eBaymag FAQs

Temukan jawaban atas pertanyaan paling sering tentang eBaymag

Tentang eBaymag, Akun, dan Biaya

Apa keuntungan menggunakan eBaymag?

eBaymag adalah tool yang memudahkan untuk melakukan listing dan mengelola penjualan di seluruh situs internasional eBay. Platform ini merupakan tempat untuk mengatur pesanan, mengoptimalkan logistik dan pengriman.
eBaymag memungkinkan seller untuk:

  • Me-listing produk di delapan situs internasional eBay sekaligus untuk menjual ke luar negeri
  • Menerima dukungan customer secara tepat waktu dalam bahasa asal seller
  • Me-listing produk dalam jumlah banyak dengan mengimpornya sebagai tabel Excel
  • Menghubungkan inventory secara otomatis di seluruh situs eBay
  • Secara otomatis memilih kategori paling tepat untuk setiap produk yang di listing
  • Secara otomatis mengadaptasi listing ke situs internasional eBay
  • Mengoptimalkan proses order dan pengiriman

Apakah saya bisa menggunakan eBaymag jika sudah berlangganan eBay Store?

Ya, bisa. Seller bisa menggunakan eBaymag secara gratis untuk semua seller yang melakukan subscriptions store.

Saya ingin menonaktifkan eBaymag, bagaimana caranya?

Untuk menonaktifkan eBaymag, buka menu pengaturan Account di kanan atas, lalu pilih Settings. Pada halaman Settings, scroll ke bawah dan klik tombol Disable eBaymag account. Seller juga dapat menghapus semua listing; memindahkan semua item dari eBay slider.
Penghapusan eBaymag membutuhkan waktu. Jika seller menonaktifkan eBaymag tetapi kemundian mengurungkan niat, seller hanya dapat mengembalikannya dengan cara melakukan pendaftaran kembali dari awal.

Bagaimana penjualan eBay saya dapat dikenakan pajak?

Untuk perpajakan, seller perlu berkonsultasi dengan konsultan atau praktisi pajak, karena hal ini akan bergantung pada beberapa faktor.
Contohnya, berdasarkan legislasi Rusia, perbedaan antara biaya pembelian dan biaya penjualan akan dikenakan pajak jika ada dokumen pendukung dan kepemilikan barang selama tidak lebih dari 3 tahun. Biaya pajak tergantung pada status seller: seller individu harus membayar pajak penghasilan sebesar 13%, kewajiban pajak badan hukum atau pemilik tunggal dapat bervariasi dan tergantung pada sistem pajak yang dipilih.

Bisakah saya menyesuaikan profil seller melalui eBaymag?

Tidak bisa. Seller bisa membuat dan menyesuaikan profil seller eBay melalui halaman ebay.com.

eBay merekomendasikan setiap seller untuk membuat profil yang menarik dan informatif yang bisa dipromosikan, serta memberikan informasi terkait produk dan pelayanan seller. Hal ini akan membantu seller untuk menarik buyer dan mengembangkan bisnis. Untuk mengedit profil, buka halaman profil dengan mengetik ebay.com/usr/LOGIN di kolom address, atau dengan klik link untuk login di pojok kiri atas pada situs utama eBay. Klik tombol Edit profile, dan seller bisa mengunggah gambar, membuat collections, subscribe ke halaman eBay member lain, ,collections mereka, dan tema, menulis manual, dan seterusnya. Ketika profil sudah siap, klik tombol Done Editing.

Buat halaman profil terbaikmu. Luangkan waktu untuk mengedit dan menyesuaikan profil. Ini bisa memberikan peluang untuk meningkatkan jumlah potensial buyer.

Bisakah saya mengirim pesan ke buyer melalui eBaymag?

Tidak bisa.

Bisakah saya menambahkan opsi Commit to Buy melalui eBaymag pada listing?

Tidak bisa.

Apakah listing saya akan tetap aktif setelah saya menonaktifkan eBaymag?

Jika seller tidak ingin menghapus seluruh listing ketika menonaktifkan eBaymag, seller tidak perlu menggeser opsi Delete all items from eBay. Dalam kasus ini, seller hanya akan menonaktifkan eBaymag, sementara seluruh listing akan tetap aktif.

Bagaimana cara menghubungi Customer Service?

Jika seller punya pertanyaan seputar eBaymag, seller bisa menghubungi dan menanyakan eBay dengan klik tombol Support di pojok kanan bawah di semua halaman eBaymag. Seller akan menerima jawaban pada alamat email yang terdaftar.

Jika seller punya pertanyaan seputar situs eBay atau akun eBay, hubungi Customer Service eBay dengan klik Help & Contact pada bagian atas di semua halaman eBay.

Apa itu biaya eBay seller? Kapan saya harus membayarnya?

Seller dikenakan dua biaya dasar ketika me-listing produk di eBay:

  • Insertion fees
    Ini adalah biaya yang dikenakan untuk menjual produk di eBay.
    Kategorinya meliputi:

    1. biaya untuk posting sebuah listing;
    2. biaya untuk memperbarui listing (contoh: me-listing kembali secara otomatis)

    Insertion fees dikenakan kepada seller pada saat me-listing. Insertion fees dihitung berdasarkan kategori produk dan format penjualan yang seller pilih.

  • Final value fee
    Final value fee terdiri dari persentase variabel berdasarkan kategori dari jumlah total penjualan (termasuk pengiriman, pajak, dan biaya tambahan lainnya), ditambah biaya tetap untuk setiap pesanan. Biaya internasional dan konversi mata uang mungkin berlaku.

Sebagai tambahan untuk biaya tersebut, seller eBay mungkin dikenakan biaya lain.

Ingat, setiap situs internasional eBay memiliki kebijakan biaya masing-masing. Harap untuk mematuhinya ketika memposting listing di situs internasional eBay. Biaya untuk setiap situs internasional eBay akan dikurangi dari pendapatan seller. Seller dapat menemukan informasi terkait biaya pada bagian Reports di tab Payments pada Seller Hub atau My eBay. Informasi lebih lanjut tentang biaya eBay di sini.

Apa perbedaan Akun Personal dengan Bisnis?

Seller bisa memilih jenis akun dengan mendaftar sebagai: akun Personal atau akun Bisnis.
Seller bisa memilih akun Bisnis hanya jika seller memiliki badan hukum yang resmi. Jika tidak, seller dapat mendaftar sebagai akun Personal dan dapat menggantinya ke akun Bisnis pada pengaturan akun eBay.

Pilih akun Bisnis jika seller:

  1. me-listing produk buatan sendiri atau dibeli untuk dijual kembali;
  2. menjual secara regular beberapa barang dalam jumlah banyak;
  3. menjual barang sebagai Trading Assistant.

Ketika seller mendaftar sebagai akun Bisnis, seller akan mendapatkan:

  1. kesempatan untuk mendaftarkan nama perusahaan yang akan muncul di seluruh dokumen dan komunikasi dengan buyer, seperti invoice dan email (dalam kasus ini seller harus memasukkan nomor Primary State Registration perusahaan selama pendaftaran untuk akun Bisnis);
  2. meningkatkan selling limit di kemudian hari;
  3. berhak mendapatkan penawaran khusus;
  4. kesempatan untuk menggunakan keuntungan pajak tertentu;
  5. tools penjualan profesional yang akan membantu meningkatkan bisnismu.

Bagaimana cara mendaftar eBaymag?

Seller perlu menyiapkan akun eBay untuk daftar eBaymag.

Saya sudah memiliki akun eBay.
Pada halaman depan eBaymag, klik Sign in melalui tombol eBay. Pada tan Sign in, masukkan eBay login dan password. eBaymag adalah aplikasi resmi eBay, jadi bisa dipastikan seluruh informasi seller aman.

Saya tidak punya akun eBay
Jika seller belum mempunyai akun eBay, silakan mendaftar terlebih dahulu. Untuk melakukannya, pilih jenis akun pada halaman pendaftaran: seller bisa mendaftar sebagai akun Personal atau Bisnis.

Pilih akun Bisnis jika seller:

  • me-listing produk buatan sendiri atau dibeli untuk dijual kembali;
  • menjual barang secara berkala dalam jumlah besar.

Ketika seller mendaftar sebagai akun Bisnis, seller akan mendapatkan:

  • kesempatan untuk mendaftarkan nama perusahaan yang akan muncul di seluruh dokumen dan komunikasi dengan buyer, seperti invoice dan email (dalam kasus ini seller harus memasukkan Primary State Registration Number perusahaan selama pendaftaran untuk akun Bisnis);
  • meningkatkan selling limit di kemudian hari;
  • berhak mendapatkan penawaran khusus;
  • kesempatan untuk menggunakan keuntungan pajak tertentu;
  • tools penjualan profesional yang akan membantu meningkatkan bisnismu.

Isi kolom yang wajib diisi lalu klik tombol Register.

Pastikan seller sudah membaca eBaymag Terms of Use dengan teliti. Ketika seller klik tombol I Agree, artinya seller menyetujui semua persyaratan.

Perlu dicatat bahwa eBay mengirimkan undangan melalui email ke setiap pengguna eBaymag. Ketika seller menerima undangan, seller bisa login ke eBaymag dan mempelajarinya. Membuat listing akan tersedia setelah eBay meninjau akun seller (yang akan membutuhkan waktu). Setelah akun siap, eBay akan mengirimkan surat konfirmasi yang kedua.

Saya sudah menerima email konfirmasi

Selamat! Sekarang saatnya mempublikasi listing pada tab Stock dan mulai berjualan!

Apakah eBaymag adalah fitur berbayar?

eBaymag merupakan tool gratis. Tapi, eBay akan mengenakan biaya untuk listing, seperti insertion fee, jika seller sudah melampaui monthly zero insertion fee listings allotment dan final value fees ketika menjual produk. eBay fees dan zero insertion fee listings per bulan dapat beragam pada setiap situs internasional eBay dan tergantung pada akun dan tipe eBay store.

eBaymag juga melindungi seller dari kelebihan akumulasi biaya secara tidak sengaja. Jika seller sudah melampaui kuota monthly free listings , eBay hanya akan mengenakan biaya untuk listing pertama yang melampaui kuota, dan eBaymag akan secara otomatis menonaktifkan listing berikutnya dan memberitahu seller terkait kelebihan tersebut.

Apa itu multi-account dan apa saja keuntungannya?

eBaymag mengizinkan seller untuk menyatukan akun eBay yang terpisah ke situs internasional yang berbeda.
Hal ini memungkinkan seller untuk:

  • Menyalin produk dengan cepat dari akun utama ke beberapa akun lain.
  • Berlangganan eBay Store secara terpisah untuk setiap situs tempat seller ingin me-listing dan mendapatkan lebih banyak listing gratis.
  • Mengelola seluruh pesanan dari setiap akun pada satu halaman.

Untuk menghubungkan beberapa akun:

  • Buka tab Sites pada eBaymag.
  • Pilih situs yang ingin seller gabungkan akunnya, lalu klik Add an account di kolom paling kanan.
  • Pada jendela pop-up, klik Add account. Seller akan dialihkan kembali ke formulir login eBay. Masukkan data dari akun yang ingin diikat.
    Saat login, seller akan kembali ke eBaymag. Jika tidak ada konfirmasi lanjutan yang dibutuhkan (seperti nomor telepon), klik Done.
  • Seller akan melihat akun baru di samping situs di mana akun tersebut terikat. Seluruh produk akan dilisting pada situs tersebut dengan akun yang baru terikat.

Listings

Barang apa yang bisa saya listing melalui eBaymag?

eBaymag memungkinkan seller untuk me-listing produk yang sesuai dengan eBay Rules & Policies dan peraturan spesifik lainnya pada situs internasional eBay di mana seller me-listing produk (seperti ebay.de, ebay.it, dll.) yang mungkin berbeda dari situs ebay.com lainnya.
Persyaratan umum untuk listing di eBaymag adalah sebagai berikut:

  1. Harga barang tidak kurang dari $1 (listing auction harus memiliki harga Buy It Now)
  2. Setidaknya ada satu barang yang tersedia untuk dijual (listing dengan barang yang sudah habis tidak bisa diposting)
  3. Biaya kirim tetap ke negara buyer
  4. Durasi listing diatur sebagai Good ‘Til Cancelled

Di situs eBay mana saya bisa me-listing produk melalui eBaymag?

Seller dapat me-listing produk melalui eBaymag pada website berikut: ebay.com (termasuk eBay Motors), ebay.co.uk, ebay.de, ebay.fr, ebay.it, ebay.es, ebay.com.au, ebay.ca.

Bagaimana cara membuat listing?

Ada tiga cara membuat listing di eBaymag: dengan mengimpor dari situs eBay, dengan cara manual, atau dalam jumlah banyak dengan format .xlsx.
Mengimpor dari situs eBay
Pada halaman produk, klik Add an item, lalu klik Import from eBay. Pada jendela pop-up, pilih situs sumber di mana produk yang akan diimpor dilisting, lalu klik Start.
Catatan: jika menjual suku cadang mobil, pilih situs ebay.com (Motors).
Membuat listing secara manual
Untuk membuat listing secara manual, klik Add an item, lalu Add manually. Isi formulir produk, lalu listing produk.
eBaymag juga memungkinkan penggunanya untuk membuat listing baru berdasarkan yang sudah ada; untuk melakukannya, beri tanda ceklis kotak listing asli pada daftar produk, dan klik Create similar.
Membuat beberapa listing dalam jumlah banyak
Seller bisa menambahkan beberapa produk melalui tabel Excel.
Caranya:

  1. Klik Add an item, lalu Grab from Excel
  2. Unduh file Template.xlsx dari jendela Upload item
  3. Lengkapi informasi produk
  4. Unggah file dan klik tombol Upload

Perlu diingat bahwa hanya produk baru yang akan ditambahkan; menggunakan fungsi ini tidak bisa untuk memperbarui produk yang sudah dilisting.

Saya mencoba membuat listing tapi tidak bisa diposting. Mengapa?

Jika seller tidak dapat me-listing produk silahkan periksa beberapa alasan di bawah:

  1. seller tidak mengklik tombol Sell;
  2. seller sudah mencapai batas akun (silakan hubungi Customer Service untuk mengajukan kenaikan selling limits);
  3. eBay tidak bisa menemukan kategori yang tepat untuk produk seller pada situs internasional (untuk kasus ini, silakan pilih secara manual);
  4. opsi pengiriman yang ditawarkan bertentangan dengan aturan situs internasional, atau tidak memiliki harga pasti (untuk kasus ini, eBay merekomendasikan seller untuk memilih Shipping Policy yang dibuat dengan tools eBaymag);
  5. tidak ada cukup informasi yang tersedia (harap mengisi template produk);
  6. informasi yang ditambahkan tidak bisa diubah ke dalam format yang tepat untuk diposting pada situs (seller harus memeriksa dan mengoreksi deskripsi produk untuk bisa memposting listing).

eBaymag mempublikasikan listing hanya jika listing tersebut dapat diadaptasi ke etalase produk situs internasional dan telah memenuhi seluruh peraturan dan batasan. Tips pop-up akan sangat membantu, jadi perhatikan dengan baik agar seller dapat memahami cara meningkatkan listing hingga sukses terpublikasi.

Bagaimana saya bisa menemukan listing yang saya buat sebelumnya?

Seller mungkin menambahkannya ke Archive (Arsip).
Untuk melihat listing yang sudah diarsipkan:

  1. Klik Filter pada tab Items
  2. Pilih Yes for Archived
  3. Terapkan filters

Untuk me-listing ulang produk, beri tanda ceklis kotak, lalu klik Unarchive.

Di mana saya bisa mengedit listing?

Terkadang seller perlu melakukan edit pada listing.
Perlu diingat, semua listing yang sudah dibuat dan diposting melalui eBaymag harus diedit juga melalui eBaymag. eBaymag tidak akan menyimpan perubahan listing yang dibuat melalui eBay.

Bagaimana cara mengisi template produk dengan benar ketika membuat listing secara manual?

Ketika membuat listing, lengkapi spesifikasi berikut pada template produk:

  1. title dan subtitle,
  2. deskripsi produk,
  3. kondisi produk,
  4. atribut produk,
  5. dan variasi produk.

Title dan subtitle
Pada title dan subtitle, beritahu kondisi barang dengan jujur, jelas, dan informatif. Tulis nama produk, deskripsikan dengan kata kunci yang tepat. Masukkan juga nama merek, pembuat, atau desainer. Coba gunakan kata-kata yang dapat membantu buyer menemukan listing-mu dengan pilihan eBay Search (contoh: gunakan kata “T-Shirt” alih-alih “singlet”).

Deskripsi produk
Pada kolom ini lengkapi informasi produk seperti: ukuran, bentuk, warna, tanggal produksi, negara manufaktur, fitur penting, dan tanda/bercak. Lengkapi set pengiriman dan deskripsikan kemasan produk.

Kondisi produk
Pilih kondisi produk dari drop-down menu Condition.
Pada kolom deskripsi kondisi produk, berikan detail tambahan tentang kondisi produk, seperti apakah ada cacat, bagian yang hilang, goresan, atau aus. Deskripsikan cacat produk atau kerusakan bersamaan dengan informasi apakah produk tersebut butuh diperbaiki untuk berguna dengan baik.

Atribut produk
Pada kolom atribut produk, seller bisa menambahkan karakteristik kunci dari produk yang akan muncul pada bagian atribut produk pada listing. Seller tidak boleh mengulang kata atau menggunakan sinonim, jika tidak eBaymag akan mencoba untuk menggabungkannya dalam satu atribut.
Untuk menambahkan atribut tambahan pada template, tulis pada kolom Attributes lalu klik Add new value.

Variasi produk
Tambahkan seluruh detail variasi untuk produk yang akan dilisting. Misalnya, sebuah kaos mungkin memiliki variasi warna dan ukuran. Seller juga harus mencantumkan nomor dan kode produk, kuantitas dan harga produk, agar buyer dapat memilih variasi yang mereka ingin beli.
Selain itu, ketika membuat listing seller harus memilih dari daftar drop-down:

  1. bahasa asli listing;
  2. kondisi produk
  3. dan unggah foto produk.

Mengapa saya perlu mengarsipkan listing? Apa bedanya mengarsipkan dengan menghapus listing?

Mengarsipkan Listing
eBaymag memungkinkan seller untuk mengarsipkan listing untuk menyembunyikan sementara tanpa menghapusnya, agar hanya listing yang relevan yang tetap berada pada daftar.
Untuk mengarsipkan listing, beri tanda ceklis pada produk, lalu klik Archive.
Untuk mengakses listing yang diarsipkan:

  1. Klik Filter pada tab Items
  2. Pilih Yes for Archived
  3. Terapkan filters

Untuk me-listing ulang, beri tanda ceklis, lalu klik Unarchive.

Penghapusan Listing
Listing yang sudah dihapus tidak dapat dikembalikan.
Untuk menghapus listing, beri tanda ceklis pada kotak, lalu klik Delete pada header daftar.

Apakah listing saya akan tetap aktif di eBay setelah saya menonaktifkan eBaymag?

Jika seller tidak menghapus seluruh listing bersamaan ketika menonaktifkan eBaymag, seller hanya perlu untuk tidak memindahkan slider pada opsi Delete all items from eBay. Artinya, ketika seller menonaktifkan eBaymag, seluruh listing akan tetap aktif.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk listing hingga muncul pada situs internasional eBay setelah mengklik tombol Sell?

Biasanya dibutuhkan waktu hingga 15 menit sampai listing muncul di situs internasional eBay; akan tetapi, ada kemungkinan itu membutuhkan waktu 24 jam jika seller me-listing lebih dari 100 barang di beberapa situs internasional.
Jika produk tidak terlisting setelah periode waktu tersebut, periksa:

  1. apakah seller sudah mengklik tombol Sell (jika belum, klik sekarang)
  2. apakah seller sudah mencapai selling limits (jika sudah, hubungi Customer Service eBay melalui Help & Contact)

Penyebab keterlambatan lainnya:

  1. eBay tidak bisa menemukan kategori yang tepat untuk produk tersebut di situs internasional (coba pilih kategori secara manual).
  2. Opsi pengiriman yang ditawarkan bertentangan dengan aturan situs internasional, atau tidak memiliki harga pasti (untuk kasus ini, eBay merekomendasikan seller untuk memilih Shipping Policy yang dibuat dengan tools eBaymag).
  3. Spesifikasi produk belum lengkap (harap lengkapi terlebih dahulu).
  4. Spesifikasi produk yang ditambahkan tidak bisa diubah ke dalam format listing pada situs tersebut (periksa dan perbaiki deskripsi produk).

eBaymag mempublikasikan listing hanya jika listing tersebut dapat diadaptasi ke etalase produk situs internasional dan telah memenuhi seluruh peraturan dan batasan.
Tips pop-up akan membantu meningkatkan listing produk seller.

Listing yang saya publikasikan melalui eBaymag dihapus. Mengapa?

Listing yang dipublikasikan melalui eBaymag dapat dihapus karena beberapa alasan:

  1. melanggar salah satu kebijakan eBay;
  2. melanggar kebijakan situs internasional eBay tempat seller akan me-listing;
  3. pemilik hak kekayaan intelektual (misalnya Coach atau Louis Vuitton) meminta untuk menghapusnya (berdasarkan kebijakan eBay, pemilik hak kekayaan intelektual dapat meminta eBay untuk menghapus listing yang menawarkan produk atau mengandung bahan yang melanggar hak kekayaaan intelektual. Hak ini termasuk merek dagang, hak cipta, dan/atau hak legal);
  4. Seller lain memiliki hak untuk menjual produk tersebut (misalnya, distributor resmi);
  5. eBay menerima pesan peringatan bahwa listing tersebut tidak memenuhi kebijakan eBay.

Ketika listing dihapus, seller akan menerima email pemberitahuan terkait alasan penghapusan. Seller juga akan melihat alasan penghapusan listing sebagai pemberitahuan pada bagian atas halaman listing.

Mengapa saya harus mengisi kolom Subtitle? Mengapa opsi ini berbayar?

Menambahkan subtitle pada listing dapat meningkatkan ketertarikan buyer dengan menambahkan informasi deskripsi terkait produk.

Seller dapat menambahkan subtitle pada formulir listing. Perlu diingat opsi ini berbayar untuk sebagian besar situs internasional eBay.

Tambahkan detail berikut:

  1. informasi tambahan terkait produk apa yang dijual (misalnya, merek, pembuat, desainer, aksesoris, dan sebagainya);
  2. informasi pada karakteristik mungkin dapat menarik buyer untuk membeli.

Contoh:
Title: Apple MacBook Air 13 notebook computer
Subtitle: CPU Intel Core i5, RAM 4 Gb, 128 GB HD
Perlu diingat:

  1. subtitles akan terlihat ketika buyer melihat hasil pencarian dengan mode List View (tidak muncul dalam mode Gallery View);
  2. teks subtitle tidak dapat dicari ketika buyer melakukan pencarian judul standar untuk sebuah produk. Tapi, subtitle dapat dicari jika buyer memasukkan deskripsi pada pencarian advanced.

Mengapa saya tidak bisa membuat listing auction-style?

Batas teknologi eBaymag belum memungkinkan untuk pembuatan listing auction-style. eBay akan segera menambahkan fitur untuk menduplikasi listing auction-style dalam waktu dekat.

Produk, Penjualan, dan Pengiriman

Berapa harga yang harus saya tentukan untuk produk yang dijual?

Seller bisa menentukan berapapun harga yang diinginkan. Tapi, agar listing dapat bersaing dengan listing dari seller eBay lain, ikut peraturan berikut:

  1. jangan menetapkan harga terlalu tinggi. Bandingkan harga produk yang sama yang sedang aktif atau sudah terjual di eBay. Ini akan membantu seller menganalisis kondisi pasar dan menetapkan harga yang optimal.
  2. jangan menetapkan harga terlalu rendah. Jika tidak, seller harus mengimbanginya dengan biaya pengiriman yang tinggi.
  3. masukkan biaya pengiriman ke dalam harga produk. Hal ini bisa menambah opsi biaya kirim gratis ke listing dan meningkatkan visibilitas pencarian listing.

Menentukan harga yang pantas, mempertahankan rating seller, dan menawarkan biaya kirim rendah dapat membantu seller meningkatkan kesempatan untuk menarik buyer.

Apa itu selling limits (limits untuk eBay sellers)?

Selling limits (limits untuk eBay sellers) adalah batasan tertentu yang dibuat eBay untuk mengontrol kualitas penjualan.
eBay memiliki 3 jenis limits untuk seller:

  1. Account limits.
    Hal ini termasuk limit untuk produk yang terjual, volume merchandise, dan produk aktif untuk penjualan.
    Ketika seller me-listing melalui tool eBaymag, seller hanya bisa menggunakan satu akun eBay. Seller dapat mengecek limit akun di My eBay.
    Sebagai contoh, seller memiliki limit bulanan untuk jumlah listing aktif. Angka ini termasuk seluruh listing yang dibuat secara manual atau otomatis melalui eBaymag. Jika seller berhasil mencapai limit listing, ajukan kenaikan limit dan eBay akan mempertimbangkannya. Untuk saat ini, seller harus menurunkan jumlah listing aktif sesuai limit.
    Perlu diingat bahwa menonaktifkan listing melalui halaman muka eBay ataupun eBaymag tidak dapat memberikan seller opsi untuk memposting listing tambahan di dalam selling limit, karena limit tersebut termasuk jumlah listing yang diposting tiap bulannya, bukan hanya jumlah listing aktif pada akun seller.
  2. Category limits.
    Ini adalah limit untuk beberapa produk yang bisa dilisting di beberapa kategori dalam waktu bulan kalender.
  3. Item limits.
    Limit ini melarang seller untuk me-listing produk yang tidak memenuhi persyaratan dalam kualitas, keamanan, dan legalitas.
  4. Untuk meningkatkan limit seller perlu:

    1. memiliki hubungan yang bagus dengan buyer sebagai seller;
    2. menunjukkan kemampuan untuk memenuhi persyaratan buyer;
    3. memenuhi kebijakan menjual di eBay.

Apa itu item showcase (etalase produk)?

Item showcase adalah daftar seluruh produk yang tersedia untuk dijual melalui listing eBay di situs internasional. Showcase atau etalase dibuat secara otomatis setelah pembuatan listing. Oleh karena itu, seluruh produk yang tersedia untuk dijual akan dimasukkan ke dalam showcase situs internasional.

Pada tab Sites, seller bisa menemukan daftar seluruh showcase produk, juga produk aktif dan produk yang sedang dalam proses untuk dilisting. Untuk mengunjungi showcase situs internasional, buka tab Sites, lalu pilih situs pada kolom Site.

Mengapa me-listing dalam jumlah banyak harus dalam format .xlsx?

Karena me-listing produk satu per satu memakan banyak waktu, eBaymag menawarkan opsi untuk menambahkan produk dalam format tabel Excel.
Caranya:

  1. Klik Add an item, lalu Grab from Excel
  2. Unduh file Template.xlsx dari jendela Upload item
  3. Lengkapi detail produk
  4. Unggah file dan klik tombol Upload

Perlu diingat hanya produk baru yang akan ditambahkan; fitur ini tidak dapat digunakan untuk memperbarui produk yang sudah dilisting.

Apa itu Kebijakan Pengiriman?

Untuk membuat listing, seller perlu membuat Kebijakan Pengiriman.

Kebijakan Pengiriman adalah seperangkat tarif untuk pengiriman suatu barang atau sekelompok barang. Profil pengiriman termasuk kebijakan pengembalian dan informasi lainnya.

Untuk membuat Kebijakan Pengiriman, buka tab Shipping, lalu klik tombol Create Policy pada bagian kanan halaman. Kemudian isi template Kebijakan Pengiriman, tentukan nama kebijakan dan pilih satu tarif atau lebih. Agar lebih nyaman, seller dapat menandai setiap Kebijakan Pengiriman dengan warna berbeda.

Seller dapat memeriksa kembali template Kebijakan Pengiriman apakah pengiriman yang seller butuhkan bisa diterapkan di situs internasional berbeda. Untuk melakukan ini, pilih ikon situs yang ingin diperiksa di bawah kalimat Check the result on each site. Jika pengiriman tersebut tidak dapat diterapkan berdasarkan aturan situs internasional, seller bisa melihat penjelasannya pada poin tersebut.

Setelah itu, seller bisa mengecek daftar pengecualian pengiriman.

Ketika seller mengisi seluruh kolom dan memberi tanda ceklis pada pengiriman, klik tombol Save.

Saya sudah mengganti kuantitas barang di eBay, tapi masih belum berubah di eBaymag. Apa yang harus saya lakukan?

Pada tab Items, klik tombol Sync quantities with eBay. Inventory pada eBaymag akan diperbarui dengan listing yang ada di eBay. Ini hanya berlaku untuk satu arah: mengubah inventory di eBaymag tidak akan mengubah listing asli di eBay.

Bagaimana eBaymag merekomendasikan produk untuk publikasi?

Setelah mendaftar, eBaymag akan segera merekomendasikan seller untuk me-listing produk tertentu pada situs berdasarkan data internal eBay terkait relevansi situs dan riwayat penjualan seller. Me-listing produk yang direkomendasikan dapat meningkatkan penjualan hingga 40%.

Mengapa produk saya dilisting di kategori lain pada salah satu situs internasional?

Setiap situs internasional eBay memiliki pohon kategorinya masing-masing. Umumnya mereka semua sama, tapi kemungkinan ada beberapa perbedaan. Hal ini bisa disebabkan eBaymag telah memilih kategori yang paling tepat untuk produk tersebut. Misalnya, pada situs ebay.co.uk, sepatu olahraga wanita masuk ke dalam kategori Clothing, Shoes & Accessories > Women’s Shoes > Trainers, sedangkan pada situs ebay.com produk tersebut masuk ke dalam kategori Clothing, Shoes & Accessories > Women’s Shoes > Athletic Shoes.
Jika seller tidak setuju dengan rekomendasi kategori tersebut, seller bisa menggantinya secara manual.
Caranya:

  1. Pada tab Items, masuk ke halaman produk
  2. Scroll ke bawah untuk mencari kategori yang telah ditentukan
  3. Klik Select other
  4. Pilih kategori yang dirasa sesuai dari daftar kategori atau masukkan secara manual

Terkadang ada kategori yang tidak bisa diterapkan secara manual. Jika seller mendapat pemberitahuan tersebut, pilih kategori secara manual seperti yang telah dijelaskan di atas.

Bagaimana cara mengatur harga yang berbeda pada setiap negara untuk produk yang sama?

  1. Pada tab Items, klik bendera situs internasional yang ingin diatur harganya.
  2. Seller akan masuk ke halaman edit massal situs tersebut.
  3. Tentukan harga yang diinginkan pada kolom Price.
  4. Perubahan akan diaplikasikan hanya untuk situs tersebut.

Bagaimana cara menggunakan integrasi DHL dan Russian Post?

Untuk mengirim pesanan menggunakan DHL atau Russian Post, akun seller harus menggunakan alamat pos Rusia.
Caranya:

  1. Buka tab Orders & Shipping pada eBaymag
  2. Klik pesanan yang ingin dikirim
  3. Pada jendela pop-up, klik Ship with Russian Post atau EMS/Ship with DHL
  4. Lengkapi data yang diperlukan, lalu klik Calculate shipping

Pengirimanmu sudah terdaftar. Selanjutnya, ikuti instruksi yang tertera pada status pengiriman: cetak invoice, siapkan dokumen yang diperlukan, bawa paket ke kantor pos atau menunggu kurir mengambil paket.
Pelajari lebih lanjut tentang biaya khusus dan syarat penggunaan Russian Post dan DHL.

Situs Internasional eBay

Mengapa beberapa negara dikecualikan dari pengiriman pada listing yang dibuat melalui eBaymag?

Dengan cara ini, eBaymag memberlakukan kebijakan duplikasi listing eBay yang menyatakan bahwa suatu barang hanya dapat dijual di negara tertentu di satu situs internasional eBay. Pengecualian otomatis melindungi akun seller dari kemungkinan diblokir dan mencegah listing yang serupa dalam bahasa berbeda pada hasil pencarian buyer.

Pengecualian diterapkan secara otomatis pada salinan listing di situs internasional. Pada listing asli, negara yang tersedia untuk pengiriman tidak akan berubah. Misalnya, jika seller pertama kali me-listing dengan pengiriman internasional di ebay.com, lalu me-listing di ebay.ca melalui eBaymag, maka pengiriman dari ebay.com akan tetap internasional sedangkan pengiriman dari ebay.ca hanya akan tersedia di Kanada saja.

Apa batasan hukum memposting listing yang dimiliki situs internasional eBay?

Pembatasan hukum di setiap situs internasional eBay dapat ditemukan di departemen Help & Contact di situs internasional eBay yang sesuai.

Berapa nilai tukar situs eBay internasional untuk biaya produk yang dijual?

Ketika seller memposting listing melalui eBaymag, nilai tukar untuk situs internasional dikalkulasi-ulang oleh Google Finance. Artinya, jika nilai tukar berubah, maka harga akan secara otomatis dikalkulasi-ulang (harga dalam huruf miring tidak akan dikalkulasi-ulang).

Di saat yang sama, seller dapat mengatur harga sesuai mata uang masing-masing situs internasional. Perlu diingat jika harga diatur secara manual, harga tersebut tidak akan berubah dan tidak dikalkulasi-ulang ketika nilai tukar berubah.

Mengapa produk saya dilisting di kategori lain pada situs internasional?

Setiap situs internasional eBay memiliki pohon kategorinya masing-masing. Umumnya mereka semua sama, tapi kemungkinan ada beberapa perbedaan. Hal ini bisa disebabkan eBaymag telah memilih kategori yang paling tepat untuk produk tersebut. Misalnya, pada situs ebay.co.uk, sepatu olahraga wanita masuk ke dalam kategori Clothing, Shoes & Accessories > Women’s Shoes > Trainers, sedangkan pada situs ebay.com produk tersebut masuk ke dalam kategori Clothing, Shoes & Accessories > Women’s Shoes > Athletic Shoes.

Jika seller tidak setuju dengan rekomendasi kategori tersebut, seller bisa menggantinya secara manual.
Caranya:

  1. Pada tab Items, masuk ke halaman produk
  2. Scroll ke bawah untuk mencari kategori yang telah ditentukan
  3. Klik Select other
  4. Pilih kategori yang dirasa sesuai dari daftar kategori atau masukkan secara manual

Terkadang ada kategori yang tidak bisa diterapkan secara manual. Jika seller mendapat pemberitahuan tersebut, pilih kategori secara manual seperti yang telah dijelaskan di atas.

Bagaimana cara mengatur harga yang berbeda pada setiap negara untuk produk yang sama?

  1. Pada tab Items, klik bendera situs internasional yang ingin diatur harganya.
  2. Seller akan masuk ke halaman edit massal situs tersebut.
  3. Tentukan harga yang diinginkan pada kolom Price.
  4. Perubahan akan diaplikasikan hanya untuk situs tersebut.