eBay Cermati Lonjakan Kenaikan Angka Ekspor atas Produk Unik dari Asia Tenggara
, dan Menegaskan Komitmennya untuk Mendukung para UKM Meningkatkan bisnis Ekspornya
Tidak sulit memulai proses penjualan di eBay
- eBay memperkuat kehadirannya di kawasan Asia Tenggara melalui penunjukan kepemimpinan baru dan peluncuran kampanye eBay Global 24/7 untuk mendukung pelaku UKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk kegiatan ekspornya
- Produk unik dengan pertumbuhan ekspor tinggi dari Asia Tenggara diantaranya: Jam Tangan, Perhiasan, Batu Mulia, Kartu Koleksi, dan Suku Cadang Mobil
SINGAPORE, 23 Maret 2022 – eBay, situs perdagangan global terdepan yang menghubungkan jutaan pembeli dan penjual di seluruh dunia, pada hari ini mengumumkan bahwa mereka telah melihat lonjakan permintaan untuk produk-produk unik tertentu dari Asia Tenggara yang telah diekspor ke seluruh dunia. Berdasarkan pengamatan eBay, telah terjadi pergeseran perilaku para pembeli internasional. Minat dan kegemaran sangat mempengaruhi keputusan mereka saat ini untuk melakukan pembelian barang di eBay.
Vidmay Naini, Country Manager eBay untuk Asia Tenggara dan India yang baru saja diangkat mengatakan, ” Asia Tenggara telah menjadi salah satu kawasan yang menawarkan produk-produk unik yang dicari oleh pembeli eBay di seluruh dunia, dan kami melihat peluang yang signifikan bagi UKM Asia Tenggara untuk memulai bisnis ekspor mereka di eBay dan menjual produk sesuai permintaan pembeli Internasional.”

Lima besar kategori barang yang paling diminati
Lima besar kategori barang yang paling diminati pembeli Internasional dari penjual Asia Tenggara di situs eBay adalah:
Jam tangan mewah
Suku cadang dan aksesoris otomotif
Mebel
Kartu koleksi
Batu mulia & perhiasan; dan
Barang-barang koleksi semakin populer dan menjadi barang yang paling dicari
eBay di Asia Tenggara mencatat bahwa jam tangan mewah pre-loved dari Singapura, Filipina, Malaysia, dan Indonesia sangat diminati para pembeli di Amerika Serikat. Terbukti penjualan jam tangan dengan harga jual rata-rata diatas USD $2.000 telah meningkat sebanyak 62% di tahun 2021.
Selain itu, pertumbuhan penjualan kategori kartu koleksi (Trading Cards) telah meningkat secara signifikan dibandingkan kategori lainnya di eBay, dan para kolektor kartu di seluruh Asia Tenggara telah berhasil meraih keuntungan dari tren ini dengan mengubah hobi menjadi suatu alternatif investasi.
“Bisnis trading cards eBay secara global mengalami kenaikan selama enam tahun terakhir, dan lonjakan baru-baru ini menunjukkan trend budaya yang sangat penting dari kategori tersebut. Ketika kami melihat pertumbuhan penjualan dari kawasan Asia Tenggara, kami menemukan bahwa kategori kartu koleksi yang diekspor oleh penjual Asia Tenggara melalui eBay telah mengalami kenaikan sebesar dua digit,” kata Vidmay..
Asia Tenggara sebagai pusat ekspor suku cadang otomotif ke seluruh dunia
Kategori suku cadang dan aksesori otomotif tetap menjadi salah satu produk terlaris dari Asia Tenggara selama beberapa tahun terakhir. eBay melihat pertumbuhan yang signifikan sebanyak 39% dari tahun 2019 hingga 2021 (pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan) untuk suku cadang sepeda motor yang diekspor dari Thailand, Malaysia, dan Indonesia ke pasar internasional, termasuk Amerika Serikat dan Australia.
“Selain itu kami juga melihat bahwa terjadi peningkatan popularitas mebel yang diekspor dari Malaysia ke Amerika Serikat. Sementara itu batu mulia dan perhiasan yang diekspor dari Thailand dan Indonesia telah menjadi barang yang populer di Amerika Serikat dan Eropa. Produk seperti batu mulia, permata dan perhiasan selalu diminati di eBay karena pelanggan tidak hanya terdiri dari pembeli langsung, melainkan juga perusahaan ritel” tambah Vidmay.
Menegaskan komitmen eBay untuk mendukung pertumbuhan UKM di Asia Tenggara
Dengan diangkatnya Vidmay Naini sebagai pemimpin eBay di Asia Tenggara semakin memperkuat komitmen eBay untuk terus mendukung UKM Asia Tenggara dalam pengembangan bisnis ekspornya.
“Berbagai skala bisnis di wilayah Asia Tenggara memiliki potensi luar biasa untuk memperluas dan mengembangkan bisnis mereka ke pasar global eBay yang memiliki lebih dari 147 juta pembeli dari 190 negara. Saat kami meluncurkan kampanye ini, eBay telah membangun tim support yang dinamis untuk meningkatkan ekosistem ekspor ritel dan mendukung pertumbuhan para penjual eBay di kawasan Asia Tenggara” ungkap Naini.
Mengingat keberhasilan di tahun-tahun sebelumnya, eBay akan melanjutkan Kampanye eBay Global 24/7, yang merupakan suatu program didedikasikan untuk membantu UKM baru di Asia Tenggara dalam mengembangkan bisnis mereka secara online. “eBay di Asia Tenggara fokus untuk memberdayakan kemampuan kewirausahaan para penjual kami, melalui program pengembangan yang dapat membantu penjual memaksimalkan peluang ekspor mereka,” tambah Vidmay.
Kampanye eBay Global 24/7 memberikan berbagai manfaat bagi penjual UKM baru, termasuk diantaranya:
- Akun manajer yang didedikasikan khusus untuk memberikan saran dan dukungan
- Sesi pelatihan dan tutorial untuk membantu penjual mengasah ketajaman bisnis online
- Informasi data berdasarkan kategori produk untuk mengidentifikasi peluang di pasar internasional
- Akses ke ekosistem yang dilengkapi dengan mekanisme untuk penawaran produk/web/pengiriman yang sesuai dengan target pasar dan negara tujuan
- Subsidi senilai hingga USD $ 1.500 per penjual, yang dapat digunakan untuk membiayai biaya berlangganan toko, biaya promosi penawaran barang, biaya pengiriman, dan lainnya.
Kampanye eBay Global 24/7 terbuka bagi para UKM di Asia Tenggara dari berbagai jenis usaha dan industry, baik itu produsen, pedagang atau pengecer baik online maupun offline. Bergabunglah dengan kampanye ini atau temukan informasi lebih lanjut di https://ebayseaforbusiness.com/
Kategori Teratas yang terjual dari Asia Tenggara, berdasarkan Merek:
- 10 merek jam tangan pre-owned populer yang diekspor dari Asia Tenggara pada tahun 2021: Rolex, Omega, Cartier, Breitling, Patek Philippe, Audemars Piguet, Tudor, Chopard, Tag Heuer dan Seiko.
- 8 Kartu Koleksi teratas yang paling banyak dijual oleh penjual di Asia Tenggara: Pokémon, Magic the Gathering, Yu-Gi-Oh!, Basketball, Soccer, American Football, Baseball and Tennis.
- 5 merek terlaris dalam penjualan suku cadang otomotif yang diekspor dari Asia Tenggara ke Australia: Toyota Hilux, Ford Ranger, Nissan Navara, Isuzu D-Max dan Mitsubishi Triton.