Cara Mengatasi dan Mengurangi INAD

Pahami cara mengatasi kasus dan mencegah kesalahpahaman

Terkadang penglihatan bisa salah, T-shirt berwrna aquamarine terlihat hijau karena faktor satu dan lainnya. Detail produk juga tidak selalu sempurna, kadang-kadang ada cacat di kancing atau lubang kecil. Cacat produk tersebut dinamakan INAD atau Item Not As Described dalam Istilah eBay.
Seller tentunya telah berusaha maksimal untuk meminimalisir cacat produk. Tetapi jika hal tersebut tetap terjadi, simak pembahasan dibawah ini untuk melihat bagaimana cara menyelesaikannya secara efisien dan efektif.

Apa yang dimaksud dengan INAD?

INAD merupakan singkatan dari Item Not as Described. Merupakan kondisi produk yang tidak sesuai dengan ekspektasi buyer mencakup ketidaksesuaian pada listing title, photo, item specifics dan item description.

Seller harus mengetahui dan menyelesaikan masalah dalam kurun waktu 3 hari kerja ( disebut juga SMIR period atau Seller Make It Right). Penyelesaian masalah dapat berupa return, refund atau replacement penggantian produk.

Jika masalah tidak diselesaikan dalam waktu 3 hari kerja maka kasus akan di bawa ke eBay. Jika eBay menyatakan bahwa buyer yang menang, maka seller akan mendapatkan defect yang tentunya berpengaruh kepada seller performance (SPS).

Apa yang dimaksud dengan INAD?

Berikut adalah keluhan utama INAD:


1

Produk cacat/defective

Berbagai kondisi bisa dikategorikan sebagai defct. Mulai dari restleting rusak hingga ke goresan pada permukaan produk.


2

Produk tidak sesuai dengan deskripsi dan photo

Penyebutan berbagai macam warna biru tidak disangka bisa juga menjadi sumber permasalahan. .


3

Produk yang diterima tidak sesuai yang dipesan.

Perbedaan kode model yang mirip seperti X-T100 dan X100T model dapat menjadi pemicu INAD.



4

Parts tidak lengkap/hilang sebagian

Terdapat beberapa produk yang bagaikan puzzle, terlalu banyak komponen dan aksesorisnya.


5

Produk diterima dalam kondisi rusak.

Jadikan bubble wraps dan polystyrene sheets sebagai sahabat sejatimu.


6

Produk tidak original/authentic

Apakah kamu yakin produk yang dijual merupakan produk original dilengkapi dengan bukti keasliannya?


Catatan: Jika buyer meminta return untuk produk yang tidak lagi mereka inginkan, maka hal ini dikategorikan sebagai buyer remorse dan request tersebut tidak akan dikategorikan sebagai INAD request.

Bagaimana performa INAD-mu?

Apakah 5 INAD return merupakan hal yang buruk? Jika seller menjual 1000 produk, maka 5 return merupakan hal kecil dalam bisnis. Namun jika seller hanya menjual 5 produk dan kelimanya dikembalikan oleh buyer, maka hal tersebut tidak baik bagi bisnis manapun.

Seller dapat melakukan pengecekan bagaimana INAD returns dibandingkan dengan seller lain yang menjual kategori produk yang sama:

Dalam halaman tersebut, seller dapat melihat total transaksi yang dimiliki, jumlah dan breakdown INAD returns serta posisi seller berada diantara seller lainnya.

  1. Masuk ke Seller Hub di My eBay
  2. Pilih Selling, lalu klik Performance
  3. Klik Service Metrics.

Misalkan rata-rata INAD returns di suatu group seller adalah 0.83%. Jika maka jika kamu memiliki 5 INAD dari 1000 0.5%, maka peringkatmu masih aman karena berada dibawah rata-rata below the average. Dengan menjaga quality control maka bisnis akan semakin lancar.

Bagaimana performa INAD-mu?

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Secara ideal akan lebih baik apabila INAD dapat ditekan seminimal mungkin. Berikut adalah hal yang seller bisa lakukan untuk mencegahnya:

  1. Teliti dengan item description.
    Anggaplah semua buyer lebih pintar . Mereka adalah golongan buyer yang akan melakukan penelitian dan perbandingan sana sini sebelum memutuskan membeli produk dari seller. Jadi sebisa mungkin Buatlah deskripsi produk se-transparan mungkin.
  2. Jangan lupakan Item specifics! Karena Item specific terletak dibagian atas serta mudah ditemukan oleh buyer.
  3. Photo tidak menyesatkan. Syarat utama produk adalah high quality images yang diambil dari berbagai angle. Namun penting juga bagi seller untuk tidak mengedit foto secara berlebihan Sehingga tidak sesuai dengan warna dan tampilan aslinya.
  4. Cantumkan return dan refund policy yang jelas. Jelaskan dari awal sehingga buyer mengetahui sebelum memutuskan membeli produk.
  5. Hindari menjual produk yang memiliki cacat produksi. Seperti pepatah mengatakan  As the saying goes, if it isn’t broken, don’t fix it. But if it is, don’t sell it.
  6. Hindari menjual produk palsu. Seller bertanggung jawab untuk produk yang dipasarkan. Di eBay semua produk yang dijual tanpa memiliki copyright dan trademark pemilik aslinya akan dikategorikan sbagai unauthorized dan segera dihapus.
  7. Pastikan semua produk dan kelengkapan sempurna sebelum pengiriman. Jika produk memiliki 15 sekrup, Pastikan semuanya lengkap dan terkirim. Walaupun buyer menerima jumlah 14 hamper lengkap, tetapi tetap saja buyer bisa membuka kasus INAD secara sah dan berhak meminta replacement atau return.

Pelajari eBay's Listing Best Practices
Mencegah lebih baik daripada mengobati

Cara terbaik menghindari INAD

Terdapat beberapa opsi yang tersedia ketika seller mendapatkan INAD request, diantaranya:

  1. Accepting the return. Seller membayar biaya shipping untuk return dan memberikan shipping label kepada buyer. Sangat penting untuk menunggu produk kembali kepada seller sebelum melakukan refund kepada buyer untuk menghindari kemungkinan fraud.
  2. Offering a replacement with a similar/different item. Buyer dapat memilih antara menerima produk pengganti atau mendapatkan refund.
  3. Issuing a full refund/partial refund. Kedua cara tersebut akan menyebabkan barang tetap ditangan buyer. Untuk partial refunds, seller hanya memiliki 1 kesempatan untuk menawarkan jumlah refund. Opsi ini berguna jika buyer tidak sepenuhnya puas dengan barang yang dibelinya, misalkan terdapat sedikit goresan tapi buyer masih mau menyimpannya.

Seller memiliki pilihan untuk berkomunikasi dengan buyer via message perihal INAD request, atau meminta bantuan eBay jika memiliki kesulitan menyelesaikan masalah.

Hal diatas merupakan solusi cepat dan jangka pendek untuk menyelesaikan masalah INAD. Dalam jangka panjang seller harus mempertimbangkan perbaikan di item descriptions, mengganti supplier atau bahkan menghapus listing apabila masalah terus menerus timbul. Jika mendapatkan kasus INAD untuk produk yang tidak bermasalah, maka seller dapat meminta bantuan eBay atau melakukan appeal.

Cara terbaik menghindari INAD

Handling Fraud

Walaupun jarang terjadi, namun ada kasus dimana buyer mengembalikan produk yang berbeda dengan yang dijual seller, atau produk dalam kondisi rusak atau seller merasa ditipu oleh buyer. Maka hal yang harus dilakukan adalah:

  1. Foto barang yang diterima dari buyer.
  2. Upload ke eBay dan nyatakan bahwa seller tidak dapat melakukan refund karena dicurigai terdapat kecurangan/fraud.
  3. Buatlah online report di kepolisian negara buyer berada.
  4. Masukan police report di eBay
  5. Repot buyer secara internal di eBay pada: http://spd.ebay.com/RBASellerHub.

Seller juga dapat memberikan peringatan kepada buyer bahwa dia telah dilaporkan kepada kepolisian setempat dan mereka sedang melakukan proses investigasi. Setelah kasus ditutup maka segera block buyer.

Handling Fraud

Cara melakukan Refunds

Untuk melakukan full refund:

  1. Masuk ke Returns dashboard.
  2. Pilih See return details yang terletak dibawah “Actions”.
  3. Pilih Give a full refund lalu klik Continue.
  4. Pada halaman selanjutnya, akan terlihat jumlah refund. Piih refund the buyer.

Untuk melakukan partial refund:

  1. Masuk ke Returns dashboard.
  2. Pilih return details yang terletak dibawah “Actions”.
  3. Pilih Offer a partial refund lalu klik Continue.
  4. Pada halaman selanjutnya, masukkan jumlah yang akan di refund kepada buyer, lalu Send Offer.

Cara melakukan Refunds