Memahami eBay Seller Hub

View your Seller Hub

eBay secara berkala terus mencari solusi efisien untuk memberi kemudahan dan pengalaman cross border trading yang menyenangkan bagi para seller. Salah satu diantaranya adalah eBay Seller Hub yang merupakan easy-to-use portal berisikan seluruh aktivitas seller, informasi dan rekomendasi yang diperlukan seller.

Apa yang dimaksud dengan eBay Seller Hub?

eBay Seller Hub merupakan satu destinasi utama yang seller perlukan untuk mengelola dan mengembangkan eBay bisnis.

Dirancang sedemikian rupa agar nyaman dan mudah digunakan, Seller Hub merupakan tempat menemukan bimbingan marketing, insight dan analisis untuk membantu seller membuat keputusan penting dalam pengembangan bisnis di eBay.

Seller hub memberikan update lengkap berkala yang memperlihatkan bagaimana performa bisnis suatu seller, sehingga dapat dilihat sekilas apakah bisnis tersebut menguntungkan atau memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Terlebih lagi Seller Hub akan membantu seller memenuhi order secepat mungkin bersamaan dengan merespon pertanyaan dan permintaan dari para buyer.

Apa yang dimaksud dengan eBay Seller Hub?

Aktifitas di Seller Hub

Di dalam Seller Hub dapat ditemukan:


1

Bimbingan marketing disertai insight dan Analisa untuk membantu meningkatkan penjualan


2

Menu untuk merespon secara cepat pertanyaan dari setiap buyer.



3

Cara untuk memenuhi order secara cepat.


4

Akses langsung kedalam Seller Dashboard yang akan memberikan report mendetail mengenai performa bisnis suatu seller dibandingkan dengan seller lainnya.


Bagaimana Seller Hub dapat memaksimalkan penjualan


1

Cara listing baru:

Pengembangan listing tool dengan tampilan baru yang akan di optimalkan untuk mobile experience. Memudahkan seller untuk melakukan listing dan update.


2

Info Penjualan yang detail :

Memperlihatkan bagaimana buyer menemukan produk seller, melihat trend penjualan harian dan menemukan top performer produk.



3

Meningkatkan reach:

Bagi para eBay Shops subscribers, seller hub dapat membantu meningkatkan penjualan dengan pemahaman marketing dan promotion tool


Keuntungan Seller Hub

Pengembangan bisnis Tool dan Akses
Manajemen listing dan order. Seller Manager dan Selling Manager Pro.
Monitor keseluruhan status bisnis. Pembuatan dan edit listing.
Rekomendasi mengenai pengembangan bisnis berdasarkan data seller. Reports dan dashboard untuk melihat sales, seller costs, traffic dan seller standards.
Evaluasi performa bisnis.

Seller Hub Highlights: Overview & Orders

Menu “Overview” merupakan personl snapshot yang menunjukkan bagaimana perkembangan bisnis di ebay.
Terdapat lebih dari 15 modul pada menu overview yang dapat disesuaikan untuk menampilkan informasi yang dirasa penting oleh seller.
Seller dalam memilih modul yang ingin ditampilkan dengan langkah berikut:

  • Piilh “Customise” pada sebelah kanan atas untuk memilih modul yang diinginkan.
  • Drag and drop di pilihan yang diinginkan.

Seller Hub Highlights: Overview & Orders

“Order” tab pada Seller Hub sangat berguna untuk mengorganisir kegiatan sales activity.
Seller dapat melihat semua kegiatan berjualan dalam satu layer.
Pada umumnya seller melihat “Order” di Seller Hub di pagi hari untuk melihat produk yang terjual dan harus dikirim.
Fitur ini juga membantu seller melihat produk mana yang belum dibayar oleh buyer untuk Kemudian dikirimkan invoice dan reminder.

Seller dapat melihat semua order atau dapat melakukan filter pada beberapa kategori berikut:

  • Awaiting paymen
  • Awaiting dispatch
  • Paid and dispatched
  • Cancelled orders
  • Return requests
  • Resolution Centre requests

Jika seller ingin menandai sold listing dengan “marking it as dispatched” atau memberikan feedback kepada buyer, maka silahkan ikuti langkah berikut:

  • Pilih listing atau multiple listing dengan menandai box.
  • Pilih tindakan yang diinginkan dari drop-downs listing yang tersedia.

Jika ingin melakukan kustomisasi pada tampilan, maka dapat dipilih menu “Customise” yang terletak di ujung kanan halaman.

Highlights: Listings & Marketing

eBay Seller Hub berisikan advanced listing tool terkini yang akan membantu seller melisting produk dengan lebih cepat dan mudah.

Pada halaman “Listing” seller dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Memasukkan semua informasi kedalam format baru listing tool.
  • Memasukkan foto langsung kedalam listing.
  • Membuat variations untuk multi-variation listings dengan cara yang lebih mudah.
  • Mengedit listing sekaligus untuk Efisiensi.
  • Mengelola maksimal 5000 drafts atau scheduled posts pada satu waktu.

( Catatan: Drafts akan kadaluarsa jika tidak di publish dalam kurun waktu 30 hari.

Pada halaman “Listing” seller dapat melakukan hal-hal berikut:

“Marketing” tab memberikan seller akses yang lebih mudah kepada aktifitas marketing seperti:

  • Mengelola brand dengan menginformasikan buyer lebih lanjut mengenai seller dan mengapa mereka harus membeli dari seller tersebut.
  • Menerbitkan promoted listing untuk meningkatkan item visibility dan mendapatkan lebih banyak buyer.
  • Membuat promosi untuk meningkatkan awareness dan menjual lebih banyak produk dalam satu kali kunjungan buyer.

“Marketing” tab memberikan seller akses yang lebih mudah kepada aktifitas marketing seperti:

Highlights: Performance

Pada menu ini seller dapat melihat lebih dalam lagi mengenai keseluruhan performa bisnis dengan detatil Analisa, penjualam, traffic listing dan seller level pada saat ini. Seller dapat memilih modul yang ingin dilihat dengan memilih “customize” pada ujung kanan atas halaman.

“Performance” tab memberikan seller detailed metrics mencakup:

  • Selling costs dan fees breakdown.
  • Daily sales trends.
  • Best performing listings.
  • Monthly sales.
  • Sales by country.
  • Page views dan buyer traffic.

“Performance” tab memberikan seller detailed metrics mencakup:

Service metrics dashboard

Dashboard ini dirancang untuk memberikan seller tool dan insight yang dapat digunakan untuk mengelola kegiatan after-sales, mencakup:

  • Kaus “item not as described” returns dan “Item not received” request yang dibuka oleh buyer.
  • Perbandingan performa request tersebut dengan seller lain yang menjual produk serupa.
  • Transaction reports yang dapat di download untuk melihat bagaimana listing memperngarui after-sales requests.

Service metrics dashboard

Highlights: Growth

Growth tab akan memberikan insight dan petunjuk bagaimana seller dapat meningkatkan bisnis, termasuk didalamnya bagaimana cara meningkatkan listing agar lebih cepat terjual. Akses data produk juka tersedia agar seller dapat melihat kecocokan produk yang dimilikinya dengan permintaan pasar, sehingga dapat dilakukan pengoptimalan performa penjualan.
Dapatkan pula rahasia mengalahkan competitor dengan mempelajari fitur-fitur berikut:


1

Peningkatan listing


2

Bimbingan sourcing produk



3

Arahan restock produk


Peningkatan bisnis dapat dilakukan dengan melakukan:

  • Melihat “improve listings” untuk melihat bagian listing yang harus ditingkatkan.
  • Pilih “Analyse listings and recommendation” untuk membandingkan listing dengan produk serupa dari seller lain, disertai dengan rekomendasi.
  • Melihat tab “Sourcing” dimana seller dapat melihat data untuk menemukan produk yang sedang dicari buyer saat ini dari seluruh 4000 kategori eBay.

Pada dasarnya, eBay Seller Hub adalah personal assistant dan business development consultan bagi seller berbantuk one user-friendly platform.

Pelajari dengan seksama bagaimana cara kerja eBay Seller Hub untuk membantu pencapaian target bisnis dengan efektif dan efisien.

Peningkatan bisnis dapat dilakukan dengan melakukan: