Menyediakan Layanan Pelanggan yang Hebat
Taktik pemasaran tertua dalam buku bisnis
Membangun bisnis yang sukses dimulai dengan menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik, yang menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.
Saat pembeli menerima pengalaman membeli yang baik dengan anda, hal ini membangun hubungan luar biasa dan mendorong kembalinya toko eBay anda berkali-kali. Mulailah terlibat dengan pembeli anda, bahkan dengan mereka yang tinggal di belahan dunia lain untuk membangun hubungan jangka panjang.
Kami telah mengumpulkan beberapa tips tentang cara memberikan layanan pelanggan yang hebat untuk bisnis eBay anda. Mari Mulai :

Cara Yang Tepat Untuk Menangani Paket Anda Setelah Barang Terjual
Layanan pelanggan dimulai dari saat calon pembeli menghubungi anda. Sebelum anda mempublikasikan sebuah listing, pastikan anda menyediakan semua detail penting dan relevan tentang barang anda untuk menghindari masalah yang mungkin timbul.
Bahkan Setelah Barang Ebay Anda Terjual, Hal Ini Tidak Berarti Anda Harus Berhenti Melayani Pembeli Anda.
Saat anda menerima email dari eBay yang memberitahu anda bahwa “Your item is sold”, lakukan langkah-langkah berikut untuk memberikan transaksi end-to-end yang luar biasa kepada pembeli anda.
Kemas barang dengan hati-hati untuk menghindari adanya kerusakan
Kirim paket segera setelah pembayaran diterima menggunakan kurir terkemuka yang menyertakan nomor pelacakan.
Sebagai tanda penghargaan atas pembelian mereka, kirimkan pesan “Terima Kasih” kepada pembeli Anda setelah paket telah terkirim dengan aman.
Periksa kembali untuk memastikan bahwa paket dikirim ke alamat yang benar yang dikirim pembeli anda.
Masukkan nomor pelacakan pada sistem eBay dan klik tandai sebagai dikirim, sehingga pembeli anda segera diberi tahu. Ini memungkinkan pelacakan paket anda dengan mudah saat dalam perjalanan.
Pelajari lebih lanjut tentang Operator Pengiriman terintegrasi eBay di sini .
Baca lebih lanjut tentang praktik pengiriman terbaik
Menangani Permintaan Pengembalian Pembeli Dengan Mudah
Jika anda menerima permintaan pengembalian, anda harus meninjau secara menyeluruh sebelum memberikan solusi. Setelah menyelesaikan pemeriksaan, anda dapat memilih untuk menawarkan pengembalian dana penuh atau sebagian.
Pelajari lebih lanjut mengenai pengembalian dana sebagian
Selama pembeli puas dan tidak menghubungi bantuan pelanggan eBay untuk bantuan, pengembalian tidak akan dihitung sebagai kecacatan. Jika eBay diminta untuk membantu menyelesaikan masalah dan kami menemukan bahwa anda bertanggungjawab, permintan pengembalian akan dihitung sebagai kecacatan. Jika kami menutup kasus ini untuk keuntungan anda atau menentukan tidak ada yang bersalah, anda tidak akan menerima kecacatan. Hal ini penting untuk mejaga tingkat kecatatan anda tetap rendah karena hal itu memepengaruhi kinerja anda sebagai penjual eBay, pelajari lebih lanjut tentang Defect Rate Management disini .
Setelah barang yang dikembalikan sampai di tangan Anda, perhatikan baik-baik untuk memeriksa kondisi barang tersebut. Jika Anda dan pembeli Anda puas dengan keputusan tersebut, pastikan pengembalian dana diselesaikan dalam waktu 2 hari kerja.
Jika ada masalah serius yang terjadi antara Anda dan pembeli, Anda dapat memilih untuk melaporkan pembeli melalui Resolution Centre , dan kami akan dengan senang hati turun tangan untuk membantu.
Untuk melacak status pengembalian dana, buka bagian Pengembalian di eBay Saya > Penjualan. Setelah Anda memberikan pengembalian dana penuh kepada pembeli Anda, kami akan secara otomatis mengembalikan kredit Biaya Nilai Akhir Anda ke dalam tagihan bulanan Anda.

Pastikan Stok Barang Anda Dengan Baik Untuk Menghindari Pembatalan Transaksi
- Berlangganan Seller Hub untuk mengatur peringatan ketika barang anda hampir habis.
- Jika barang menjadi tidak tersedia, akhiri listing anda atau perbarui segera jumlah listing anda.
- Simpan barang-barang anda di tempat yang aman dan terlindungi untuk mencegah kerusakan atau kehilangan.
- Jika anda mengaktifkan fitur Out-Of-Stock, eBay dapat secara otomatis menyembunyikan listing multi-quality dan ‘Good’Til Cancelled’ ketika mereka mencapai jumlah nol.
Baca lebih lanjut mengenai fitur Out-Of-Stock

Komunikasi Adalah Kunci!
Bersiaplah untuk menjawab semua jenis pertanyaan dari pembeli. Anda dapat memilih untuk menjawab pertanyaan pembeli sendiri atau membuat Tanya jawab otomatis pada listing barang anda.
Untuk mengaktifkan pertanyaan otomatis, pergi ke My eBay > Account > Manage communication with buyer > Manage Questions and Answers to set them up
Setelah anda mengaktifkan fitur pertanyaan otomatis, pembeli anda dapat mengeklik ‘Ask a Question’ pada listing anda dan serangkaian pertanyaan yang telah dijawab sebelumnya yang disiapkan oleh anda akan diberikan. Mempersiapkan Tanya Jawab yang umum ditanyakan didepan akan membantu anda menghemat waktu dengan menjaga agar pertanyaan pembeli anda tetap dijawab meskipun anda sibuk. Bagaimanapun, waktu adalah uang !
Bukan itu saja, Anda juga dapat mengatur pesan otomatis untuk dikirim ke pembeli Anda setelah pembelian, untuk mengingatkan mereka untuk membayar, memberikan pelacakan yang telah Anda unggah, dan meminta mereka untuk meninggalkan umpan balik setelah mereka menerima paket. Memiliki ulasan yang baik sangat penting dalam meningkatkan Standar Kinerja Penjual (SPS) Anda juga.
Komunikasi yang jelas antara anda dan pembeli anda adalah salah satu cara terbaik untuk membangun kesetiaan. Jadi, jangan abaikan pembeli anda ! selesaikan masalah dengan cepat dalam waktu 3 hari untuk menghindari kasus diajukan terhadap anda. Jika masalah meningkat, ini akan sangat memengaruhi peringkat penjual anda.

Dorong Pembeli Untuk Membeli Lagi Dengan Cara
Perlakuan Yang Sama Untuk Semua Orang
Bangun Kepercayaan Dengan Menjadi Penjual Yang Responsif
Pantau Listing Dengan Cermat
Sediakan Layanan Pelanggan End-To-End
Mengamati
Up To Date