Strategi Promosi untuk membantu Anda menjual lebih banyak

Mempromosikan eBay store Anda adalah kunci dalam menjual barang-barang Anda dan menghasilkan pendapatan yang sehat.

Strategi promosi yang dirancang dengan baik memastikan keberhasilan jangka panjang, mendatangkan lebih banyak pelanggan, dan memastikan keuntungan bagi bisnis eBay Anda. Secara umum, mempromosikan toko Anda menciptakan kesadaran merek yang membantu orang menemukan lebih banyak tentang Anda dan produk Anda dan akibatnya mengarah pada pembelian. Semakin Anda mempromosikan merek Anda, semakin Anda terlihat oleh pembeli dan semakin mereka akan tertarik akan barang yang Anda jual.

Mempromosikan eBay store Anda

akan membantu Anda dengan berbagai cara:


1

Tingkatkan Brand Awareness


2

Berikan informasi yang benar


3

Menambah jumlah pelanggan



4

Menambah penjualan dan keuntungan


5

Memberikan Anda keunggulan atas pasar eBay yang kompetitif.


Namun, strategi promosi yang tidak terstruktur mungkin tidak berhasil dalam menjangkau audiens target Anda atau mencapai target penjualan Anda. Yang Anda butuhkan adalah rencana promosi strategis dan dipikirkan dengan matang. Itu tidak rumit sekalipun. Di sini, kami akan memberi tahu Anda caranya.

1. Tentukan target untuk promosi Anda

Menetapkan tujuan yang jelas untuk promosi Anda akan membantu menentukan strategi Anda untuk mencapai target Anda.

Berikut adalah beberapa target numerik nyata yang dapat Anda tetapkan:

  • Pendapatan yang ingin dicapai
  • Keuntungan yang ingin dicapai
  • Jumlah yang akan dibelanjakan untuk pemasaran
  • Jumlah orang yang perlu dijangkau oleh toko eBay Anda
  • Berapa banyak produk yang perlu Anda jual untuk mencapai target pendapatan

Menyiapkan target akan memberi Anda jalan yang jelas di depan. Dengan cara ini, Anda akan tahu apa yang ingin Anda capai pada akhir tahun. Karena itu, Anda dapat menginvestasikan dana Anda sesuai dan merencanakan pengeluaran sepanjang tahun dan rencana laba.

Anda dapat melacak kinerja promosi Anda di Seller Hub di tab “Pemasaran” untuk memastikan Anda mendapatkan ROI (Return on Investment) yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda.

1. Tentukan target untuk promosi Anda

2. Gunakan Promotions Manager!

Promotions Manager adalah eBay tool yang cepat dan mudah yang memungkinkan Anda untuk memasarkan produk Anda seperti seorang profesional. Anda dapat membuat special offers serta menyesuaikan diskon dan kupon untuk memberikan insentif sehingga pembeli akan membeli lebih banyak produk Anda dan meningkatkan pengeluaran dengan setiap pesanan. Gunakan untuk meningkatkan visibilitas item Anda dan memindahkan inventaris lebih cepat!

Pelajari lebih lanjut
2. Gunakan Promotions Manager!

3. Upsell and Cross-Sell

Biasanya, ketika Anda memikirkan promosi, Anda akan memikirkan diskon atau penurunan harga.

Namun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan strategi “Upsell and Cross-Sell” untuk mendorong pembeli membeli dan belanja lebih banyak.

Berikut adalah beberapa contoh dari apa yang kami maksud dengan “Upsell and Cross-Sell”

Contoh 1: Berikan peningkatan nilai produk kepada pelanggan Anda.

Katakanlah Anda menjual kacamata hitam. Berikut adalah beberapa contoh promosi “Upsell and Cross-Sell” yang dapat Anda tawarkan kepada pembeli Anda dengan memberi nilai tambah.

  1. Tingkatkan ke lensa terpolarisasi (atau perangkat perawatan kacamata hitam penuh) dengan biaya tambahan yang menarik untuk mendorong pengeluaran yang lebih besar.
  2. Beli kacamata hitam biasa seharga USD50, tambahkan USD5 untuk upgrade ke lensa terpolarisasi.

Untuk membuat jenis promosi ini, gunakan fitur multi-variasi dan pastikan untuk mengiklankannya dalam deskripsi item Anda.

3. Upsell and Cross-Sell

Contoh 2: Pembelian dengan sistem paket barang yang sama.

Jika Anda menjual kebutuhan sehari-hari seperti sikat gigi misalnya, Anda dapat menawarkan promosi “Upsell and Cross-Sell” untuk memotivasi pembeli Anda membeli lebih dari satu saja.

  • Beli 1 seharga USD6 sebuah atau
  • Beli 2 seharga USD4 sebuah atau
  • Beli 3 seharga USD3 sebuah

Untuk membuat promosi ini, buat promosi “Volume price discount” melalui Promotions Manager.

Contoh 3: Motivasi pembelian barang di toko Anda.

Mengetahui kapan harus menawarkan promosi juga merupakan strategi yang baik. Misalnya, waspadai tren atau kebutuhan musiman. Jika musim dingin akan datang, ini adalah waktu terbaik untuk menjual pakaian musim dingin seperti jaket, sarung tangan, dan pakaian termal. Anda kemudian dapat mendorong pembeli untuk membeli lebih dari satu jenis pakaian musim dingin untuk persiapan musim.

• Beli 3 potong pakaian musim dingin dan nikmati diskon 30%.

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan buat Diskon Harga Pemesanan melalui Promotions Manager.

Tip: Uji berbagai promosi “Upsell / Cross-sell” hingga Anda menemukan yang memberi Anda penjualan dan pengembalian terbanyak.

4. Insentif untuk pembeli langganan.

Pelanggan yang datang kembali adalah aset besar bagi penjual. Itulah sebabnya penting bagi setiap penjual eBay untuk menciptakan pelanggan yang loyal.

Anda dapat melakukan ini di eBay dengan menawarkan insentif untuk mendorong pembelian berulang. Gunakan fitur Kupon Tanpa Kode Kupon pada Promotions Manageruntuk mengaktifkan ini.

Contoh:

Nikmati diskon 10% eksklusif saat Anda menghabiskan 20 USD atau lebih untuk pembelian Anda berikutnya.

Kupon tanpa kode menghasilkan URL unik dan hanya pembeli dengan URL yang dapat menikmati promosi. Sebagai penjual Anda dapat memasukkan URL unik ke dalam catatan “Terima Kasih” yang termasuk dalam pengiriman.

Anda juga dapat membuat Kupon Tanpa Kode Kupon untuk menarik pembeli pertama kali dengan memposting tautan di media sosial atau saluran pemasaran di luar eBay.

Tip 1: Pastikan Anda memberikan layanan dan produk yang sangat baik sejak awal. Jika pembeli pertama kali memiliki pengalaman buruk, pasti mereka tidak akan kembali tidak peduli seberapa bagus promosi itu.

Tip 2: Manfaatkan peluang cross-promotion di semua media sosial Anda yang lain.

4. Insentif untuk pembeli langganan.

5. Buat Brand Identity

Jadi, Anda adalah penjual eBay sekarang. Anda telah membuat inventory Anda di eBay, mengoptimalkan listing Anda dan membangun layanan pelanggan Anda. Pembeli senang membeli dari Anda. Semua baik dan bagus.

Apa langkah selanjutnya?

Untuk tetap menonjol dan diingat dengan cara menciptakan identitas Anda sendiri.

Bertentangan dengan pandangan umum, branding bukan hanya untuk perusahaan besar. Bahkan, jika Anda berjualan di eBay, Anda sudah memberi Branding bisnis Anda 24/7 melalui:

  • eBay Store name, store logo, store banners, description, etc.
  • Listings
  • Customer service
  • Packaging
  • Printed business materials – business cards, thank you notes and stickers!

Segala sesuatu yang Anda lakukan sehubungan dengan bisnis Anda menyatakan sesuatu tentang Brand Anda. Anda mungkin telah berpikir selama ini – “Saya tidak punya waktu untuk branding.” Namun, pada kenyataannya, Anda sudah melakukan branding setiap hari. Ini hanya masalah pesan yang Anda sampaikan

5. Buat Brand Identity

Bagaimana Menciptakan Brand Identity

Anda tidak harus menjadi Ahli soal Brand untuk menciptakan Brand Identity yang mengesankan. Membangun sebuah Brand tidak harus rumit. Berikut ini beberapa langkah sederhana:

a. Pertama dan terpenting, buat panduan style yang mudah dan selalu patuhi panduan tersebut . Inilah cara sederhana untuk memulai:

  • Pilih 2 atau 3 warna yang Anda suka.

Tip: Jangan terlalu banyak warna. Anda tidak ingin identitas merek yang “terlalu ramai.” Sederhana namun kuat lebih bermartabat dan profesional yang menciptakan rasa percaya diri pada Brand Anda di antara pengunjung dan pembeli.

  • Pilih font yang dapat dibaca. Pilih ukuran dan style yang ramah pembaca.

Tip: Jangan menggunakan font yang berlebihan. Mereka mungkin tidak mudah dibaca terutama di layar kecil seperti smartphone.

  • Buat logo menggunakan warna dan font yang Anda pilih.

Tip:
Pastikan logo Anda mengikuti trend, sederhana, profesional, dan mudah diingat.

b. Desain eBay Store Anda dan Banner mengikuti panduan style Anda.

Sekali lagi, pikirkan kemudahan pembaca. Teratur dan mudah dibaca serta dinavigasi.

Bagaimana Menciptakan Brand Identity

c. Buat media cetak (kemasan, ucapan terima kasih, kartu nama, dll.) Dan pastikan itu mengikuti panduan style Anda sehingga Brand Identity Anda konsisten sehingga lebih diingat dan mudah dikenali.

Bayangkan Anda adalah pelanggan. Visualisasikan pengalaman unboxing mereka. Katakanlah Anda baru saja mengirim blus yang dibungkus dengan hati-hati dengan kertas tisu, dengan stiker yang ditempelkan padanya yang menampilkan nama dan logo bisnis Anda, disertai dengan kartu “Terima Kasih atas Pesanan Anda” yang tercetak dengan tampilan dan nuansa yang sama dengan eBay store Anda.

Ini adalah jenis sentuhan yang mengatakan, “Saya seorang profesional. Saya serius dengan bisnis saya. Saya bekerja ekstra. ” Sentuhan kecil namun bermakna inilah yang membuat Anda menonjol dari kompetisi, mendorong pelanggan untuk terus datang kembali.

Ketika kerajaan eBay Anda tumbuh, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memberikan hadiah yang terjangkau namun bijaksana dan praktis dengan pesanan Anda juga. Misalnya, kantong terjangkau atau tas daur ulang dengan logo Anda tercetak di atasnya.

d. Dikenal karena customer service superior Anda

Bahkan panduan style dan pengemasan yang bagus pun tidak akan membantu Brand Anda jika customer service dan produk Anda berkualitas buruk. Jadi, berusahalah memberi pelanggan Anda pengalaman membeli yang paling menyenangkan dan memuaskan.

6. Buat newsletter

Tidak semua pembeli akan follow eBay store Anda. Namun, mereka follow eBay store Anda memberi Anda izin untuk mengirimi mereka email marketing. Manfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan eBay store Anda!

Gunakan email marketing tools eBay untuk menjangkau pembeli yang telah berlangganan.

Jika Anda ingin membuat newsletter, pastikan itu memberikan nilai. Secara alami, Anda dapat dan harus menampilkan produk dan penawaran khusus Anda.

Untuk nilai tambah, Anda juga dapat memasukkan konten yang menghibur dan informatif seperti tips penggunaan atau perawatan dari barang yang Anda jual.

Jadikan konten Anda informatif, pribadi, dan relevan. Inilah cara Anda membina hubungan dengan pelanggan Anda.

Berhati-hatilah untuk tidak mendorong pengikut Anda berhenti berlangganan dengan promosi terus-menerus!

Tip: JANGAN SPAM!

6. Buat newsletter

7. Tingkatkan traffic

Setelah Anda melakukan semua kerja keras untuk menciptakan Brand + promosi menarik, gunakan Promoted Listing tool untuk meningkatkan visibilitas listing Anda.

Pelajari lebih lanjut
7. Tingkatkan traffic