Mengapa Seller Performance Standards (SPS) sangat penting?

eBay telah memfasilitasi seller dengan platform, solusi dan support untuk pengembangan bisnis.

Sebagai timbal balik, eBay mengharapkan seller untuk konsisten memberikan customer service yang mengutamakan kepuasan pelanggan dari awal transaksi hingga akhir penjualan.
Oleh karena itu eBay menetapkan minimum performance standards yang harus dipenuhi oleh seller. Standard tersebut meliputi area yang sepenuhnya dapat di kontrol oleh seller, seperti handling time dan kecepatan pemberian solusi atas permasalahan yang timbul.
eBay sangat serius dalam hal perhitungan Seller Performance Standards (SPS). Agar Customer satisfaction tetap terjaga dan eBay terus diminati customer seluruh dunia sebagai tempat yang memiliki value khusus dan produk yang unik.

Strive to be at the top

Tabel dibawah ini menjelaskan bagaimana SPS akan mempengaruhi bisnis eBaymu.


Below Standard (BSTD) Above Standard (ASTD) eBay Top Rated Seller(eTRS)
Visibility listing akan diturunkan sebesar 20-50%. Buyer akan kesulitan mencari produkmu. Visibility listing akan tetap seperti biasa. Visibility listing akan dinaikkan sebanyak 20% sehingga akan lebih mudah ditemukan oleh buyer dan cenderung mendapatkan lebih banyak penjualan.
Sejak Q2 2017, BSTD seller akan membayar Final Value Fee 2% lebih mahal daripada Fee yang dibayar oleh ASTD di kategori yang sama. Tidak ada penalty atau benefit. Potongan 10% pada Final Value Fee jika menawarkan 1 day handling time dan > 30-day free returns
Jika Standards tetap dalam keadaan BSTD dari bulan ke bulan, maka akan dikenakan selling restrictions. Top Rate badge akan tercantum dalam setiap listing yang akan menghasilkan kepercayaan buyer.
Jika kondisi BSTD terus menerus terjadi selama lebih dari 60 hari, maka Premium dan Anchor Store akan dipaksa turun menjadi Basic.

How are standards calculated?

  • Untuk mendapatkan SPS yang bagus, seller diharapkan untuk:
  • Secara cepat mengatasi customer issues
  • Mengirimkan barang tepat waktu sebelum handling time berakhir.
  • Mengelola inventory dan menjaga agar stock tetap ada.
  • Mencantumkan biaya shipping dan handling yang wajar.
  • Secara spesifik mencantumkan harga shipping dan durasi handling time pada listing.
  • Mengikuti return policy yang telah ditetapkan.
  • Merespon setiap pertanyaan buyer dengan segera.
  • Selalu membantu, friendly dan professional selama transaksi berlangsung.
  • Memastikan barang yang diterima oleh buyer memiliki deskripsi yang sesuai dengan yang tercantum dalam listing.
  • Sebaliknya, berikut adalah hal-hal yang harus dihindari untuk menjaga level SPS di eBay store.
  • Secara cepat mengatasi customer issues
  • Mengirimkan barang tepat waktu sebelum handling time berakhir.
  • Mengelola inventory dan menjaga agar stock tetap ada.
  • Mencantumkan biaya shipping dan handling yang wajar.
  • Secara spesifik mencantumkan harga shipping dan durasi handling time pada listing.
  • Mengikuti return policy yang telah ditetapkan.
  • Merespon setiap pertanyaan buyer dengan segera.
  • Selalu membantu, friendly dan professional selama transaksi berlangsung.
  • Memastikan barang yang diterima oleh buyer memiliki deskripsi yang sesuai dengan yang tercantum dalam listing.

Tabel dibawah ini mengilustrasikan bagaimana evaluasi akan dikenakan kepada kegiatan penjualan.

Factor Above Standard Top Rated
Transaction defect rate

  1. Seller menyatakan cancel transaksi akibat Out of Stock.
  2. Cases closed witdout seller resolution, karena:
    1. Item Not Received (INR)
    2. Item Not As Described (INAD)
Maksimal 2% dari transaksi dimana alamat buyer berasal dari region sesuai domain penjualan. Maksimal 0.5% dari transaksi dimana alamat buyer berasal dari region sesuai domain penjualan.
Late shipment ≤ 3%
Cases closed witdout seller resolution, karena

  1. Item Not Received ( INR )
  2. Item Not as Described (INAD)
0.3& dari transaksi dimana alamat buyer berasal dari region sesuai domain penjualan. 0.3& dari transaksi dimana alamat buyer berasal dari region sesuai domain penjualan.
Tracking uploaded on time and validated 95%

Learn how to protect & maintain you Seller Performance Standards

Pelajari bagaimana cara melindungi dan menjaga Seller Performance Standards