Account holds, restrictions and suspensions
Jika kamu menerima pemberitahuan account hold, restriction atau suspension, maka hal yang pertama kali harus di cek adalah eBay Messages dan email yang didaftarkan ke eBay. Karena didalamnya akan tercantum alasan utama pemblokiran dan memberikan informasi detail mengenai hal yang harus kamu lakukan selanjutnya.
Mengapa Account saya di suspend eBay?
Penyebab umum Account Hold/Suspension/Restriction:
Seller Baru:
- Melakukan listing pertama tanpa melakukan proses verifikasi sebelumnya.
- Kegagalan verifikasi/ketidakcocokan identitas, dan data personal lainnya di akun eBay.
- Kegiatan berjualan yang tidak wajar atau pelanggaran serius terhadap peraturan eBay.
- Kegagalan penarikan dana untuk refund yang ditarik oleh sistem eBay dari Debit/Credit Card seller.
- Kegagalan pembayaran biaya eBay yang ditarik oleh sistem dari Debit/Credit Card seller.
Seller lama:
- Tingginya persentase cacat transaksi/ defect rate yang diakibatkan oleh keterlambatan pengiriman, produk tidak sesuai deskripsi dan buruknya komunikasi dengan buyer.
- Tingginya persentase kegagalan seller menyelesaikan case yang diajukan buyer pada Resolution Center.
- Kegiatan berjualan yang tidak wajar atau terdapat pelanggaran serius terhadap peraturan eBay.
Untuk mengetahui alasan sebenarnya maka lihatlah detail yang tertera di eBay Message atau hubungi Customer Service eBay.

Apa yang terjadi ketika suatu Account terkena Suspension?
- Ketika terjadi suspension, maka seller tidak dapat mengoperasikan account dalam periode waktu tertentu. Mulai 7, 10, 30 hari atau hingga eBay mendapatkan informasi yang diminta.
- Pengoperasian account mencakup kegiatan jual dan beli. Seller tidak dapat melakukan hal tersebut hingga suspension diangkat oleh eBay.
- Seller juga tidak dapat melakukan kegiatan bidding, meninggalkan feedback, menghubungi member eBay yang lain, serta tidak dapat mengubah informasi kontak di dalam account eBay.
- Jika terjadi pelanggaran yang serius pada peraturan eBay, maka seller tidak dapat mengoperasikan account dalam periode indefinite ( tak terbatas ) dan akan kehilangan hak-haknya di dalam eBay.

Dapatkah saya membuka Account baru ketika mengalami Suspension?
Jika account eBaymu sedang dalam masa suspension:
JANGAN MEMBUAT ACCOUNT YANG BARU!!
Karena sistem eBay akan dapat melacak keterkaitan data dari berbagai aspek dan dapat melakukan suspension pada account baru tersebut. Seller akan memiliki resiko terkena banned permanent dari segala aktifitas penjualan dan pembelian di eBay

Bagaimana cara melepas Account Suspension?
Silahkan menghubungi Customer Service eBay Singapore melalui telp dan email ( hindari fitur chat ke eBay USA), tetapi sebelumnya kamu harus menyiapkan dokumen sebagai berikut:
- Proof of Identity (POI)
Bukti dokumen identitas kewarganegaraan yang diterbitkan oleh pemerintah, berupa:- KTP (scan berwarna, kedua sisi)
- SIM (scan berwarna, kedua sisi)
- Paspor (scan berwarna)
- Nama yang tercantum dalam KTP, SIM dan Paspor harus sama dengan nama yang tercantum dalam account eBay.
- Proof of Address (POA) Bukti dokumen yang diterbitkan dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, dimana didalamnya tercantum nama dan alamat saat ini. Dapat berupa:
- Tagihan Utility (Air, listrik, Telepon rumah dalam bentuk scan berwarna). Catatan: Tagihan telepon pasca bayar tidak dapat dijadikan bukti.
- Tagihan bank (Kartu kredit, pinjaman, cicilan dalam bentuk scan berwarna) Catatan: Foto fisik kartu kredit dan buku tabungan tidak dapat dijadikan bukti.
- Nama dan alamat yang tercantum dalam tagihan utility dan bank harus sama dengan nama dan alamat yang tercantum dalam account eBay.
Pastikan dokumen difoto atau scan dalam kondisi yang jelas dan dapat terbaca dengan baik. Dilarang menggunakan data dan dokumen orang lain ketika melakukan proses pelepasan account suspension.

Bagaimana cara menghubungi Customer Service eBay?
Jangan menggunakan fitur chat ke eBay USA. Seller Asia Tenggara akan lebih cepat mendapatkan bantuan dari Customer Support eBay yang terletak di Asia Tenggara. Caranya sebagai berikut:
- Dengan menggunakan fasilitas phone call. Berlaku hanya untuk seller yang dapat berkomunikasi dengan bahasa inggris. Caranya:
Log in ke www.ebay.com.sg > help & contact > Select Account topic > Account Restriction and Selling Limit > Suspended eBay account > Pilih Call Us.- Customer Service eBay akan menanyakan dokumen yang berkaitan dengan data diri, bukti identitas (POI) dan bukti alamat (POA) yang sesuai dengan data yang tertera pada account eBay. Pastikan untuk memiliki dokumen tersebut sebelum menghubungi Customer service.
- Lihat ketentuan POI dan POA disini.
- Lihat contoh dokumen POI dan POA disini.
- Customer service memerlukan waktu 24-48 jam untuk melepas suspension.
- Dengan menggunakan email, caranya:
- Login ke email yang kamu gunakan untuk mendaftar account eBay.
- Kirim email ke [email protected] dengan subject: Account Suspension Appeal.
- Berikan kata pengantar bahwa kamu ingin mengajukan pelepasan account suspension dan lampirkan dokumen bukti identitas (POI) dan bukti alamat (POA) yang sesuai dengan data yang tertera pada account eBay.
- Lihat ketentuan POI dan POA disini.
Customer Service tidak akan membalas email yang tidak disertai dokumen POI dan POA. - Customer service memerlukan waktu 24-48 jam untuk melakukan review dan melepas suspension.

Mengapa saya harus menghubungi Customer Service melalui login ke www.ebay.com.sg dan bukan ebay.com tempat saya berjualan?
Walaupun kamu berjualan di domain eBay www.ebay.com yang terletak di United States tetapi untuk mendapatkan prioritas pelayanan dalam hal solusi permasalahan account, selling limit dan shipping maka sebaiknya menghubungi Customer Service di Asia Tenggara, karena lokasi dan identitasmu berasal dari Indonesia yang terletak di wilayah Asia Tenggara.
Customer service eBay di Asia Tenggara dapat dihubungi melalui Log in ke www.ebay.com.sg > help & contact > Select Account topic > Account Restriction and Selling Limit > Suspended eBay account > Pilih Call Us atau Email Us.
