Judul Listing yang Efektif

Berguna untuk meningkatkan visibilitas listing dan mendorong lebih banyak penjualan

Judul listing sebaiknya diarahkan kepada ekspetasi buyer bukan kepada eBay search engine.

Pemberian judul yang efektif memungkinkan buyer untuk mendapatkan produk yang mereka cari dengan cepat. Hal ini juga menjadi faktor penentu apakah akan melakukan klik dan masuk kedalam listing atau beralih ke listing lain dengan produk serupa. Berikut adalah beberapa tips untuk membantumu menulis listing title yang mumpuni!

Kata Kunci (Keywords)

Saat melakukan proses penjualan ke pasar internasional, selalu penting untuk melakukan riset dan memahami perilaku pembeli lokal disetiap negara yang dituju. Termasuk penggunaaan kata kunci pencarian untuk judul listing.

eBay system fokus untuk memberikan relevansi antara keyword yg diketik buyer ketika mencari produk dan keyword yang terdapat pada listing usatu seller. Oleh karena itu pemahaman mengenai buyer mencari produk akan sangat membantu meningkatkan visibilitas listing.

Gunakan kata kunci yang cenderung dicari oleh buyer – tempatkan dirimu pada posisi mereka dan pikirkan bagaimana Kamu akan mencari produkmu sendiri. Uji beberapa keyword dalam listingmu dan lihat mana yang paling berimbas pada penjualan.

Tips : Gunakan Google keyword untuk menemukan istilah pencarian yang relevan di pasar yang kamu targetkan.

Kata Kunci (Keywords)

A product may have different names in different countries. This is why keyword research is important.

See examples on the right.

Best Practice Listing

Jelaskan dengan seksama seperti apa barangmu pada listing, mencakup informasi penting seperti brand, model, warna, ukuran, kondisi, fitur, dan bahkan MPN (Manufacturer Part Number). Jangan ragu untuk menyertakan kembali nama kategori dalam judul listing.
Berikut ini contoh judul listing yang baik:
MFlash ZT900 Class 10 Micro Flash 128GB Memori Card Dark Blue (New)
Maksimalkan judul listing hingga 65 hingga 80 karakter. Judul yang jelas dan akurat akan membuat listing lebih sering muncul dan terlihat oleh buyer.

Best Practice Listing

Berikut adalah list Do’s dan Don’t’s yang dapat meningkatkan kualitas judul listing.

  • Do’s
  • Maksimalkan penggunaan keywords hingga 80 karakter untuk menggambarkan judul listing.
  • Jadikan judul listingmu jelas, akurat, dan terlihat profesional
  • Informasikan dengan tepat seperti apa produkmu, bahkan jika perlu sertakan kembali nama kategori produk pada judul listing
  • Gunakan huruf besar hanya pada awal kata.
  • Gunakan ejaan yang benar
  • Dont’s
  • Jangan menggunakan huruf kapital pada seluruh listing.
  • Jangan menggunakan karakter khusus (contoh : *!)
  • Sertakan beberapa sinonim produk (contoh: purse,handbags, bags)
  • Jangan menggunakan kata yang tidak berhubungan dengan produk (contoh : “Wow” dan “L @@ K”)
  • Jangan menggunakan kata yang menyesatkan.