Cara menyelesaikan masalah buyer yang tidak melakukan pembayaran (Unpaid Items issue)

Seller telah melakukan berbagai usaha untuk membuat listing terlihat dan di beli oleh buyer. Tetapi terkadang buyer tidak membayar tepat waktu atau bahkan tidak melakukan pembayaran sama sekali. Kondisi ini akan sangat merugikan seller.

Apa yang harus dilakukan seller?

eBay memiliki fitur Immediate Payment dimana buyer diwajibkan untuk langsung melakukan pembayaran pada saat proses pembelian berlangsung. Selama seller belum menerima pembayaran maka listing akan tetap aktif dan produk bisa saja di beli oleh orang lain. Dengan cara ini maka seller tidak perlu repot menagih pembayaran dan melakukan update quantity pada listing.
Sayangnya, immediate payment tidak berlaku untuk listing jenis auction dan listing dengan fitur Best Offer.
Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan penagihan kepada buyer:

Setelah seller melakukan opening case, buyer memiliki waktu 4 hari untuk merespon atau melakukan pembayaran.

Jika buyer tidak membayar:

Pada hari kelima dan tidak ada pembayaran masuk, maka:

  • Seller akan dikenakan Final Value Fees (FVF) yang merupakan persentase biaya eBay untuk setiap barang yang terjual.
  • Di eBay US dan UK, insertion fee akan di refund untuk relisting. Silahkan cek ketentuan di ebay.com dan ebay.co.uk untuk insertion fee credit.

Apa yang akan terjadi setelah Unpaid Item Case di buka?

Jika buyer melakukan pembayaran maka Unpaid Item Case akan ditutup. Seller akan menerima email yang menyatakan bahwa kasus telah ditutup.
Jika buyer tetap tidak melakukan pembayaran maka seller akan menerima email bahwa Final Values Fees (FVF) telah dikembalikan oleh eBay.

Setelah beberapa kasus unpaid item, buyer akan disuspend dari eBay. Oleh karena itu sangat penting bagi seller untuk membuka unpaid item case untuk menandai buyer yang seringkali tidak melakukan pembayaran.

Setelah eBay dan seller yakin bahwa pembayaran tidak diterima, maka seller dapat menawarkan produk kepada pembeli dengan penawaran tertinggi kedua (second chance offer).

Bagaimana jika buyer memberikan seller negative feedback?

Untuk transaksi yang berhubungan dengan unpaid item, negative feedback yang diberikan oleh buyer akan dihapus secara otomatis, Apabila:


1

Buyer tidak membayar atau tidak merespon terhadap unpaid item case

2

Buyer di suspended



3

Komunikasi buyer di dalam Resolution center menyepelekan proses Unpaid Item dan eBay feedback system


Dapatkah eBay membantu seller untuk secara otomatis mengatasi kasus Unpaid Payments?

Ya, untuk menghemat waktu dan tenaga, seller dapat mengaktifkan Unpaid Item Assistants yang secara otomatis memberikan akses kepada eBay untuk secara otomatis membuka dan menutup kasus atas nama seller.

Seller dapat memggunakan Unpaid Item Assistant jika:

  • Menggunakan eBay checkout, yang berarti buyer akan membayat menggunakan standard checkout flow, bukan membayar menggunakan cash delivery atau cheque.
  • Pembayaran menggunakan Paypal atau credit/debit card.

Untuk mengaktifkan fitur ini, maka masuk ke My eBay > My Account > Preference > Unpaid Item Preferences

Benefits of Unpaid Items Assistant


1

Seller dapat mengatur preferensi untuk menerima notifikasi dan secara otomatis melakukan relisting setelah kasus ditutup tanpa pembayaran

2

Seller memiliki opsi untuk mengecualikan buyer dari unpaid item cases yang secara otomatis dibuat.



3

Feedback dari buyer yang belum membayar akan di block otoamtis oleh Unpaid Item Assistant. Mereka tidak dapat memberikan feedback apapun hingga kasus ditutup dan seller menerima pembayaran.