Membangun Kepercayaan Customer

Segala sesuatu yang perlu kamu ketahui tentang Feedback Scores and Detailed Seller Ratings.

Here’s how it works.
Ketika seller menjual suatu barang di eBay, buyer dapat memberikan rating untuk pengalaman berbelanjanya. Rating tersebut akan menjadi bagian dari nilai keseluruhan feedback dan detailed seller rating.

Untuk detail lebih lanjut mengenai performance suatu account, dapat dilihat juga bagian Detailed Seller Rating (DSR).


1

Item description

Seberapa akurat suatu produk di deskripsikan dalam listing. Termasuk didalamnya deskripsi, item specification dan foto..


2

Communication

Apakah seller dianggap berkomunikasi baik dengan buyer?



3

Shipping time

Seberapa cepat seller mengirimkan order dan seberapa cepat buyer menerima paket sesuai dengan Estimated Delivery Date (EDD) yang dijanjikan.)


4

Shipping and Handling charges

Apakah harga pengiriman yang ditawarkan seller masuk akal?
Tip: Jika listing memberikan free shipping, maka bagian rating ini akan otomatis menjadi 5 stars!


Untuk berada dalam peringkat eBay’s Top Seller, kamu harus memiliki lebih dari 100 positive seller feedbacks dengan score diatas 98%.
Jangan khawatir, untuk mencapai level tersebut tidak sesulit ujian sekolah. Simak caranya dibawah ini:

What are the best practices to maintain a good feedback score?

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan performa seller feedback:

1. Tanggap komunikasi dan cepat menjawab apapun pertanyaan dari buyer, dalam kurun waktu kurang dari 24 jam

Apabila memungkinkan, cek pertanyaan secara berkala selama jam kerja. Karena biasanya seller akan menanyakan pertanyaan serupa ke beberapa seller, dan mereka akan cenderung membeli dari seller yang paling cepat menjawab. Buyer berpikir bahwa seller yang paling responsif adalah seller yang bertanggung jawab dan juga akan mengirimkan produk secepatnya.

2.Investasi di shipping service yang memiliki end-to-end tracking

Hal ini merupakan opsi terbaik yang dapat dimiliki seller sekaligus sebagai proteksi terbaik dari kasus barang hilang atau paket terlambat datang.

3. Tingkatkan jumlah positive transactions dengan cara menjadi seller yang:

  • Bertanggung jawab, sopan, menolong dan membantu.
  • Memastikan tidak ada cacat di transaksi.
  • Memastikan produk yang dikirim memiliki deskripsi dan spesifikasi yang sesuai dengan listing.
  • Memastikan paket terbungkus dengan aman.
  • Mempercepat proses handling dan shipping.
  • Menggunakan shipping courier yang dapat diandalkan.
  • Tidak pernah menjanjikan hal yang tidak bisa dipenuhi.
  • Memberikan waktu pengiriman yang realistis.

4.Naik banding negative feedback yang tidak adil.

Jika mendapatkan negative feedback yang tidak adil, maka mintalah secara sopan untuk merubahnya. Seller memiliki waktu 90 hari untuk membujuk buyer untuk merubah feedback, mungkin dapat disertai dengan pemberian insentif tambahan berupa bonus atau pemberian garansi.

5. Seller dapat menyelipkan “thank you” note simple kedalam paket.

Suatu usaha sederhana yang sangat diapresiasi oleh buyer dan berdampak kepada pemberian positive feedback.

Gaining more feedback & Dealing with Unfair Negative Feedback


1

My buyer won't leave me feedback. What should I do?

Jika transaksi sudah selesai dan buyer tidak memberikan feedback, maka seller dapat melakukan reminder melalui message. Namun perlu diingat bahwa pemberian feedback merupakan kesukarelaan buyer, jadi jangan memaksa. Bisa jadi buyer akan meninggalkan negative feedback negative karena merasa terganggu oleh seller yang terlalu memaksa.


2

I received negative feedback which I don't think is fair. What can I do?

Kamu dapat merespon feedback tersebut dengan menginformasikan situasi sebenarnya dari sisi seller. Seller juga memiliki 5 kesempatan untuk meminta buyer merevisi feedbacknya dari setiap 1000 feedback.



3

I received a feedback that violates eBay policies. What should I do?

Jika seller merasa buyer melanggar ketentuan feedback policy, maka seller dapat meminta eBay untuk menghapusnya. eBay akan melakukan review dan memberikan keputusan akhir berupa penghapusan feedback atau hanya menghapus comment atau rating.