Promosi Listing AdvancedBETA
Apa itu Promosi Listing Advanced?
Promosi Listing Advanced merupakan kegiatan promosi yang memberikan seller visibilitas tinggi yang diinginkan serta kesempatan untuk mengontrol yang diperlukan. Mengarahkan penjualan ke listing dengan akses terbaik menuju pencarian teratas dengan memanfaatkan kata kunci dan anggaran yang terkontrol. Promosi Advanced ini berdasarkan pada model cost-per-click yang berarti seller hanya membayar setiap klik untuk ads yang berlangsung.
Promosi Listing Advanced tersedia untuk seller Above Standard atau Top-Rated dengan riwayat penjualan terkini.

Promosi Listing Advanced tersedia untuk seller Above Standard atau Top-Rated dengan riwayat penjualan terkini.
Keuntungan Utama
Visibilitas Teratas
Ads promosi Advanced akan muncul pada hasil pencarian teratas di seluruh platform.
Pemilihan Kata Kunci yang Tepat
Buat penawaran untuk kata kunci yang menurutmu penting–kata kunci yang dapat membantu meraih penjualan di eBay.
Kontrol Anggaran yang Ditingkatkan
Tentukan berapa nilai setiap klik yang diinginkan, dan tidak perlu lagi membayar lebih dari anggaran harian yang sudah ditentukan.
Mulai Sekarang
Untuk membuat kegiatan promosi baru:
-
Buka Seller Hub.
-
Pilih tab Marketing.
-
Klik Advertising dashboard pada dropdown menu.
Pada Advertising dashboard, klik tombol Create new campaign.
Seller akan diberikan pilihan untuk membuat kegiatan promosi Standard atau Advanced. Klik tombol Create campaign pada kotak Promoted Listings Advanced.

Di situs eBay mana Ads akan muncul?
Sebelumnya, ads untuk promosi Advanced dapat muncul di seluruh situs eBay, di mana listing koresponden memenuhi syarat untuk penjualan. Namun, biaya rata-rata cost-per-click kurang menguntungkan dan tingkat konversi penjualan cenderung rendah. Oleh karena itu, saat ini Promosi Listing Advanced terbatas untuk situs tempat produk di-listing. Perubahan ini akan berpengaruh pada situs: ebay.com, ebay.co.uk, ebay.com.au, ebay.de, ebay.it, dan ebay.fr. Jika seller memiliki listing pada situs tersebut dan ingin melakukan promosi global, seller perlu membuat promosi Advanced tambahan di setiap situs yang memenuhi syarat.
Langkah Terbaik
Buat Ad Groups Terstruktur
eBay merekomendasikan seller untuk membuat ad groups dengan mengatur listing berdasarkan tujuan atau kategori umum. Pengelompokkan listing memungkinkan seller untuk menargetkan listing dengan satu set kata kunci yang sama.
eBay akan menyembunyikan produk yang sudah habis agar seller tidak perlu menambahkannya pada ad groups. Ini dapat meningkatkan performa ads serta keseluruhan pengalaman berbelanja buyer.
Sekarang seller bisa memfilter listing berdasarkan eBay categories dan store categories agar memudahkan seller ketika membuat ad groups berdasarkan kategori umum. Mengelompokkan listing yang sejenis memungkinkan seller untuk menargetkan listing dengan set kata kunci dan penawaran yang sama. Selain itu, eBay akan menunjukkan berapa banyak listing yang sesuai dengan filter yang dipilih. Informasi tambahan ini dapat membantu seller untuk mempersempit listing dan memudahkan seller untuk membuat ad groups yang efektif.
Gunakan Kata Kunci yang Disarankan
Kata kunci yang disarankan adalah kata kunci pencarian yang telah ditentukan sebagai kata kunci yang relevan dan dapat bekerja dengan baik pada ad group. eBay mengevaluasi kata kunci berdasarkan seberapa sering kata tersebut digunakan pada pencarian dan seberapa relevan pencarian tersebut dengan listing yang ada pada ad group. Kata kunci yang disarankan ini didesain untuk membantu seller menargetkan buyer yang aktif mencari produk seperti yang dijual seller. Untuk hasil maksimal, tambahkan setidaknya 10 kata kunci untuk satu tipe produk pada setiap ad group.
Area tampilan kata kunci yang diperluas dan scrolling otomatis akan menghemat waktu seller untuk mengevaluasi kata kunci dan menentukan penawaran yang kompetitif.


Menambahkan Kata Kunci Negatif
Dengan menambahkan kata kunci negatif pada pengaturan kegiatan promosi, seller tidak perlu lagi membayar untuk setiap klik yang tidak efektif. Ketika buyer mencari kata kunci yang telah dipilih sebagai kata kunci negatif, maka ads tidak akan ditampilkan. Kata kunci negatif bisa ditambahkan pada tab terpisah dan tidak memerlukan penawaran.
Menawar Secara Kompetitif
Untuk mengoptimalkan kegiatan promosi, eBay memberikan seller penawaran yang disarankan dan rentang penawaran untuk seluruh kata kunci yang disarankan. Karena promosi Advanced berdasarkan model cost-per-click, seller dapat memilih berapa nilai setiap klik yang diinginkan.
Penawaran yang disarankan dan rentang penawaran ditentukan berdasarkan beberapa faktor termasuk performa terakhir dan tren marketplace. Dengan ini, seller tidak perlu lagi menebak-nebak ketika menentukan penawaran yang kompetitif.
Lanjutkan untuk Mengoptimalkan Kegiatan Promosi
Pantau performa kegiatan promosi untuk memastikan ad groups tetap bekerja dengan efektif. Kata kunci dan penawaran yang disarankan dapat berubah sewaktu-waktu, jadi, eBay menyarankan seller untuk terus memantau performa kegiatan promosi dan membuat perubahan yang dibutuhkan agar tetap bisa bersaing. Seller dapat menemukan wawasan penting terkait pengoptimalan kegiatan promosi pada campaign reports.
Contoh: eBay store yang menjual sepatu olahraga (athletic shoes) membuat iklan melalui Promosi Listing Advanced. Seller memutuskan untuk menganalisis laporan permintaan pencarian dan menemukan ads tersebut muncul pada pencarian “children’s tennis shoes” dan “tennis shoes for kids”. Seller tidak menjual sepatu anak-anak, jadi, kata kunci ini ditambahkan sebagai kata kunci negatif untuk menghindari biaya klik yang tidak efektif. Tapi, ada kata kunci “basketball shoes” yang bisa meningkatkan impressions, klik, dan produk terjual. Kata kunci ini akan lebih efektif ketika ditambahkan pada ad group.

Performa dan Laporan
Advertising dashboard
Melalui advertising dashboard, seller dapat menemukan tinjauan singkat terkait performa kegiatan promosi yang sedang berlangsung. Wawasan ini termasuk:
-
Ringkasan account-level untuk performa harian kegiatan promosi Advanced.
-
Ringkasan campaign-level untuk data performa seluruh kegiatan promosi Advanced
-
Perhitungan kata kunci negatif untuk tiap ad groups pada halaman tinjauan kegiatan promosi. Seller bisa melihat berapa banyak kata kunci negatif yang ada pada setiap ad group. Informasi tambahan ini memberikan seller ringkasan keseluruhan kegiatan promosi dan memudahkan seller untuk memastikan promosi siap digunakan.
-
Perhitungan pencarian kata kunci bulanan. Seller dapat melihat berapa kali buyer mencari kata kunci tertentu selama 30 hari terakhir.
Perhitungan pencarian kata kunci bulanan memberikan seller peningkatan visibilitas untuk daya saing kata kunci serta volume pencarian dari waktu ke waktu untuk membantu membuat keputusan yang terencana terkait kata kunci yang ingin ditargetkan, dan berapa nilai untuk setiap kata kunci.
Laporan yang bisa diunduh
Seller juga bisa mengunduh data performa dalam bentuk file .csv untuk membantu analisis kegiatan promosi. Laporan ini termasuk:
-
Laporan listing: tampilan listing-level untuk performa tiap listing pada kegiatan promosi yang berlangsung
-
Laporan kata kunci: tampilan keyword-level untuk data performa setiap kata kunci pada kegiatan promosi yang berlangsung
-
Laporan permintaan pencarian: laporan seluruh permintaan pencarian buyer yang menghasilkan klik pada ads promosi Advanced untuk setiap kegiatan promosi
Seller dapat mengunduh laporan sekaligus. Gunakan tab Reports untuk mengunduh jadwal laporan untuk kegiatan promosi. Fitur ini akan menghemat waktu dengan memungkinkan seller mengunduh laporan pada account-level dan beberapa kegiatan promosi sekaligus, dan tersedia untuk seluruh kata kunci, listing, kegiatan promosi, dan laporan permintaan pencarian pada Promosi Listing Advanced BETA.
Pelajari lebih lanjut mengenai Promosi Listing Advanced dari sumber berikut:
-
Baca selengkapnya tentang strategi memilih kata kunci di sini.
-
Akses online dan gratis ke Ads Academy untuk mempelajari ads product for sellers.
Frequently Asked Questions:Masalah Umum
Apa itu Promosi Listing Advanced?
Promosi Listing Advanced merupakan kegiatan promosi dengan model cost-per-click yang memungkinkan seller untuk mengarahkan penjualan ke listing dengan akses terbaik menuju pencarian teratas dengan memanfaatkan kata kunci dan anggaran yang terkontrol.
Apakah semua seller bisa menggunakan Promosi Listing Advanced?
Promosi Listing Advanced tersedia untuk seller Above Standard atau Top Rated dengan riwayat penjualan terkini.
Mengapa saya harus menggunakan Promosi Listing Advanced?
Promosi Listing Advanced memberikan seller visibilitas tinggi yang diinginkan serta mengontrol yang diperlukan untuk meningkatkan penjualan di eBay.
Saat ini, kegiatan promosi Advanced memberikan seller kesempatan melakukan penawaran untuk pencarian teratas dengan mengontrol anggaran harian, pilihan kata kunci, dan penawaran kata kunci.
Untuk seller yang ingin meningkatkan lebih banyak wawasan ke dalam metrics performa, Promosi Listing Advanced juga memberikan listing-level, keyword-level, dan laporan permintaan pencarian untuk membantu memantau performa seller.
Listing apa yang memenuhi syarat untuk menggunakan Promosi Listing Advanced?
Seller bisa mempromosikan listing fixed-price untuk seluruh kategori kecuali kategori Wholesale & Job Lots, Cars, Motorcycles & Vehicles, Events Tickets, Property, E-Cigarettes, Vapes & Accs and Everything Else. Saat ini, listing Auction dan Auction Buy It Now belum bisa menggunakan promosi tersebut.
Ketika seller membuat kegiatan promosi Advanced, hanya listing yang memenuhi syarat yang akan muncul pada selection view.
Bagaimana cara mengetahui listing mana yang memenuhi syarat untuk Promosi Listing Advanced?
Ketika seller membuat kegiatan promosi Advanced, hanya listing yang memenuhi syarat yang akan muncul pada selection view.
Bagaimana cara kerja Promosi Listing Advanced?
Promosi Listing Advanced merupakan kegiatan promosi yang memungkinkan seller untuk mengarahkan penjualan ke listing dengan akses terbaik menuju pencarian teratas dengan menggunakan kata kunci dan anggaran yang terkontrol. Kegiatan promosi Advanced ini berdasarkan model cost-per-click di mana seller dapat menentukan berapa banyak biaya yang ingin dikeluarkan per hari dan berapa nilai ads yang diinginkan untuk setiap klik.
Apa perbedaan Promosi Listing Advanced dengan Standard?
Keduanya dapat membantu produk yang dijual semakin terlihat di antara milyaran listing yang ada di seluruh jaringan eBay, dan meningkatkan kesempatan untuk dilihat oleh jutaan buyer ketika mereka mencari produk yang seller jual untuk mendapatkan penjualan.
Promosi Listing Standard memungkinkan seller untuk mempromosikan listing di seluruh jaringan eBay dan hanya perlu membayar untuk produk yang terjual. Promosi Standard memiliki pengaturan yang lebih ringkas dan simpel. Karena seller hanya perlu membayar untuk produk yang terjual, promosi Standard dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas dengan resiko rendah.
Promosi Listing Advanced memungkinkan seller untuk mempromosikan listing pada hasil pencarian teratas dan membayar untuk setiap ads yang diklik. Promosi Advanced memberikan seller visibilitas tinggi yang diinginkan dan kesempatan untuk mengontrol anggaran harian, penargetan kata kunci, penawaran kata kunci, serta laporan.
Di mana ads saya akan muncul?
Ads promosi Advanced akan muncul pada posisi teratas hasil pencarian eBay di seluruh platform: desktop, mobile web, dan aplikasi eBay.
Sebelumnya, ads untuk promosi Advanced dapat muncul di seluruh situs eBay, di mana listing koresponden memenuhi syarat untuk penjualan. Namun, biaya rata-rata cost-per-click kurang menguntungkan dan tingkat konversi penjualan cenderung rendah. Oleh karena itu, saat ini Promosi Listing Advanced terbatas untuk situs tempat produk di-listing. Perubahan ini akan berpengaruh pada situs: ebay.com, ebay.co.uk, ebay.com.au, ebay.de, ebay.it, dan ebay.fr. Jika seller memiliki listing pada situs tersebut dan ingin melakukan promosi global, seller perlu membuat promosi Advanced tambahan di setiap situs yang memenuhi syarat.
Apakah listing saya akan otomatis muncul pada pencarian teratas jika saya mengiklankan dengan Promosi Listing Advanced?
Tidak. Setiap kali buyer mencari produk, eBay akan menentukan listing mana yang muncul pada posisi teratas berdasarkan beberapa faktor seperti kualitas listing, kata kunci yang relevan, jumlah penawaran antara seller satu dengan yang lain, dan harga cadangan (pertimbangan untuk jumlah minimum untuk nilai setiap klik yang telah ditentukan, kualitas produk, kompetisi, musiman, dan ambang batas marketplace).
Ikuti langkah terbaik berikut ini untuk meningkatkan kualitas dan relevansi produk:
- Buat judul yang jelas dan ringkas dengan ejaan yang benar dan tidak lebih dari 80 karakter.
- Tambahkan deskripsi yang akurat, gunakan detail produk dari katalog eBay jika perlu.
- Gunakan foto berkualitas tinggi, foto dari berbagai sudut, dan tunjukkan cacat atau gores jika ada. Seller bisa menambahkan hingga 12 foto secara gratis.
- Tambahkan spesifikasi produk seperti merek, model, ukuran, warna, dan style.
Bagaimana eBay memutuskan listing mana yang akan muncul pada pencarian teratas?
Penempatan dan ranking dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk penawaran, relevansi produk, kualitas listing dan harga cadangan (pertimbangan untuk jumlah minimum untuk nilai setiap klik yang telah ditentukan, kualitas produk, kompetisi, musiman, dan ambang batas marketplace). Menawar dengan harga tinggi saja tidak menjamin seller untuk mendapatkan posisi teratas, karena eBay punya ukuran kualitas dan relevansi yang tinggi untuk memastikan buyer mendapatkan pengalaman berbelanja yang baik.
Penting juga untuk seller mengoptimalkan listing untuk Best Match agar performa listing pada promosi Advanced tetap bagus.
Kapan ads dari Promosi Listing Advanced akan muncul?
Ads akan muncul ketika:
- Buyer mencari dengan menggunakan kata kunci yang masuk ke dalam penawaran seller
- Seller memenangkan auction untuk kata kunci tersebut
Melakukan penawaran untuk kata kunci tidak menjamin listing akan muncul. Untuk meningkatkan kesempatan ads memenangkan auction, eBay merekomendasikan seller untuk mempromosikan kualitas listing dan menentukan penawaran kata kunci yang kompetitif.
Bisakah saya mempromosikan listing yang sama melalui kegiatan promosi Standard dan Advanced?
Ya, seller bisa menggunakan kedua promosi tersebut untuk listing yang sama.
Ketika mempromosikan listing melalui promosi Advanced, seller melakukan penawaran untuk pencarian teratas dan membayar untuk setiap ads yang diklik. Sedangkan promosi Standard menempatkan ads di seluruh jaringan eBay dan seller hanya perlu membayar untuk produk yang terjual melalui ads. eBay merekomendasikan seller untuk menggunakan keduanya agar mendapatkan cakupan yang lebih luas.
Apakah listing yang dipromosikan melalui promosi Standard dan Advanced bisa muncul pada hasil pencarian yang sama?
Tidak, listing hanya bisa muncul sekali pada satu set hasil pencarian yang sama.
Ingat, promosi Standard menempatkan ads di seluruh jaringan eBay, dan tidak hanya pada hasil pencarian.
Apakah akan ada perbedaan tampilan antara ads Advanced dengan Standard pada pencarian teratas?
Tidak, kedua ads memiliki tampilan yang sama dan keduanya memiliki tanda “Sponsored”, terlepas dari promosi yang digunakan.
Frequently Asked Questions: Pengelolaan Kegiatan Promosi
Bagaimana cara kerja anggaran harian?
Anggaran harian merupakan jumlah maksimal yang ingin digunakan untuk satu kali kegiatan promosi per hari. Pada hari-hari tertentu, seller bisa menggunakan lebih sedikit dari anggaran harian, tapi eBay tidak akan membebankan lebih dari jumlah yang sudah ditentukan. Ketika promosi sudah mencapai anggaran harian, promosi akan dihentikan hingga hari berikutnya ketika anggaran diatur ulang. Seluruh anggaran harian yang tersisa tidak akan diakumulasikan ke anggaran berikutnya.
Biaya promosi harian dihitung dengan mengalikan total klik yang diterima setiap kata kunci dengan harga masing-masing.
-
Contoh: Anggaran harian TIDAK tercapai
- Anggaran harian sebesar $500.
- Pada hari tertentu, Kata Kunci A (rata-rata biaya per klik $2.50) mendapatkan 100 klik, dan Kata Kunci B (rata-rata biaya per klik $2.00) mendapatkan 50 klik. Artinya, total biaya kegiatan promosi pada hari itu adalah $350. Sisa $150 tidak akan diakumulasikan untuk hari berikutnya.
-
Contoh: Anggaran harian TERCAPAI
- Anggaran harian sebesar $500.
- Pada hari tertentu, Kata Kunci A (rata-rata biaya per klik $2.50) mendapatkan 100 klik, dan Kata Kunci B (rata-rata biaya per klik $2.00) mendapatkan 125 klik. Artinya, total biaya kegiatan promosi pada hari itu adalah $500. Karena anggaran harian yang ditentukan sudah tercapai, maka ads akan dihentikan dan kegiatan promosi akan dilanjutkan untuk hari berikutnya.
Catatan: Pembaruan untuk anggaran harian dibuat secara real time. Jika seller memperbarui anggaran harian dengan mengurangi jumlah dari yang sudah digunakan, maka ads akan dihentikan dan anggaran harian tersebut baru akan berlaku di hari berikutnya.
Seberapa cepat perubahan pada anggaran harian saya akan diterapkan?
Pembaruan untuk anggaran harian dibuat secara real time. Listing yang dipromosikan baru bisa muncul kembali jika seller menaikkan anggaran harian untuk promosi yang melebihi anggaran.
Catatan: Jika seller melakukan pembaruan anggaran harian dengan mengurangi jumlah dari yang sudah digunakan, ads akan dihentikan dan anggaran harian tersebut baru akan berlaku di hari berikutnya.
Apakah ada anggaran harian minimum dan maksimum untuk Promosi Listing Advanced?
Ya, anggaran harian minimum $1.00 dan maksimum $1,000,000
Apa itu Ad group?
Ad groups membantu seller membuat kegiatan promosi yang lebih efektif dengan mengatur listing berdasarkan tujuan atau kategori umum. Pengelompokkan listing memungkinkan seller untuk menargetkan listing dengan satu set kata kunci yang sama.
Misalnya, seller ingin membuat ad group sepatu laki-laki dan ingin mempromosikannya pada Hari Ayah.
Apa itu recommended listing?
Recommended listing adalah listing yang muncul pada posisi 1-200 pada halaman hasil pencarian selama 30 hari terakhir. Dilihat dari performa terakhirnya, eBay menganggap listing tersebut memiliki performa bagus pada kegiatan promosi Advanced.
Berdasarkan match type yang saya pilih, bagaimana kata kunci saya ditargetkan?
Exact match memungkinkan listing untuk muncul pada pencarian yang cocok dengan tiap karakter dari kata kunci yang dipilih dengan sedikit variasi typo, huruf kapital, dan singkatan.
Contoh:
- Salah satu kata kunci yang dipilih adalah ‘electric shears’
- Iklan yang kemungkinan muncul untuk:
- electric shear
- Electric Shears
- Iklan yang tidak akan muncul untuk:
- electric scissors
- red electric shears
Phrase match memungkinkan listing dapat muncul pada kata kunci pencarian yang di dalamnya terdapat kata kunci yang akurat, dan mungkin juga termasuk kata sebelum dan/atau sesudah kata kunci tersebut. Phrase match didesain untuk mencocokkan ads dengan frasa pencarian di mana kata kunci tersebut tetap memiliki makna asli. Ini tidak akan muncul pada pencarian kata kunci yang ditambahkan kata di tengahnya.
Contoh:
- Salah satu kata kunci yang digunakan ‘yellow socks’
- Ads yang mungkin muncul untuk:
- large yellow socks
- yellow socks for kids
- Ads yang tidak mungkin muncul untuk:
- yellow large socks
- yellow kids socks
Kata kunci negatif adalah istilah yang dikecualikan dari ad group. Artinya, ketika buyer mencari istilah yang ditambahkan ke dalam kata kunci negatif, ads promosi Advanced tidak akan ditampilkan. Kata kunci negatif adalah exact match tanpa varian, artinya agar kata kunci bisa dikecualikan, perlu dicocokan dengan pencarian buyer tiap karakter.
Seller bisa menggunakan kombinasi sebanyak 1000 kata kunci yang disarankan dan khusus per ad group. Seller juga dapat menambahkan hingga 1000 kata kunci negatif per ad group.
Perlu diingat bahwa kata kunci negatif tidak dikenakan biaya atau tidak dihitung ke dalam perhitungan keyword.
Apa itu suggested keywords?
Suggested keywords adalah istilah yang sudah ditentukan eBay yang relevan dan mungkin memiliki performa bagus pada ad group yang dibuat.
eBay mengevaluasi kata kunci berdasarkan seberapa sering kata kunci tersebut digunakan pada pencarian dan seberapa relevan pencarian tersebut pada listing yang termasuk ke dalam ad group. Kata kunci yang disarankan ini didesain untuk membantu menargetkan buyer yang secara aktif mencari produk serupa.
Apa itu suggested bid dan bid range?
Suggested Bid dan Bid Range dibuat berdasarkan beberapa faktor, termasuk performa terakhir, kompetisi, dan tren marketplace. Dengan ini, seller tidak perlu lagi menebak-nebak ketika menentukan penawaran yang kompetitif.
Suggested Bid dan Bid Range dapat berubah sewaktu-waktu, jadi eBay menyarankan seller untuk memantau performa kegiatan promosi dan membuat perubahan yang dibutuhkan agar tetap bisa bersaing
Apakah ada minimum dan maksimum penawaran kata kunci?
Ya, minimum $0.02 dan maksimum $100.
Bagaimana saya memilih kata kunci untuk digunakan?
Kata kunci yang disarankan tersedia untuk hampir seluruh listing. Ini adalah kata kunci yang dinilai relevan dan memiliki performa bagus untuk listing yang ada pada ad group berdasarkan performa sebelumnya.
Seller juga bisa menambahkan kata kunci pilihan sendiri. Ketika menambahkan kata kunci, buat judul produk dan istilah pencarian yang dirasa akan digunakan buyer ketika mencari listing.
Pantau performa kata kunci dengan mengunduh laporan keyword-level untuk setiap kegiatan promosi. Hapus kata kunci yang memiliki performa rendah, dan ganti dengan kata kunci yang disarankan untuk kegiatan promosi yang lebih optimal.
Bisakah saya membuat penawaran untuk istilah merek dagang sebagai kata kunci?
eBay tidak melarang istilah merek dagang sebagai kata kunci. Akan tetapi, jika listing tersebut tidak relevan dengan pencarian merek tertentu, ads pada Promosi Listing Advanced untuk listing tersebut kemungkinan tidak akan muncul. Algoritma yang ada didesain dengan relevansi hak milik dan filter performa, yang berarti ads hanya akan muncul jika melewati filter relevansi dan akan terus muncul jika buyer benar-benar tertarik dengan ads tersebut.
Jika seller merasa konten yang sudah diklaim kepemilikan merek dagangnya dilanggar oleh siapapun melalui eBay, seller bisa melaporkannya melalui Verified Rights Owner (VeRO) Program dan eBay akan menginvestigasi masalah tersebut.
Bagaimana cara menghentikan sementara kata kunci?
Menghentikan kata kunci adalah cara yang mudah untuk menghapus sementara kata kunci yang ada pada ad group.
Untuk menghentikan dan melanjutkan penggunaan kata kunci, edit kegiatan promosi yang sedang aktif, pilih salah satu ad group, dan arahkan ke bagian “Set your keyword bids”. Dari sini, seller bisa menghentikan atau melanjutkan kata kunci manapun dengan toggle “Active” pada kolom “Status”.
Mengapa performa kegiatan promosi saya terlihat naik-turun padahal padahal saya tidak melakukan perubahan apapun?
eBay merupakan marketplace yang dinamis. Beberapa faktor bisa mengakibatkan peningkatan atau penurunan pada visibilitas kegiatan promosi, jumlah klik atau penjualan, termasuk traffic atau permintaan buyer, musim, perubahan lanskap yang kompetitif, perubahan umum pada platform, dan lain-lain.
Bagaimana cara saya meningkatkan performa ads?
Laporan dan bimbingan dari eBay didesain untuk mempermudah seller mengoptimalkan kegiatan promosi.
Memilih kata kunci yang tepat, menentukan penawaran yang kompetitif untuk kata kunci, dan meningkatkan kualitas listing dapat meningkatkan kesempatan ads untuk memiliki performa yang bagus.
Ikuti langkah terbaik berikut untuk meningkatkan kualitas dan relevansi produk:
- Buat judul yang jelas dan ringkas dengan ejaan yang benar dan tidak lebih dari 80 karakter.
- Tambahkan deskripsi yang akurat, gunakan detail produk dari katalog eBay jika perlu.
- Gunakan foto berkualitas tinggi, foto dari berbagai sudut, dan tunjukkan cacat atau gores jika ada. Seller bisa menambahkan hingga 12 foto secara gratis.
- Tambahkan spesifikasi produk seperti merek, model, ukuran, warna, dan style.
Menggunakan kata kunci yang disarankan akan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan posisi teratas pada halaman hasil pencarian. eBay merekomendasikan untuk menggunakan kata kunci ini sebagai permulaan.
Apa langkah umum yang terbaik untuk memaksimalkan promosi Advanced saya?
Buat ad groups yang terencana
- eBay merekomendasikan seller untuk membuat ad groups dengan mengatur listing berdasarkan tujuan atau kategori umum. Pengelompokkan listing memungkinkan seller untuk menargetkan listing dengan satu set kata kunci yang sama.
- eBay akan menyembunyikan produk yang sudah habis agar seller tidak perlu menambahkannya pada ad groups. Ini dapat meningkatkan performa ads serta keseluruhan pengalaman berbelanja buyer.
- Sekarang seller bisa memfilter listing berdasarkan eBay categories dan store categories agar memudahkan seller ketika membuat ad groups berdasarkan kategori umum. Mengelompokkan listing yang sejenis memungkinkan seller untuk menargetkan listing dengan set kata kunci dan penawaran yang sama. Selain itu, eBay akan menunjukkan berapa banyak listing yang sesuai dengan filter yang dipilih. Informasi tambahan ini dapat membantu seller untuk mempersempit listing dan memudahkan seller untuk membuat ad groups yang efektif.
Gunakan kata kunci yang disarankan
- Kata kunci yang disarankan adalah kata kunci pencarian yang telah ditentukan sebagai kata kunci yang relevan dan dapat bekerja dengan baik pada ad group. eBay mengevaluasi kata kunci berdasarkan seberapa sering kata tersebut digunakan pada pencarian dan seberapa relevan pencarian tersebut dengan listing yang ada pada ad group. Kata kunci yang disarankan ini didesain untuk membantu seller menargetkan buyer yang aktif mencari produk seperti yang dijual seller. Untuk hasil maksimal, tambahkan setidaknya 10 kata kunci untuk satu tipe produk pada setiap ad group.
- Area tampilan kata kunci yang diperluas dan scrolling otomatis akan menghemat waktu seller untuk mengevaluasi kata kunci dan menentukan penawaran yang kompetitif.
Menambahkan kata kunci negatif
- Dengan menambahkan kata kunci negatif pada pengaturan kegiatan promosi, seller tidak perlu lagi membayar untuk setiap klik yang tidak efektif. Ketika buyer mencari kata kunci yang telah dipilih sebagai kata kunci negatif, maka ads tidak akan ditampilkan. Kata kunci negatif bisa ditambahkan pada tab terpisah dan tidak memerlukan penawaran.
Menawar secara kompetitif
- Untuk mengoptimalkan kegiatan promosi, eBay memberikan seller penawaran yang disarankan dan rentang penawaran untuk seluruh kata kunci yang disarankan. Karena promosi Advanced berdasarkan model cost-per-click, seller dapat memilih berapa nilai setiap klik yang diinginkan.
- Penawaran yang disarankan dan rentang penawaran ditentukan berdasarkan beberapa faktor termasuk performa terakhir dan tren marketplace. Dengan ini, seller tidak perlu lagi menebak-nebak ketika menentukan penawaran yang kompetitif.
Lanjutkan untuk mengoptimalkan kegiatan promosi
- Pantau performa kegiatan promosi untuk memastikan ad groups tetap bekerja dengan efektif. Kata kunci dan penawaran yang disarankan dapat berubah sewaktu-waktu, jadi, eBay menyarankan seller untuk terus memantau performa kegiatan promosi dan membuat perubahan yang dibutuhkan agar tetap bisa bersaing. Seller dapat menemukan wawasan penting terkait pengoptimalan kegiatan promosi pada campaign reports.
- Contoh: eBay store yang menjual sepatu olahraga (athletic shoes) membuat iklan melalui Promosi Listing Advanced. Seller memutuskan untuk menganalisis laporan permintaan pencarian dan menemukan ads tersebut muncul pada pencarian “children’s tennis shoes” dan “tennis shoes for kids”. Seller tidak menjual sepatu anak-anak, jadi, kata kunci ini ditambahkan sebagai kata kunci negatif untuk menghindari biaya klik yang tidak efektif. Tapi, ada kata kunci “basketball shoes” yang bisa meningkatkan impressions, klik, dan produk terjual. Kata kunci ini akan lebih efektif ketika ditambahkan pada ad group.
Frequently Asked Questions: Laporan dan Tagihan
Apakah saya akan selalu ditagih sebesar anggaran harian?
Tidak. Seller hanya dikenakan biaya ketika buyer mengklik ads tersebut. Anggaran harian yang tersisa tidak dapat digunakan untuk hari berikutnya.
Contoh, jika anggaran harian sebesar $100, rata-rata cost-per-click sebesar $1, dan ads yang diklik dalam satu hari itu sebanyak 40 kali, maka seller akan dikenakan biaya sebesar $40 untuk satu hari itu. Anggaran harian berikutnya akan tetap $100, karena sisa dari hari sebelumnya tidak dapat digunakan atau hangus.
Bagaimana penjualan akan dikaitkan dengan Promosi Listing Advanced?
Penjualan akan dikaitkan dalam jangka waktu 30 hari setelah klik pada iklan Anda.
Bagaimana biaya ads Advanced ditentukan?
Seller dapat memilih berapa banyak pengeluaran dengan menentukan anggaran harian maksimum, memilih kata kunci, dan menentukan penawaran untuk setiap kata kunci.
Seller akan dikenakan biaya untuk seluruh klik yang valid pada ads Advanced. Besar biaya untuk setiap klik berdasarkan auction harga-kedua, yang berarti biaya yang dikenakan akan ditentukan oleh beberapa faktor seperti kualitas listing, relevansi kata kunci, jumlah penawaran antar-seller, dan harga cadangan (pertimbangan jumlah minimum yang ditentukan untuk satu klik, kualitas produk, kompetisi, musim, dan ambang batas marketplace).
Sebagai contoh, jika Seller A memiliki penawaran tertinggi sebesar $3.00, dan Seller B memiliki penawaran tertinggi kedua sebesar $1.50, dan kedua produk memiliki kualitas yang sama, maka Seller A yang memenangkan auction. Jumlah yang akan dibayarkan Seller A adalah antara $1.50 sampai $3.00, tapi tidak lebih dari $3.00.
Di mana saya bisa melihat biaya untuk kegiatan promosi Advanced?
eBay menggabungkan seluruh jumlah klik yang diterima seller pada ads Advanced dalam kegiatan promosi sehari-hari, dan seller secara umum dikenakan biaya untuk klik tersebut hingga 72 jam setelah klik berlangsung.
Tagihan akan dilaporkan pada listing level. Dari tab Payments, seller dapat melihat campaign ID, tanggal klik, total klik, dan rata-rata cost-per-click per listing.
Bagaimana penagihan biaya ads Advanced?
Seluruh biaya ads Advanced dibebankan pada listing level. Tagihan ditentukan oleh jumlah seluruh klik C3C listing tunggal yang diterima dalam satu hari.
Bagaimana eBay menangani traffic yang tidak valid? Ke mana saya harus melapor jika ada traffic yang tidak valid?
Traffic untuk Promosi Listing Advanced disaring oleh software khusus untuk mendeteksi hak paten, yang didesain untuk menyaring traffic yang tidak valid secara real time.
Traffic yang mencurigakan yang dilaporkan seller atau partner dapat memenuhi syarat untuk review manual oleh tim ahli traffic eBay.
Jika review manual mendeteksi adanya traffic yang tidak valid, kredit akan diproses dalam waktu 1-4 minggu.
Catatan: Laporan kegiatan promosi dapat memakan waktu hingga 72 jam untuk diselesaikan.
Apakah saya akan ditagih untuk beberapa klik yang dilakukan oleh buyer yang sama?
Kemungkinan iya, kecuali sistem eBay untuk memfilter klik mendeteksi aktivitas yang mencurigakan. Dalam beberapa kasus, buyer mungkin mengunjungi kembali produk yang sama sebelum membeli. Tapi, harap diingat eBay memiliki software pendeteksi hak paten yang didesain untuk memfilter klik yang tidak valid dengan pola mencurigakan, termasuk bots, klik yang berbahaya dan yang tidak disengaja. Jika klik pada ads terbukti tidak valid, maka klik tersebut tidak dikenakan biaya.
Apakah saya akan dikenakan biaya jika mengklik ads Advanced saya sendiri?
Ya, tiap klik pada ads Advanced akan dikenakan biaya.
Apa perbedaan klik valid dan tidak valid?
eBay memiliki software untuk mendeteksi hak paten yang didesain untuk memfilter klik yang tidak valid dengan pola mencurigakan, termasuk bots, klik yang berbahaya dan yang tidak disengaja. Jika klik pada ads terbukti tidak valid, maka klik tersebut tidak dikenakan biaya.
Jika klik tidak teridentifikasi sebagai tidak valid atau salah satu alasan lain yang tercantum di atas, maka klik dianggap valid dan akan dikenakan biaya.
Apakah kegiatan promosi Advanced diperbarui secara real time?
Nama kegiatan promosi, status, tanggal mulai dan berakhir, dan listing diperbaharui secara real time.
Metrics performa dilaporkan secara near-real time dan dapat memakan waktu hingga 72 jam untuk diselesaikan.
Bagaimana cara mengunduh laporan untuk kegiatan promosi Advanced?
Seller dapat mengunduhnya melalui tab Marketing and Reports di Seller Hub.
Mengunduh dari tab Marketing direkomendasikan jika seller ingin mengunduh ringkasan laporan untuk kegiatan promosi selama jangka waktu tertentu.
Mengunduh dari tab Reports direkomendasikan jika seller ingin menjadwalkan atau mengunduh laporan pada account level, untuk beberapa kegiatan promosi sekaligus, atau untuk melihat performa harian.
Untuk mengunduh laporan dari tab Marketing:
- Buka advertising dashboard
- Pilih Promoted Listings Advanced pada dropdown menu Campaign type dropdown menu
- Scroll ke bawah ke bagian campaigns dan pilih campaign yang ingin diunduh laporannya
- Perbesar menu di samping Edit dan pilih jenis laporan yang ingin diunduh
Untuk mengunduh laporan dari tab Reports:
- Klik Download
- Klik Download report
- Pilih parameter laporan berikut:
- Source > Marketing
- Campaign type > Promoted Listings Advanced
- Type > Keyword, Listing, Campaign, or Search query
Untuk menjadwal laporan dari tab Reports:
- Klik Schedule
- Klik Schedule report
- Buat unduh terjadwal dengan memilih parameter laporan berikut:
- Source > Marketing
- Campaign type > Promoted Listings Advanced
- Type > Keyword, Listing, Campaign, or Search query
- Frequency > Daily, Weekly, or Monthly
Jenis laporan apa yang tersedia untuk kegiatan promosi Advanced?
Seller dapat mengunduh permintaan pencarian, laporan keyword-level dan listing-level untuk tiap kegiatan promosi Advanced.
Seller juga bisa mengarahkan ke Advertising dashboard untuk melihat performa campaign-level.
Mengapa tidak ada data pada laporan yang bisa diunduh?
Setelah kegiatan promosi diaktifkan, beri jeda waktu 72 jam untuk beberapa metrics laporan untuk muncul pada laporan yang bisa diunduh.
Metrics performa dilaporkan secara near-real time dan dapat memakan waktu hingga 72 jam untuk diselesaikan.
Bagaimana saya mencari tahu performa kegiatan promosi?
Untuk metrics detail performa kegiatan promosi, buka Advertising dashboard.
Dari sini, seller dapat memantau:
Impressions: Jumlah listing yang dipromosikan muncul di seluruh jaringan eBay.
Clicks: Jumlah ads diklik.
Sold: Jumlah produk yang dipromosikan dan dibeli dalam waktu 30 hari melalui klik ads Advanced.
Ad fees: Total biaya klik pada ads Advanced.
Sales: Total penjualan yang dihasilkan dari produk yang dipromosikan yang terjual dalam 30 hari melalui klik ads Advanced.
CTR (Click-through rate): Total clicks dibagi Impressions. CTR adalah persentase waktu buyer melihat ads dan mengkliknya.
Sales conversion rate: Total Sold dibagi Clicks. Sales conversion rate adalah persentase listing kegiatan promosi Advanced yang terjual setelah buyer mengklik ads.
Bagaimana saya akan dikenakan biaya untuk listing yang dipromosikan melalui kegiatan promosi Standard dan Advanced?
Tagihan akan didasarkan pada jenis kegiatan promosi yang diterapkan pada saat listing diklik. Seller akan selalu dikenakan biaya untuk tiap klik yang valid pada ads Advanced, dan untuk tiap penjualan hasil klik ads pada ads Standard.
- Contoh: Produk A dipromosikan dengan promosi Advanced dan Standard. Rata-rata CPC-nya $0.25 untuk promosi Advanced dan ad rate 7% untuk promosi Standard.
- Produk A mendapatkan posisi teratas pada hasil pencarian melalui ads Advanced dan mendapatkan 5 klik, yang berarti total biayanya sebesar $1.25.
- Besoknya, Produk A muncul pada halaman listing promosi Standard. Buyer mengklik ads Standard dan membeli Produk A seharga $100 dalam 30 hari, maka Produk A dikenakan biaya ads sebesar $7.00 melalui Promoted Listings Standard.
- Secara keseluruhan, Produk A memiliki total biaya ads sebesar $8.25 melalui kedua kegiatan promosi.
Catatan: Ads Advanced akan dikenakan biaya untuk setiap klik, terlepas dari penjualan yang terkait.
Seller dapat melihat listing mana yang terjual melalui setiap kegiatan promosi dengan melihat laporan pada kegiatan promosi Advanced dan Standard.
Bagaimana penjualan akan dikaitkan antara kegiatan promosi Standard dan Advanced?
eBay menggunakan model click attribution, yang berarti penjualan akan dikaitkan dengan klik yang paling mendekati penjualan.
Click attribution terakhir menjadi standar dan dipastikan hanya dikaitkan sekali untuk seluruh jenis kegiatan promosi listing.
- Contoh: jika listing dipromosikan melalui promosi Standard dan Advanced, buyer kemungkinan mengklik ads Advanced dan ads Standard sebelum membeli produk. Setelah dibeli, penjualan akan dikaitkan ke ads yang terakhir diklik sebelum buyer melakukan pembelian.
- Catatan: Ads Advanced akan selalu dikenakan biaya untuk setiap kliknya, terlepas dari penjualan yang terkait. Ads Standard hanya dikenakan biaya untuk penjualan yang terkait.
Di mana saya bisa melihat tagihan untuk promosi Advanced?
Biaya yang dikenakan ketika listing dipromosikan melalui promosi Advanced akan muncul sebagai “Ad Fee Advanced” pada tab Payments.
Apakah tanggal mulai dan berakhir kegiatan promosi mengikuti zona waktu saya?
Detail kegiatan promosi dan laporan akan mengikuti zona waktu sesuai dengan situs tempat promosi dibuat.
Untuk situs US maka zona waktu yang digunakan adalah zona waktu Pasifik.