku ketika buyer mengajukan payment dispute karena salah satu alasan berikut:
-
Buyer tidak menerima barang pesanan
-
Buyer tidak melakukan transaksi atau mengalami kendala saat melakukan transaksi
-
Barang yang dipesan tidak sesuai listing
Agar seller bisa mendapatkan perlindungan terhadap payment dispute, maka:
-
Transaksi harus memenuhi persyaratan yang tertulis pada kebijakan ini
-
Seller harus merespon pengajuan payment dispute dan mengambil tindakan pada jangka waktu yang sudah ditentukan
-
Jika ingin mengajukan pembelaan terhadap payment dispute, seller harus memenuhi bukti yang diperlukan
-
Seller tidak boleh melanggar User Agreement
eBay dapat memberikan perlindungan terhadap payment dispute secara otomatis tanpa mengharuskan seller merespon atau mengambil tindakan. Jika eBay melakukannya secara otomatis, eBay tidak akan membebankan biaya dispute atau reimbursment dari seller jika kasus dispute diselesaikan untuk memenangkan buyer.
Kondisi yang memenuhi syarat dan transaksi yang dikecualikan
Kondisi yang memenuhi syarat |
|
Transaksi yang dikecualikan |
|
Jangka waktu dan tindakan yang diperlukan
Tindakan | Jangka Waktu |
Menerima dispute |
Dalam waktu 5 hari kalender setelah notifikasi dispute diterima |
Mengajukan pembelaan terhadap dispute dan memberikan bukti pendukung |
Dalam waktu 5 hari kalender setelah notifikasi dispute diterima |
Ketika buyer mengajukan payment dispute karena alasan tidak menerima barang atau tidak melakukan transaksi
Ketika buyer mengajukan payment dispute karena alasan buyer tidak menerima barang atau tidak melakukan transaksi, seller akan diminta untuk menyerahkan:
-
Bukti pengiriman berhasil ke alamat yang diberikan buyer saat checkout, atau
-
Bukti buyer sudah menerima barang pesanan
Jika eBay menyatakan barang sudah berhasil dikirim atau di-pickup, maka:
-
eBay tidak akan meminta reimbursement dari seller untuk jumlah yang di-dispute, bahkan jika lembaga pembiayaan memutuskan buyer berhak mendapatkan refund; dan
-
eBay akan melepas atau mengembalikan biaya dispute yang dikeluarkan seller
Bukti pengiriman berhasil
Detail tracking dari jasa pengiriman yang meliputi hal-hal berikut:
-
Status pengiriman “delivered” (atau sejenisnya sesuai negara asal);
-
Tanggal pengiriman
-
Alamat penerima sesuai dengan salah satu yang tertera pada halaman Order details, termasuk kota/negara atau kode pos (atau kode internasional sejenis); dan
-
Bukti tanda tangan konfirmasi–untuk pesanan senilai $750 atau lebih–yang diunduh dalam bentuk foto ketika mengajukan pembelaan terhadap payment dispute. Pelajari selengkapnya tentang signature confirmation requirements
Bukti pickup berhasil
Untuk barang yang di-pickup langsung di toko, identitas orang yang mengambil barang wajib dikonfirmasi dengan foto ID. Seller harus memberikan bukti sebagai berikut:
-
Nomor order ID
-
Nomor barang
-
Nama barang
-
Jumlah yang dibayar
-
Tanggal pengambilan / pickup
-
Tanda tangan buyer menyatakan sudah pickup barang
-
Alamat pickup atau lokasi toko
Untuk barang yang diambil langsung dari seller, bukti buyer sudah menerima barang termasuk:
-
Salinan order details eBay yang ditandatangani oleh buyer pada saat menerima barang, atau
-
Seller menggunakan aplikasi eBay untuk memindai QR code buyer atau memasukkan secara manual 6-digit kode pickup buyer pada saat pengambilan barang
Ketika buyer mengajukan payment dispute karena barang tidak sesuai listing
Ketika buyer mengajukan payment dispute karena barang tidak sesuai listing, seller akan diminta untuk memberikan bukti sebagai bahan pembelaan terhadap payment dispute, seperti foto yang menunjukkan kondisi barang sebelum dikirim.
Untuk mempertimbangkan apakah seller akan dilindungi atau tidak, eBay akan melihat salah satu faktor berikut:
-
Seller memberikan full refund kepada buyer melalui eBay
-
Seller memberikan partial refund kepada buyer melalui eBay sesuai dengan partial refund guidelines untuk barang yang dikembalikan dalam kondisi sudah digunakan atau rusak, asalkan seller telah memenuhi syarat untuk memberikan partial refund melalui Top Rated Seller protections
-
Kasus eBay Money Back Guarantee yang sejenis:
-
Sudah diputuskan melawan buyer; atau
-
Sudah diselesaikan dengan full refund kepada buyer melalui eBay
-
Jika eBay menetapkan transaksi tersebut memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan, maka:
-
eBay tidak akan meminta reimbursement dari seller untuk jumlah yang di-dispute, bahkan jika lembaga pembiayaan memutuskan buyer berhak mendapatkan refund; dan
-
eBay akan melepas atau mengembalikan biaya dispute yang dikeluarkan seller
Biaya dispute, penangguhan pembayaran, dan reimbursements
Biaya Dispute
Ketika buyer mengajukan payment dispute, seller akan dikenakan biaya dispute jika ingin mengajukan pembelaan atau tidak merespon dispute, dan seller bertanggung jawab atas jumlah nilai yang di-dispute. Jika dispute memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan, seller tidak akan dikenakan biaya dispute.
Penangguhan pembayaran seller
Pada saat buyer mengajukan payment dispute, dana yang dimiliki seller akan ditangguhkan oleh eBay seperti yang tertera pada Payments Terms of Use. Penangguhan dapat berlangsung hingga 30 hari kalender.
Reimbursements seller ke eBay
Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, eBay dapat menetapkan seller tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan seller terhadap payment dispute. Jika seller tidak memenuhi syarat dan lembaga pembiayaan menyatakan buyer berhak mendapatkan refund, maka eBay akan meminta reimbursement dari seller sesuai dengan User Agreement dan Payments Terms of Use.
eBay akan mengambil reimbursement dengan cara:
-
Mengurangi jumlah refund dari dana seller yang belum dicairkan, atau
-
Jika dana seller tidak mencukupi untuk membayar refund, eBay akan membebankan biaya melalui akun bank pembayaran yang digunakan seller
Jika reimbursement gagal, eBay berhak mengambil reimbursement melalui cara lain.
Banding dan klaim ganda
Banding
Jika eBay menetapkan seller tidak berhak untuk mendapatkan perlindungan seller terhadap payment dispute, maka seller dapat mengajukan banding dengan cara menghubungi eBay dalam waktu 30 hari kalender sejak tanggal hasil payment dispute dikomunikasikan. eBay dapat meminta dokumen tambahan dari seller sebagai bagian dari proses review banding.
eBay berhak untuk memberikan keputusan akhir.
Klaim ganda
Buyer tidak dapat menggunakan lebih dari satu metode penyelesaian untuk mendapatkan refund. Jika buyer mengajukan payment dispute melalui lembaga pembiayaan, maka seller harus merespon payment dispute tersebut. eBay akan menutup semua opsi pembatalan pesanan, barang belum diterima, permintaan pengembalian (return), atau kasus eBay Money Back Guarantee untuk transaksi sejenis.