Mengapa Seller Performance Standards (SPS) sangat penting?

eBay telah memfasilitasi seller dengan platform, solusi dan support untuk pengembangan bisnis.

Sebagai timbal balik, eBay mengharapkan seller untuk konsisten memberikan customer service yang mengutamakan kepuasan pelanggan dari awal transaksi hingga akhir penjualan.
Oleh karena itu eBay menetapkan minimum performance standards yang harus dipenuhi oleh seller. Standard tersebut meliputi area yang sepenuhnya dapat di kontrol oleh seller, seperti handling time dan kecepatan pemberian solusi atas permasalahan yang timbul.
eBay sangat serius dalam hal perhitungan Seller Performance Standards (SPS). Agar Customer satisfaction tetap terjaga dan eBay terus diminati customer seluruh dunia sebagai tempat yang memiliki value khusus dan produk yang unik.

Strive to be at the top

Tabel dibawah ini menjelaskan bagaimana SPS akan mempengaruhi bisnis eBaymu.


Below Standard (BSTD) Above Standard (ASTD) eBay Top Rated Seller(eTRS)
Visibility listing akan diturunkan sebesar 20-50%. Buyer akan kesulitan mencari produkmu. Visibility listing akan tetap seperti biasa. Visibility listing akan dinaikkan sebanyak 20% sehingga akan lebih mudah ditemukan oleh buyer dan cenderung mendapatkan lebih banyak penjualan.
Sejak Q2 2017, BSTD seller akan membayar Final Value Fee 2% lebih mahal daripada Fee yang dibayar oleh ASTD di kategori yang sama. Tidak ada penalty atau benefit. Potongan 10% pada Final Value Fee jika menawarkan 1 day handling time dan > 30-day free returns
Jika Standards tetap dalam keadaan BSTD dari bulan ke bulan, maka akan dikenakan selling restrictions. Top Rate badge akan tercantum dalam setiap listing yang akan menghasilkan kepercayaan buyer.
Jika kondisi BSTD terus menerus terjadi selama lebih dari 60 hari, maka Premium dan Anchor Store akan dipaksa turun menjadi Basic.

CBT Seller Dashboard

Jika seller berhasil mencapai level eBay Top Rated Seller, maka seller akan menikmati visibility listing lebih tinggi dan membayar lebih sedikit Final Value Fees kepada eBay*. Dengan kata lain seller mendapatkan lebih banyak penjualan dan profit! Ditambah lagi seller juga akan mendapatkan cap Top Rated disetiap listing yang tentunya akan menambah kepercayaan dan keyakinan buyer untuk berbelanja di seller yang sudah terbukti bertanggung jawab.
Kunjungi Top Rated program page untuk mempelajari lebih dalam lagi mengenai hal ini.

Seller Performance Standards dapat dilihat di My eBay > Account > Seller Dashboard

Atau dapat mengunjungi https://sellerstandards.ebay.com/dashboard untuk melihat performa suatu seller di berbagai international market. Disertai juga dengan detailed performance history.

Info detail mengenai CBT Seller Dashboard
CBT Seller Dashboard

How are standards calculated?

  • Untuk mendapatkan SPS yang bagus, seller diharapkan untuk:
  • Secara cepat mengatasi customer issues
  • Mengirimkan barang tepat waktu sebelum handling time berakhir.
  • Mengelola inventory dan menjaga agar stock tetap ada.
  • Mencantumkan biaya shipping dan handling yang wajar.
  • Secara spesifik mencantumkan harga shipping dan durasi handling time pada listing.
  • Mengikuti return policy yang telah ditetapkan.
  • Merespon setiap pertanyaan buyer dengan segera.
  • Selalu membantu, friendly dan professional selama transaksi berlangsung.
  • Memastikan barang yang diterima oleh buyer memiliki deskripsi yang sesuai dengan yang tercantum dalam listing.
  • Sebaliknya, berikut adalah hal-hal yang harus dihindari untuk menjaga level SPS di eBay store.
  • Secara cepat mengatasi customer issues
  • Mengirimkan barang tepat waktu sebelum handling time berakhir.
  • Mengelola inventory dan menjaga agar stock tetap ada.
  • Mencantumkan biaya shipping dan handling yang wajar.
  • Secara spesifik mencantumkan harga shipping dan durasi handling time pada listing.
  • Mengikuti return policy yang telah ditetapkan.
  • Merespon setiap pertanyaan buyer dengan segera.
  • Selalu membantu, friendly dan professional selama transaksi berlangsung.
  • Memastikan barang yang diterima oleh buyer memiliki deskripsi yang sesuai dengan yang tercantum dalam listing.

Tabel dibawah ini mengilustrasikan bagaimana evaluasi akan dikenakan kepada kegiatan penjualan.

Factor Above Standard Top Rated
Transaction defect rate

  1. Seller menyatakan cancel transaksi akibat Out of Stock.
  2. Cases closed witdout seller resolution, karena:
    1. Item Not Received (INR)
    2. Item Not As Described (INAD)
Maksimal 2% dari transaksi dimana alamat buyer berasal dari region sesuai domain penjualan. Maksimal 0.5% dari transaksi dimana alamat buyer berasal dari region sesuai domain penjualan.
Late shipment ≤ 3%
Cases closed witdout seller resolution, karena

  1. Item Not Received ( INR )
  2. Item Not as Described (INAD)
0.3& dari transaksi dimana alamat buyer berasal dari region sesuai domain penjualan. 0.3& dari transaksi dimana alamat buyer berasal dari region sesuai domain penjualan.
Tracking uploaded on time and validated 95%

Evaluation by region

eBay juga melakukan evaluasi SPS berdasarkan setiap region yang mencantumkan produknya. Seperti “US”, “UK & Ireland”, “Germany, Austria and Switzerland” and “Global”.

Untuk menjaga leval excellent SPS, seller harus memastikan bahwa mereka berada di level Above Standard untuk setiap region.

Seller akan tetap menghadapi konsekuensi Below Standard apabile memiliki status Above Standard di region US namun Below Standard di region Global.

Setiap Standard region dikalkulasi berdasarkan jumlah transaksi yang terjadi dalam periode 3 atau 12 bulan dari buyer yang alamatnya tercantum dalam region tersebut.

Oleh karena itu seller wajib untuk menjaga performa SPS di semua region. Jika kamu merupakan seller baru di eBay, alangkah lebih baik mengkonsentrasikan penjualan di satu region saja. Nanti ketika sudah mendapatkan score SPS yang tinggi, kamu dapat melebarkan sayap bisnis ke region yang lain.

Evaluation by region

Evaluation Cycle

Evaluation Cycle

eBay mengevaluasi performance pada tanggal 20 setiap bulannya.

Durasi waktu evaluasi akan ditentukan berdasarkan banyaknya transaksi yang dimiliki.

Jika mencapar 400 transaksi atau lebih dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, maka seller akan dievaluasi dari transaksi yang terjadi di masa 3 bulan tersebut.

Jika seller memiliki transaksi kurang dari 400 transaksi dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, maka seller akan di evaluasi berdasarkan jumlah transaksi yang terjadi dalam masa 12 bulan Perbedaan waktu ini diadakan agar eBay dapat melakukan evaluasi seadil mungkin.

Berikut adalah contoh bagaimana evaluasi bulanan bekerja:

  • Misalnya hari ini adalah tanggal 20 Maret 2018. Seller memiliki total 1000 transaksi dalam kurun waktu 3 bulan kebelakang dari 1 Desember-28 Februari 2018, namun diantaranya hanya 200 transaksi berasal dari buyer yang beralamat di region USA.
  • Maka untuk evaluasi region USA di bulan Maret, seller akan dievaluasi berdasarkan transaksi, defects dan faktor lain yang terjadi dalam kurun waktu 12 bulan, mulai dari 1 Maret 2017 hingga 31 Maret 2018.

Evaluation Cycle

Learn how to protect & maintain you Seller Performance Standards

Pelajari bagaimana cara melindungi dan menjaga Seller Performance Standards