Maksimalkan Listing Anda

Memaksimalkan Manajemen Listing untuk bisnis yang menguntungkan

eBay adalah platform bagus untuk memulai bisnis Anda sendiri dari kenyamanan rumah Anda sendiri. Ada berbagai tools dan fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuatnya lebih mudah untuk menjalankan bisnis Anda di eBay. Misalnya, Anda dapat mengotomatiskan proses listing Anda dengan fitur bulk melalui Bulk Listing & Editing tool.. Anda juga dapat mengedit hingga 500 listing sekaligus, memungkinkan Anda untuk menghemat waktu dari pada mengerjakan satu per satu. Namun, memiliki listing di eBay mungkin tidak cukup untuk mengubah bisnis Anda secepat yang Anda inginkan. Itulah sebabnya Anda perlu mempelajari pengetahuan tentang Manajemen Listing.

Apakah yang disebut dengan “Non-Converting Listing?

“Non-Converting Listing” mengacu pada persentase orang – orang yang mengklik listing anda tetapi tidak membeli.

Ini berarti pembeli mengklik listing Anda tetapi tidak membeli. Membuat Item Listing itu menjadi Non-Converting Listing.

Di sisi lain, listing yang tidak hanya memiliki banyak klik, tetapi memiliki banyak klik yang dikonversi menjadi pembelian dianggap sebagai barang dengan permintaan tinggi.

Jadi, tujuan Anda di sini adalah untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan. Anda tidak ingin pengunjung hanya mampir untuk menjelajah. Anda ingin mereka mengklik tombol “Beli Sekarang” sebelum mereka pergi.

Bagaimana kamu melakukan ini? Dengan mengetahui apa yang dilakukan pesaing Anda.

Apakah yang disebut dengan “Non-Converting Listing?

Pelajari kompetisi Anda

Persaingan di eBay sangat ketat. Mungkin ada banyak penjual di luar sana dengan ide yang sama, menjual barang yang sama seperti Anda. Jadi, bagaimana Anda mengungguli pesaing Anda? Jawabannya adalah penelitian.
Berikut adalah alasan utama mengapa Anda harus meneliti pesaing Anda.


1

Untuk digunakan sebagai patokan listing dan harga.


2

Mempelajari pengalaman terbaik untuk melisting


3

Menilai potensi suatu produk baru



4

Untuk menilai peluang harga


5

Untuk menentukan pangsa pasar


6

Memutuskan bagaimana mengalahkan pesaing Anda

Kelola dan kembangkan bisnis Anda di satu tempat

eBay Seller Hub adalah tempat Anda akan menemukan panduan marketing dan analytics insights yang akan membantu Anda membuat keputusan tentang cara mengembangkan bisnis eBay Anda.

Seller Hub menyediakan gambaran lengkap dan secara teratur diperbarui tentang performa bisnis Anda. Ini membantu Anda dengan cepat mengidentifikasi barang yang paling menguntungkan dan bagian mana yang mungkin perlu diperbaiki.

Anda juga akan memiliki akses langsung ke eBay Seller Dashboard Anda dengan laporan terperinci untuk membantu Anda memantau performa Anda.

Kelola dan kembangkan bisnis Anda di satu tempat

Manfaatkan tab New Growth untuk mengelola listing Anda dengan lebih baik

Kalahkan pesaing dengan insight yang lebih baik

Tab New Growth di Seller Hub menunjukkan kepada Anda rahasia penjualan yang memberi Anda keuntungan atas pesaing Anda.

Di sini, kami akan mengajari Anda cara menggunakan fitur seperti:

  • Listing improvements
  • Sourcing guidance
  • Restock advice

Di bawah tab Growth, Anda dapat melihat harga rata-rata item pesaing Anda dan jumlah item pesaing untuk setiap listing termasuk metrik daya saing harga untuk listing.

Pelajari lebih lanjut
Manfaatkan tab New Growth untuk mengelola listing Anda dengan lebih baik

Listing Insight

Gunakan Listing Insight untuk mendapatkan harga yang direkomendasikan berdasarkan eBay dan platform tren lainnya.

Anda juga akan dapat melihat penjualan Anda vs total penjualan di eBay untuk produk yang sama.

Cara memantau lalu lintas dan tingkat konversi ke cantuman Anda

Tab Performance dari Seller Hub menunjukkan tingkat konversi dan lalu lintas utama untuk pesanan Anda. Klik tab Performance dan pilih Traffic untuk melihat metrik ini.

Cara memantau lalu lintas dan tingkat konversi ke cantuman Anda

Dari seksi Traffic, penjual dapat melihat jumlah “impressions” dari listing mereka, click-through rates, jumlah view halaman listng dan tingkat konversi penjualan.

  • Trafik ke ke listing anda @ impressions dipengaruhi oleh keakuratan judul listing Anda. Anda juga harus selengkap dan informatif tentang pengidentifikasi produk Anda & item specific yang Anda bisa.
  • Click-through-rates @ CTR mengacu pada minat pada listing Anda. Ketertarikan akan listing anda dapat didorong oleh yang berikut ini:
    • judul listing yang jelas
    • kualitas gambar atau gambar pada latar belakang putih
    • harga yang kompetitif

Bagaimana cara menganalisis listing Anda

Di bawah tab Growth, klik Listing Improvements – Underperforming Listings – Analyse Listing.

Anda kemudian akan bisa mendapatkan perbandingan harga dari listing terjual dan listing aktif seperti barang-barang milik Anda. Ini akan membantu Anda menentukan di mana dan bagaimana Anda dapat melakukan perbaikan.

Bagaimana cara menganalisis listing Anda

Di bagian Improve listing, Anda dapat melihat bagian mana dari listing Anda yang perlu diperbaiki. Pilih Analyse listings and recommendations  dan bandingkan daftar itu dengan barang serupa dari penjual lain, dan merekomendasikan di bagian mana yang dapat Anda perbaiki.

Di sini Anda dapat melihat trafik listing anda dan tingkat konversi penjualan serta kinerja barang Anda dibandingkan dengan pesaing Anda.

Memahami Conversion Rates

Low conversion rate

Berikut ini adalah contoh cara Anda menghitung tingkat konversi penjualan Anda.

Tingkat konversi penjualan Anda turun di bawah rata-rata ketika jumlah penjualan Anda kurang dari 2-3% dari total tampilan halaman listing Anda.

Jika ini masalahnya, Anda harus meninjau tampilan halaman total listing Anda untuk melihat apakah telah menurun.

Penjual dengan jumlah view rendah juga harus memeriksa rasio click-through rate untuk melihat faktor apa yang memengaruhi trafik listing.

Anda juga harus memeriksa tarif penjualan Anda di bawah bagian Penjualan pada tab Performance untuk melihat apakah kinerja Anda menurun dan jika ya, seberapa banyak.

Memahami Conversion Rates

Tahu kapan harus restock

Jika momentum Anda kuat tetapi membutuhkan pengingat saat barang Anda hampir habis, gunakan Restocking Advice untuk mendapatkan notifikasi.

Tahu kapan harus restock

Strategi untuk memperbaiki tingkat konversi penjualan yang rendah

1. Hapus produk yang berkinerja buruk

Produk yang tidak dikonversi menjadi penjualan memakan anggaran harian Anda – dana yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk yang laku.

2. Pantau inventaris Anda dengan cermat

Mendaftakan item yang tidak Anda miliki bukan hanya membuat manajemen inventaris jadi buruk tetapi juga layanan pelanggan yang buruk yang dapat memengaruhi Standar Kinerja Penjualan Anda.

3. Pertimbangkan kembali harga Anda

Periksa apakah Anda perlu menurunkan harga. Daftar harga yang lebih tinggi dari harga pesaing cenderung menghasilkan penjualan yang lebih sedikit. Periksa harga pesaing rata-rata untuk listing Anda untuk melihat apakah Anda perlu menurunkan tarif Anda.

4. Tawarkan free shipping

Listing dengan pengiriman gratis berada di peringkatkan lebih tinggi dalam hasil Best Match. Peringkat yang lebih tinggi mengarah pada peluang yang lebih baik untuk mendapatkan penjualan

Menjadi penjual eBay yang sukses membutuhkan kerja keras. Jadi lakukan pekerjaan rumah dan penelitian Anda. Pelajari cara mendapatkan keuntungan dari pesaing Anda. Jadikan eBay Seller Hub sebagai konsultan bisnis Anda dan jadilah ahli dalam Manajemen Daftar.