5 Tips Foto Produk yang membawa kesuksesan
Kuasai Lima tips foto ini, untuk mentransformasi listing menjadi lebih menonjol dan menarik perhatikan buyer.
1. Upload lebih dari satu foto
Lebih dari 63% pembelian eBay dilakukan di perangkat mobile. Listing dengan lebih banyak foto cenderung memiliki lebih banyak penjualan. Karena dengan melalui layar handphone yang kecil, buyer merasa lebih nyaman melihat listing dengan foto produk berbagai angle dibandingkan dengan listing yang memiliki 1 foto saja.
Kamu dapat mengunggah hingga 12 foto per listing secara gratis! Suatu listing idealnya memiliki minimal 6 foto dengan angle yang berbeda agar dapat didorong oleh alogaritma eBay untuk muncul ke halaman utama pencarian buyer.

2. Tampilkan foto dari berbagai angle
Unggah semua sudut foto yang berbeda dari produkmu- bagian atas, bawah, depan, belakang, sisi kanan, sisi kiri dan bahkan bagian dalam!
Ambil foto jarak dekat dari berbagai fitur untuk membuktikan keaslian dan kondisi produk. Untuk barang bekas dan rusak, pastikan untuk mengambil foto yang jelas dari goresan, penyok atau cacat yang terdapat pada produk.
Lebih banyak foto pada listing akan meningkatkan 6% kesempatan tampil lebih banyak pada buyer search page dan 12% peningkatan penjualan!

3. Tampilkan kondisi produk sesungguhnya
Foto dengan tampilan artsy dan instagrammable akan terlihat bagus tetapi ingat eBay bukan tempat kontes foto! Pastikan selalu menampilkan foto produk dengan kondisi yang sebenarnya.
Penggaris dapat disertakan juga kedalam foto untuk menggambarkan produk secara spesifik. Letakkan penggaris di sebelah produk untuk memastikan ukuran yang akurat.
Foto produk dengan kondisi sebenarnya dan akurat membantu mengurangi kasus refunds dan returns. Ingat, buyer dilindungi oleh kebijakan eBay Money Back Guarantee

4. Pastikan foto tajam dan jernih
Pastikan tidak menggunakan foto blur didalam listing. Jika tanganmu goyang ketika pengambilan foto, maka aktifkan opsi image stabiliser pada kamera atau gunakan tripod. Selalu cek foto dengan melakukan zoom sebelum diupload kedalam listing, hal ini diperlukan agar buyer dapat melihat detail terkecil dari suatu produk seperti nomor seri.
Ukuran foto yang disarankan adalah 1000 x 1000 pixel. Jika memungkinkan, buatlah menjadi 1600 pixel sehingga foto akan terlihat sangat jernih dan tajam terutama pada ponsel.
Jangan tambahkan grafiti dan watermark pada foto. Selain mengganggu, hal tersebut menjadikan listing tidak terlihat profesional.

5. Tampilkan foto dengan latar belakang putih dan bersih
Gunakan latar belakang putih dan bersih untuk memastikan listingmu menonjol. Jangan menyisipkan teks atau border pada foto. Pastikan perhatian buyer hanya tertuju pada produk yang dijual bukan lainnya..
Foto yang tidak menampilkan produk secara akurat akan berdampak negatif pada bisnis. Perhatikan foto disamping ini sebagai contoh, sebagian buyer mungkin akan berpikir mereka membeli kamera pengawas lengakap dengan furniture dibelakangnya. Hindari kesalahpahaman dengan memperjelas fokus foto hanya kepada produk saja!
